Hore, Luhut Pandjaitan dan Keponakannya Mendapatkan Jabatan Baru! - Analisa - www.indonesiana.id
x

sumber foto: jatimtimes.com

Aisyah Hetra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Januari 2021

Rabu, 27 Januari 2021 06:26 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Hore, Luhut Pandjaitan dan Keponakannya Mendapatkan Jabatan Baru!

    Menteri yang dikenal serba bisa, Luhut Binsar Pandjaitan yang menjabat sebagai Kemenko Marves dikabarkan menjadi calon Ketua Umum PB PASI periode 2021-2025. Memang kinerjanya baik, ternyata hal tersebut ditiru oleh sang keponakannya, Pandu Sjahrir yang disebut-sebut menjadi kandidat untuk posisi direksi di Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

    Dibaca : 856 kali

    Belum lama ini, pemberitaan yang tersebar di media online Indonesia saya merasa tidak yakin dengan judul yang ditampilkan. Namun setelah membaca isi dari beberapa berita tersebut, ditemukan sebuah fakta bahwa LBP dan keponakannya akan menjabat suatu posisi penting. 

    Jika tidak asing dengan nama Luhut Binsar Pandjaitan, dirinya merupakan Menteri Koordinator di bidang Kemaritiman dan Investasi ini dijuluki publik sebagai menteri serba bisa. Bukan hanya menjabat sebagai Menko Marves, ia juga sempat menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim, menjadi Menteri Perhubungan Ad Interim setelah Budi Karya Sumadi dikabarkan terkena Covid-19, menjabat Wakil Ketua Komite Penangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

    Semenjak dirinya ditunjuk oleh panglima tertinggi Indonesia untuk menjadi bagian dari Kabinet Indonesia Maju tahun 2019, dirinya mampu membuktikan etos kerja yang baik. Dan menariknya, Belum lama ini LBP mendapat tawaran jabatan baru di luar bidangnya, yaitu sebagai pimpinan dalam bidang olahraga.

    Melansir CNBC Indonesia, Luhut dipercaya sebagai calon calon Ketua Umum PB PASI periode 2021-2025. Pemilihan tersebut akan berlangsung pada Musyawarah Nasional tanggal 25 Januari 2021. 

     Pak Luhut menyambut positif ajakan ini dengan dilandasi semangat dan komitmen pengabdian demi kejayaan atletik Indonesia. Nama Indonesia bisa semakin besar melalui prestasi di bidang olahraga," ujar Jodi Mahardi selaku Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam keterangan resmi, Kamis (21/1). 

    Kabar baik masih datang dari orang terdekat LBP, dikabarkan sang keponakan, Pandu Patria Sjahrir menjadi kandidat pengisi direksi di Lembaga Pengelola Investasi (LPI), yang bergerak dalam bidang SWF (sovereign wealth fund). 

    Presiden Jokowi menyampaikan nama-nama calon Dewan Pengawas LPI kepada DPR pada tanggal 15 Januari 2021 lalu meskipun keputusan pengisi jajaran Dewan Pengawas LPI menjadi hak presiden namun seluruh calon perlu dikonsultasikan terlebih dulu kepada DPR. Posisi Dewan Pengawas LPI nantinya diisi oleh lima orang, yaitu, Menteri Keuangan sekaligus Ketua Dewan Pengawas LPI, Menteri BUMN, dan tiga orang dari kalangan profesional.

    Mari kenalan dengan keponakan dari LBP yang juga dikenal sebagai pebisnis muda. Pemilik nama lengkap Pandu Patria Sjahrir memiliki jabatan yang tak kalah penting dengan kandidat lainnya, Pandu Sjahrir merupakan Direktur PT Toba Bara Sejahtera Tbk sejak tahun 2010 yang diketahui menjadi salah satu perusahaan milik LBP. Pada Juni 2020, Pandu dipercayai menjadi Komisaris PT Bursa Efek Indonesia (BEI), sejak tahun 2017 menjadi Dewan Komisaris Gojek, dan di tahun 2020 menjabat sebagai Presiden Komisaris SEA Group Indonesia (dulunya Garena) yang menaungi Shopee.

    Nama Pandu Sjahrir muncul di antara kandidat kuat lainnya seperti Rizal Gozali (Presiden Direktur PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia), Tigor Siahaan (Direktur Utama PT Bank CIMB Niaga Tbk), sampai Arsjad Rasjid (Direktur Utama PT Indika Energy Tbk).

    Baik Luhut maupun Pandu Sjahrir keduanya sama-sama sosok yang "multitalenta" serta memiliki latar belakang pebisnis yang kuat dan terjun dalam bidang investasi dan bisnis. Di waktu yang akan datang, akankah kedunya masuk dalam calon Presiden dan Wakil Presiden? Tunggu saja ya kelanjutannya. 



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.