Cara Megurangi Nyeri Asam Urat Menggunakan Bahan di Sekitar Kita - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi minuman herbal

Clover first

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2021

Selasa, 26 Januari 2021 18:55 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Megurangi Nyeri Asam Urat Menggunakan Bahan di Sekitar Kita

    Asam urat merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh orang dewasa terutama para lansia. Hal ini bisa dipicu karna konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi, seperti seafood, jeroan, daging, alkohol, dan lainya.

    Dibaca : 571 kali

    Minuman herbal

    Asam urat merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh orang dewasa terutama para lansia. Hal ini bisa dipicu karna konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi, seperti seafood, jeroan, daging, alkohol, dan lainya.

    Memang saat ini ada banyak jenis obat-obatan yang bisa meredakan dampak dari asam urat baik yang di jual bebas ataupun dari resep dokter. Namun meredakan penyakit asas urat tak hanya selalu mengkonsumsi obat-obatan instan saja adapun cara lainya yaitu menggunakan bahan herbal dari tumbuh-tumbuhan.

    Untuk itu berikut ini beberapa tumbuhan herbal yang diklaim dapat mengurangi rasa nyeri akibat asam urat secara alami.

    Akar Jahe

    Tanaman yang mempunyai sensai hangat satu ini selama ini telah banyak dimanfaatkan oleh manusia, baik sebagai bahan bumbu masakan hingga pembuatan ramuan tradisional untuk mengatasi peradangan.

    Dikutip dari Healthline, hasil dari pada studi mengemukanan bahwa jahe bisa mengurangi rasa nyeri atau sakit yang berhubungan dengan asam urat maupun pembengkakan.

    Menggunakan Cuka Apel

    Cuka apel diklami bisa mengatasi masalah peradangan baik itu akibat asam urat maupun pembengkakan lainya.

    Daun Seledri

    Daun seledri diketahui memiliki sifat antiradang, antiinflamasi serta antioksidan, yang mana hal ini akan berguna untuk mengatasi masalah peradangan pada area sendi sekaligus meredakan rasa sakit.

    Namun demikian, hasil penelitian mengenai khasiat tanaman seledri untuk mengatasi asam urat masih sangat terbatas hingga saat ini.Terlebih lagi belum diketahui berapa banyak dosis pemakaian yang aman untuk tubuh dalam jangka panjang.

    Akar Kunyit

    Kunyit atau kunir, tanaman satu ini dikenal dengan kandungan kurkumin di dalamnya yang bisa meredakan efek inflamasi dan peradangan di dalam tubuh. Senyawa tersebut juga diketahui memiliki sifat alami antiradang, sehingga memungkinkan untun mencegah asam urat kambuh kembali.

    Jika kamu sedang mengalam asam urat, cobalah untuk mengkonsumsi ramuan kunyit paling tidak sehari sekali secara rutin hingga sembuh.

    Daun Salam

    Daun salam yang sering digunakan sebagai bumbu masakan bisa kamu manfaatkan sebagai obat alami untuk meredakan asam urat. Caranya rebusan daun salam beberapa lembar dan di tambahkan gelas air, yang kemudian air rebusanya di minum secara berkala.

    Ekstrak senyawa etanol pada daun salam diketahui dapat menurunkan kadar asam urat loh.

    Nah itulah beberapa bahan herbal yang bisa kamu gunakan untuk mencegah sekaligus mengurangi dampak dari nyeri asam urat.

    Penggunaan bahan-bahan diatas sebagai obat untuk mengatasi asam urat pada dasarnya sah-sah saja dan kamu bisa melakukanya sendiri di rumak. Akan tetapi yang perlu kamu harus ingat, bahwa bahan-bahan tersebut belum sepenuhnya terbukti ampuh dalam mengatasi asam urat, dan efek sampingnya pun belum diketahui.

    Pasalnya setiap orang memiliki sifat fisik yang berbeda-beda terhadap jenis dari obat-obatan. Untuk itu baiknya kamu jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya karena di takutkan hanya akan menimbulkan efek samping kesehatan. Terlebih lagi jika kamu ragu pertanyakan dahulu ke dokter kepercayaan kamu terhadap penggunaan jangka panjang serta untuk penggunaan bersamaan dengan obat-obatan lainya.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.