Jangan Asal Nyemplung, Berikut 3 Tip Aman Investasi Saham - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Setyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 3 Februari 2021 14:37 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Jangan Asal Nyemplung, Berikut 3 Tip Aman Investasi Saham

    Banyak investor pemula yang nyemplung ke pasar saham karena cuan yang menggiurkan, tapi tak menyadari potensi kerugian yang bakal dialami. Tak sedikit dari mereka main saham juga karena mengukuit tren saat. Tak heran, ada pesohor yang baru main saham sok-sokan memberi rekomendasi atas saham tertentu. Padahal dia tak tahu fundamnetal dan teknikal saham tersebut.

    Dibaca : 1.094 kali

    Saham mendatangkan daya tarik tersendiri di masa pandemi Covid-19. Investor pemula ramai-ramai masuk pasar modal untuk menikmati saham. Tidak sedikit investor pemula masuk ke pasar modal pertama-tama karena mengikuti tren.

    Saking ngtrennya investasi saham saat ini, tak kurang artis dan publik figur yang selama ini nggak kenal yang namanya saham, tiba-tiba saja ngomong saham. Dan parahnya merekomendasikan saham tertentu yang tidak jelas secara fundamental dan teknikal.

    Saham memang menarik dengan potensi cuan tang tinggi, tetapi pada saat yang sama wajib disadari bahwa yang namanya saham itu juga berpotensi merugikan yang berbanding lurus dengan cuan tingginya alias high risk high return.

    Risiko kerugian ini yang kerap tidak disadari investor pemula. Banyak investor pemula yang nyemplung ke pasar saham karena cuan yang menggiurkan, tapi tak menyadari potensi kerugian yang bakal dialami.

    Nah, biar tidak kaget dan shock karena kemungkinan kerugian yang bakal dialami, tentu saja calon investor jangan asal nyemplung begitu saja. Berikut ini beberapa tip aman yang wajib diketahui sebelum nyemplung ke pasar saham:

    1. Pilihlah sekuritas terpercaya

    Langkah awal untuk investasi saham adalah membuka rekening efek yang hanya bisa dilakukan di sekuritas. Oleh sebab itu, penting kiranya untuk memilih sekuritas terpercaya yang untuk saat ini menawarkan pembukaan rekening efek dengan mudah dan gampang secara online, semisal melalui sekuritas karya anak bangsa bernama Indo Premier dengan aplikasi sahamnya yang bernama IPOT. Selain Kemudahan ini, tentu saja ada banyak keunggulan layanan yang sepantasnya bisa dinikmati investor pemula. Keterpercayaan sebuah sekuritas tentu saja juga terkait dengan keterdaftaran dan ketercatatan sekuritas itu di lembaga resmi OJK.

    2. Siapkan modal kecil

    Bagi investor pemula disarankan untuk memulai investasi saham dengan nominal yang kecil terlebih dahulu. Hal ini penting supaya jika mengalami kerugian maka tidak akan menyesal seumur hidup. Pada dasarnya investor pemula itu identik dengan investor yang sedang mencoba-coba mencari cuan. Selain modal kecil, alangkah baiknya uang yang akan diinvestasikan itu berasal dari uang dingin atau uang yang tak akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dalam waktu dekat.

    3. Pelajari saham yang akan dibeli

    Mempelajari saham yang akan dibeli itu sangat penting. Langkah yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan saham-saham yang terbaik adalah memilih saham dengan dua analisis paling dasar dalam investasi saham, yakni analisis fundamental dan teknikal. So, dalam memilih saham tentu saja jangan asal nyaplok begitu saja karena bisikan atau ajakan teman dekat. Akan sangat ekstrem pula jika masuk ke pasar modal karena pengaruh rekomendasi abal-abal dari artis dan publik figur yang merekomendasikan saham tertentu tanpa analisis fundamental dan teknikal yang jelas.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.