x

Iklan

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Kamis, 28 Januari 2021 06:55 WIB

Tips Merawat AC Agar Awet di Rumahmu

AC (air conditioner) atau pendingin ruangan sekarang jadi keperluan khusus dalam sebuah tempat tinggal, apa lagi di wilayah tropis seperti Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 
AC (air conditioner) atau pendingin ruangan sekarang jadi keperluan khusus dalam sebuah tempat tinggal, apa lagi di wilayah tropis seperti Indonesia. Bukan mustahil pada sebuah rumah sebuah AC dinyalakan selama seharian untuk menambahkan kesejukan ruangan.

Tetapi seperti barang biasanya, makin sering dipakai nilai keawetannya akan turun dan usai hancur.

Biasanya, mulai alami masalah sesudah periode waktu pemakaian 2-4 tahun. Sesungguhnya, bila Anda sanggup menjaga dan memakainya secara benar, sebuah AC bisa bertahan sampai 10 tahun lebih. Turuti beberapa panduan dari situs Servis AC Solo berikut untuk membuat AC rumah Anda tahan lama.

Gunakan Timer

Pakai fitur timer saat menghidupkan AC hingga bisa mati secara automatis pas ketika waktunya. Setel waktu sesuai keperluan. Seharusnya AC dinyalakan optimal sepanjang 5 jam dalam 1x penggunaan. Kemudian diamkan mesin dingin kembali. Feature timer jaga mesin AC tidak cepat hancur.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seharusnya tidak boleh kerap mengeset suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Ini akan membuat mesin AC cepat panas. Disamping itu, temperatur 22 derajat adalah temperatur ruang yang cocok untuk cuaca Indonesia

Bersihkan Filter AC

Membersihkan filter AC secara teratur minimum 1-2 bulan sekali. Kalau sudah terlalu kotor Anda bisa menukar filter baru. Debu yang menimbun pada filter akan merintangi saluran udara yang bisa mengakibatkan peranan AC terusik. Mengakibatkan AC akan cepat hancur.

Bersihkan Kumparan AC

Kecuali filter, kumparan AC penting diingat kebersihannya karena debu sering menimbun di bagian ini.

Debu yang menimbun pada kumparan bisa kurangi kekuatannya untuk meresap panas. Ini bisa mengakibatkan AC kelebihan beban dan memunculkan korslet. Check kumparan secara teratur tiap tahun dan membersihkan.

Periksa Thermostat

Check selalu thermostat (pengontrol temperatur) untuk pastikan AC bekerja secara baik dan jaga suhu ruangan masih konstan. Mengatur thermostat dengan suhu yang semakin tinggi saat rumah sedang sedikit orang/aktivitas. Atau, bila betul-betul tidak ada orang di dalam rumah, seharusnya matikan AC.

Periksa Kipas

Check kipas yang dipasang di atas unit kondensator sisi luar. Yakinkan kipas masih ada pada keadaan yang baik. Tukar pisau kipas bila ada retak atau pecahan.

Service Secara Berkala

Kerjakan service secara periodik. Anda dapat memakai layanan service pembaruan AC untuk mengecek kelaikan. Biasanya produsen AC sediakan service service untuk menolong membenahi kerusakan-kerusakan kecil, dan menahan kerusakan besar pada AC.

Merawat AC dengan teratur bukan hanya mengirit uang, tetapi juga membuat rumah masih nyaman. Tempat tinggal dengan udara yang sejuk jadi dambaan beberapa orang.

Demikian panduan tips merawat AC agar awet. Semoga bermanfaat ya mom!!

Ikuti tulisan menarik Panduan Menulis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler