PLN Bekerja Keras Menyalakan Listrik Usai Gempa di Sulawesi Barat - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Puji Handoko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 November 2020

Senin, 18 Januari 2021 06:10 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • PLN Bekerja Keras Menyalakan Listrik Usai Gempa di Sulawesi Barat

    Untuk memulihkan listrik di sejumlah wilayah terdampak gempa di Sulbar itu, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu harus bekerja keras. Mereka langsung mempersiapkan tim khusus yang membantu proses pemulihan listrik di daerah bencana. Dalam kondisi kantor yang juga terdampak, para petugas itu sepakat untuk bekerja cepat memulihkan gangguan terhadap jaringan kelistrikan Sulbar. Usai rapat koordinasi dilanjutkan dengan apel keberangkatan Tim Reaksi Cepat (TRC) PLN UP3 Palu menuju lokasi bencana. Tim juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19, karena penyebaran COVID-19 masih terus menunjukkan peningkatan, sehingga mereka harus tetap waspada.

    Dibaca : 925 kali

    Gempa mengguncang Sulawesi Barat. Dua kabupaten terdampak paling parah, Kabupaten Majene dan Mamuju. Pada tengah malam, gempa sebesar 6,2 magnitudo membuat orang-orang yang sedang tidur lelap tersentak. Mereka berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

    Gempa bumi yang berlokasi pada 2.98 lintang selatan (LS) dan 118.94 bujur timur (BT),6 km timur laut Majene, Sulbar dengan kedalaman 10 km itu mengakibatkan banyak korban jiwa, banyak juga yang mengalami luka-luka karena tertimpa reruntuhan bangunan. Gempa itu juga memporak-porandakan rumah warga, toko, rumah sakit, kantor pemerintah, termasuk Kantor Gubernur Sulbar dan merusak infrastruktur jalan, listrik dan jaringan telekomunikasi di wilayah Majene dan Mamuju.

    Ribuan warga harus mengungsi sementara di berbagai titik aman, demi menjaga keselamatan jiwa mereka. Salah satu infrastruktur yang mendapat perhatian serius untuk segera dipulihkan adalah listrik. Gempa bumi di Sulbar telah mengakibatkan gardu, tiang dan jaringan listrik di wilayah itu rusak parah. Gardu yang rusak, dan banyak tiang listrik dan jaringan listrik roboh menyebabkan listrik padam. Orang-orang malang itu melewati malam dalam kegelapan.

    "Saat ini tim TRC PLN Area Palu telah ada di lokasi bencana di Sulbar. Setibanya di sana, mereka langsung bergabung dengan tim lainnya yang ada di lokasi untuk melakukan pemulihan di seluruh titik jaringan listrik yang rusak," kata Manager PT PLN Area Palu, Muhammad Wardi Hadi, sebagaimana dikutip Kompas, Sabtu 1 Januari 2021.

    Untuk memulihkan listrik di sejumlah wilayah terdampak gempa di Sulbar itu, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu harus bekerja keras. Mereka langsung mempersiapkan tim khusus yang membantu proses pemulihan listrik di daerah bencana. Dalam kondisi kantor yang juga terdampak, para petugas itu sepakat untuk bekerja cepat memulihkan gangguan terhadap jaringan kelistrikan Sulbar.

    Usai rapat koordinasi dilanjutkan dengan apel keberangkatan Tim Reaksi Cepat (TRC) PLN UP3 Palu menuju lokasi bencana. Tim juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19, karena penyebaran COVID-19 masih terus menunjukkan peningkatan, sehingga mereka harus tetap waspada.

    Tugas berat dilakukan oleh para petugas lapangan. Mereka harus lembur sampai malam agar kerja bisa secepatnya diselesaikan. Satu-per satu gangguan jaringan listrik telah dipulihkan. Sebagian jaringan yang rusak berat memang membutuhkan waktu lumayan lama untuk memperbaikinya. Oleh sebab itu para pekerja mengabdikan diri sepenuhnya agar listrik bisa segera menyala secepatnya. Termasuk meninggalkan keluarga mereka di rumah saat malam telah benar-benar gulita.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.