x

Iklan

Judea Satrio

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Februari 2021

Selasa, 9 Februari 2021 06:34 WIB

Mahasiswa KKN Undip Ajari Anak Kenali Stres dan Cara Mengelolanya

Pembelajaran jarak jauh membawa dampak negatif bagi para siswa selama pandemi Covid-19, dimana mereka dapat mengalami stres. Berangkat dari hal tersebut, Judea Satrio, mahasiswa KKN Undip mengusung program edukasi manajemen stres pada anak usia sekolah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Edukasi manajemen stres kepada anak-anak di TPA Al-Fattah Sumurboto oleh Judea Satrio, mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, dalam rangka kuliah kerja nyata
 
SEMARANG - Pandemi Covid-19 hingga kini belum berakhir, menyebabkan banyaknya perubahan dalam berbagai aspek, salah satunya adalah pendidikan. Metode belajar yang semula tatap muka berubah menjadi online. Selama berbulan-bulan, siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh atau school from home sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Hanya saja, lamanya pelaksanaan school from home membawa dampak negatif bagi para siswa, dimana mereka dapat mengalami jenuh atau bosan, pusing, depresi, hingga sakit. Hal ini merupakan gejala-gejala dari stres yang dimana jika tidak segera ditangani akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan mental siswa dan menurunkan motivasi belajar.
 
Menurut Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), banyak siswa yang mengalami tekanan secara psikologi hingga putus sekolah karena berbagai masalah yang muncul selama mengikuti pembelajaran jarak jauh atau school from home yang dilakukan selama pandemi Covid-19, antara lain banyaknya siswa yang tidak bisa mengakses pembelajaran jarak jauh secara online, sehingga banyak dari mereka yang tidak naik kelas sampai putus sekolah. Selain itu, stres pada siswa dapat disebabkan oleh tuntutan akademik yang memberatkan peserta didik pada masa pandemi, hasil evaluasi belajar yang kurang, pekerjaan rumah yang sangat banyak, dan pengaruh lingkungan.
 
Judea Satrio (21), mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim 1 KKN Undip 2021, mengusung program yang berfokus pada manajemen stres anak usia sekolah dalam menjalani pendidikan new normal school from home atau belajar dari rumah, sebagai upaya untuk menjaga kesehatan mental melalui kegiatan edukasi. Program tersebut dilaksanakan pada Jumat (22/1) di TPA Al-Fattah Sumurboto, Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.
 
Selain memberikan edukasi, Judea juga membuat buku berjudul Buku Anak Tentang Manajemen Stres kepada santri di TPA Al-Fattah Sumurboto yang merupakan anak usia sekolah. Buku tersebut dikemas secara menarik dengan gambar dan ilustrasi, serta menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh anak-anak (Buku dapat diakses melalui link: http://bit.ly/BukuAnakTentangManajemenStres).
 
Foto bersama pengurus dan anak-anak di TPA Al-Fattah Sumurboto
 
“Program ini diharapkan dapat membantu anak-anak sebagai pelajar agar dapat mengetahui gejala dan sumber terjadinya stres serta bagaimana cara mengelola stres dengan baik, sehingga anak mampu menyesuaikan diri pada perubahan yang terjadi, meningkatkan motivasi belajarnya, dan mengoptimalkan aktivitas akademiknya,” ujar Judea.

Ikuti tulisan menarik Judea Satrio lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler