KKN Mahasiswa IPB Bikin Database Buku Koleksi Taman Bacaan Lentera Pustaka - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 8 Februari 2021 21:08 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • KKN Mahasiswa IPB Bikin Database Buku Koleksi Taman Bacaan Lentera Pustaka

    Apa kontribusi nyata mahasiswa di masa pandemi Covid-19? KKN tematik IPB pun mmebuat database buku bacaan di TBM Lentera Pustaka. Apalagi yang lainnya?

    Dibaca : 513 kali

    Sebagai bagian rangkaian KKN Tematik di Taman Bacaan Lentera Pustaka Desa Sukaluyu Bogor, mahasiswa IPB hari ini membuat database buku dan berdonasi buku sebagai kontribusi nyata kepada masyarakat. Dipimpin Dedy Firmansyah (koordinator) bersama 9 mahasiswa lainnya, KKN-T IPB berlangsung dari 20 Januari – 28 Februari 2021 yang berpusat di TBM Lentera Pustaka.

     

    Melalui database buku ke komputer, nantinya TBM Lentera Pustaka memiliki pusat data koleksi buku bacaan yang kini berjumlah 6.000 buku. Sehingga lebih mudah diketahui identitas buku dan jumlah yang tersedia. Selain itu, mahasiswa IPB pun akan membuatkan database anak pembaca aktif yang kini berjumlah 135 naka berasal dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, dan Sinarwangi) Kec. Tamansari Kabupaten Bogor.

     

    Pada minggu lalu, mahasiswa IPB pun telah melakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan covid-19, pembuatan hand sanitizer dan distribusi masker (30/1/2021). Program kerja berikutnya adalah 1) penyuluhan pembuatan pupuk organik cair (POC) dan pekarangan pangan lestari (P2L) pada 18 Februari dan 2) promosi potensi desa dan sumberdaya melalui media social (23/2). Hal ini sebagai realisasi kuliah kerja nyata untuk membangun empati atas realitas yang dihadapi masyarakat desa.

     

    Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka memberi apresiasi atas kiprah mahasiswa IPB yang ber-KKN tematik yang telah memberi kontribusi nyata terhadap keberadaan taman bacaan di Desa Sukaluyu. Dukungan banyak pihak dan mahasiswa IPB ini sangat penting untuk memperkuat tradisi baca da budaya literasi anak-anak dan masyarakat di kampung.

     

    “KKN-T mahasiswa IPB ini jadi bukti kiprah nyata generasi muda kepada masyarakat. Untuk memperkuat eksistensi taman bacaan, di samping memberikan pengatahuan konkret kepada kaum ibu dan anak-anak di sini. Program kerjanya pun sangat bermanfaat bagi kami di TBM Lentera Pustaka” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Porgram TBM Lentera Pustaka saat menemani KKN mahasiswa IPB hari ini.

     

    Melalui KKN-tematik mahasiswa IPB, setidaknya masyarakat dapat mengoptimalkan potensi pengembangan Desa Sukaluyu. Maka ke depan, sudah saatnya mahasiswa dan generasi muda untuk terjun langsung ke masyarakat. Agar dapat mengenal problematika yang ada lalu berkontribusi nyata tegaknya gerakan literasi di masyarakat.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.