x

Iklan

Tresna Amanah Taruna Dharma

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2021

Kamis, 28 Januari 2021 06:52 WIB

Cara Sukses Berdagang Segala Barang yang Kita Jual

Untuk sukses berdagang tentu tidaklah mudah,kalau kita tidak mengetahui cara yang benar dalam mengembangkannya. Serta dibutuhkan pengalaman yang cukup dan pengelolaan yang baik. Untu itu, buat teman teman pemula yang ingin menjadi pedagang sukses, bisa coba terapkan beberapa tips cara sukses berdagang ini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sukses berdagang, tentulah impian semua pedagang yang ada dimuka bumi ini,  baik itu pedagang online, pedagang kaki lima, pedagang makanan. Tentu semua menginginkan kesuksesan dan keuntungan dalam usaha dagang mereka tersebut.

Tapi seperti kata pepatah, "Tak ada cara mudah dalam menggapai kesuksesan". karena diperlukan pengetahuan, pengalaman, serta cara yang tepat sebelum akhirnya kita semua meraih kesuksesan dalam usaha yang sedang kita jalani, tak terkecuali dalam usaha dagang.

Cara berdagang yang baik dan menguntungkan itu tidak begitu saja bisa kita dapatkan, melainkan dari pengalaman belajar dagang, serta pengetahuan dan dengan mengamati cara dagang para pedagang yang sudah lebih dahulu sukses dari kita.

Untuk itu kali ini saya ingin membagaikan sedikit kiat sukses berdagang dari hasil pengamatan penulis yang semoga bisa memberikan sedikit wawasan dan bisa diterapkan dengan baik oleh sahabat.

Cara Sukses Berdagang Apapun Barang Dagangan Yang Kita Jual

1.  Jujur

Ini adalah kiat sukses usaha dagang yang paling pertama dan utama. Kenapa? Karena terlepas dari kejujuran adala perintah agama, kejujuran juga akan menimbulkan kepercayaan yang kuat terhadap suatu hubungan, tak terkecuali hubungan jual beli dan berdagang.

Para pedagang yang memiliki sifat jujur akan lebih mudah mendapatkan pelanggan karena mereka akan puas terhadap setiap barang yang kita jual sesuai dengan apa yang kita persentasikan, baik itu kualitas barang, harga , timbangan, pedagang yang jujur tidak akan pernah berlaku curang sedikitpun.

Sehingga para pelanggan tidak akan sungkan untuk merekomendasikan kepada teman teman dan keluarga mereka, jika kerabat mereka tersebut juga membutuhkan barang yang ada di lapak dagangan kita.

2. Ramah Tamah Terhadap Calon Pembeli

Terlihat sepele memang, namun akan sangat fatal dan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha dagang kita, kenapa? Karena sudah merupakan sifat dasar manusia suka akan keramah tamahan dan kelembutan.
 
Kita ambil contoh jika diri kita pribadi jika berbelanja ke pasar ataupun toko, trus di toko tersebut kita dapati para pelayan toko yang tidak ramah.
 
Apa yang kita rasakan? Tentu kita akan merasa jengkel kan? Jangankan mau membeli, untuk melihat lihat sajapun kita tidak akan mau.
 
Begitulah gambarannya, di dalam berdagang sifat ramah tamah ini sangatlah penting, walaupun mungkin kita akan menghadapi berbagai macam tipe pembeli, dari yang cerewet, yang sekdedar iseng bertanya tanya, semua harus bisa kita layani denan ramah tamah.
 
Karena bisa jadi meraka yang hari ini sekedar bertanya saja, dilain waktu mereka akan kembali dan menjadi pelanggan kita, ya nggak?

3. Harga Yang Bersaing

Seperti kita ketahui, setiap pembeli tentu menginkan harga yang paling murah dengan kualitas yang terbaik, merekapun akan senang membandng-bandingkan harga dari toko yang satu ke toko lainnya yang masih menjual barang yang sama.
 
Nah, dalam hal ini, jika harga barang dagangan kita lebih mahal dari pedagang lain, tentu teman teman akan sulit untuk mendapatkan pembeli, karena mereka akan membeli barang dari pedang lain.
 
Untuk itu, masalah harga ini harus benar benar sahabat perhatikan, jangan samapi sahabat mengambil keuntungan yang teralu besar dibandingkan dengan pedagang lainnya.

4. Kualitas Barang Dagangan Yang Baik

Cara berdagang sukses yang selanjutnya adalah kualitas barang dagangan yang baik, yang merupakan hat mutlak yang harus kita miliki, karena tanpa kualitas dagangan yang baik maka tentau kita tidak akan pernah sukses berdagang barang apapun.
 
Karena sudah sifat konsumen selalu ingin mendapatkan barang yang terbaik disamping harga yang bersaing.
 
Apalagi jika teman teman sedang menjalani usaha kuliner dan berdagang buah buahan. Maka kualiatas makanan, serta rasa akan sangat menentukan kesuksesan. karena itulah yang akan menjadi ciri khas dari dagangan kita yang memiliki nilai jual.

5. Mengirim Barang Dagangan Tepat Waktu

JIka teman teman melayani penjualan dengan sistem pengiriman, maka pastikan teman teman melakukannya dengan selalu tepat waktu, agar bisa menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan akan pelayanan sehabat.
 
Karena umumnya para konsumen paling tidak senang dengan pelayanan yang telat dan tidak tepat waktu. Karena mereka selalu terburu buru ingin melihat barang yang mereka beli, apalagi jika memang barang tersebut mereka perlukan.

6. Mengelola Keuntungan Dengan Baik

Selanjutnya agar sahabat bisa sukses berdagang adalah harus bisa mengelola keuntungan hasil dagang sahabat dengan baik dan membaginya menjadi tiga bagian :
  • Untuk Menambah barang dagangan
  • Untuk ditabung
  • Untuk investasi
Kenapa ini harus dilakukan?
 
Karena jika tidak kita lakukan demikian maka teman teman akan sangat sulit mengelola keuntungan yang didapatkan. Bisa jadi malah keuntungan tersebut habis untuk keperluan yang tidak terlalu penting, atau habis digunakan untuk keperluan sehari hari.

7. Tempat Jualan Yang Strategis

Jangan lupakan juga faktor tempat jualan teman teman, karena walau bagaimanapun lokasi sangat menentukan keberhasilan dagangan yang kita jual, semakin strategis lokasi dagangan teman teman, maka semakin tinggi peluang sukses dalam berdagang.

Umumnya lokasi yang strategis adalah yang menjadi pusat keramaian di kota, pusat pemerintahan, ataupun di pinggir jalan raya. Namun dalam hal ini sahbat juga harus jeli dalam memilih lokasi tersebut dan harus di sesuaikan dengan barang dagangan yang ingin teman teman jual. Serta perhatikan juga tingkat persaingan yang ada disekitar lokasi .

8. Suasana Yang Nyaman

Selain lokasi yang strategis, suasana yang nyaman juga sangat menentukan kesuksesan berdagang, karena sudah bukan rahasia umum lagi para pembeli tentu lebih senang dengan lokasi yang nyaman di bandingkan  lokasi yang kumh dan tidak enak dipandang.

9. Kuasai Pasar

Dan yang terakhir adalah teman teman harus bisa menguasi pasar di bidang dagangan yang ingin teman teman jual. Maksudnya teman teman harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bidang dagangan yang teman teman pilih, minat dari masyarakat, tingkat ekonomi, serta yang barang yang paling laris di pasaran.
 
Ini sangat penting, agar teman teman bisa menentukan dengan benar barang yang ingin teman teman jual yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Tresna Amanah Taruna Dharma lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB