Dukung Raih Predikat Unggul, Alumni UNJ Ikuti Asesmen Lapangan BAN PT - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 26 Januari 2021 18:50 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Dukung Raih Predikat Unggul, Alumni UNJ Ikuti Asesmen Lapangan BAN PT

    Alumni UNJ ikuti asesmen lapangan akrediatsi perguruan tinggi BAN PT dalam mendukung UNJ meraih predikat unggul. Paparkan capaian prestas alumni di dunia kerja

    Dibaca : 569 kali

    Melalui kampanye bertajuk “Mari Dukung UNJ untuk Mendapatkan Akreditasi Unggul” pada Asesmen Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), pada 25-26 Januari 2021, alumni UNJ yang dikoordinasikan IKA UNJ bersatu padu dan bersinergi agar UNJ dapat meraih akreditasi “Unggul” perguruan tinggi di Indonesia.

     

    Berbekal focus dan kerangka pengembangan UNJ ke depan, yang mencakup 1) Keunggulan Tata Kelola (Good Governance), 2) Keunggulan Akademik (Academic Excellent), 3) Keunggulan LPTK dan Keunggulan Penelitian (Research Excelllent), dan 4) Rekognisi Internasional (International Recognition), Alumni UNJ sangat yakin UNJ sangat pantas meraih predikat unggul. Dipimpin Juri Ardiantoro (Ketua IKA UNJ), para alumni UNJ siap melakukan diskusi dan dialog dengan 6 tim asesor nasional (25/1/2021) untuk memaparkan capaian prestasi alumni UNJ berkaitan dengan proses pembelajaran di UNJ saat kuliah dan kontribusinya terhadap reputasi UNJ sebagai almamater. Berkekuatan 67 alumni, UNJ siap diwakili alumni dari 7 klaster yaitu 1) Alumni yang mengelola organisasi IKA Alumni (Pusat, Pascasarjana/fakultas dan Prodi), 2) Alumni dengan prestasi linear program studi, yang didominasi alumni peraih Asian Games 2018 dan prestasi internasional lainnya, 3) Alumni yang berkarier di Luar Negeri, 4) Alumni WNA yang pernah kuliah di UNJ, 5) Alumni yang berkarier di birokrasi pemerintahan (Pusat/ daerah), 6) Alumni yang berwirausaha, dan 7) Alumni yang berkarier pada jabatan Non-struktural dan Legislatif/Politisi.

     

     

    Bertindak sebagai Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yaitu Prof. Suhanan dari UGM, Prof. Muslimin Ibrahim dari Unesa, Prof. Indra Maipita dari Unimed, Prof. Seger Handoyo dari Unair, Johan Andoyo Effendi Noor, Ph.D. dari Unibraw, dan Dr. Indriaty Sudirman dari Unhas.

     

    Alumni UNJ pun berterima kasih kepada BAN PT dan tim asesor yang sigap dan profesional dalam menggelar asesmen lapangan akreditasi perguruan tinggi sekalipun di tengah pandemi Covid-19. Sebagai satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, BAN PT terbukti mampu meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan "Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi", dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi yang mampu adaptasi dengan banyaknya perubahan dan dinamika masyarakat, kompetensi baru, dan kebutuhan dunia kerja yang sudah berubah.

     

    Maka berberkal visi “Menjadi Universitas yang bereputasi di kawasan Asia”, alumni UNJ bertekad untuk merealisasikan misi UNJ dalam “Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yang unggul dan berguna bagi kemaslahatan manusia”. Sesuai motto civitas akademika UNJ untuk “Mencerdaskan dan Memartabatkan Bangsa”.

     

    Sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari almamater, maka alumni UNJ bersatu untuk memperkuat indicator: 1) kualitas akademik (Academic Reputation) pada lulusan dan 2) kesiapan lulusan masuk ke dunia kerja (Employer Reputation) sebagai cara untuk meningkatkan reputasi UNJ sebagai perguruan tinggi unggul di Indonesia ke depannya. #IKAUNJ #AlumniUNJ #AkreditasUNJ



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.