Yuk, Kenali Strukur Neuron Pada Manusia - Analisa - www.indonesiana.id
x

Fidya Rizky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Februari 2021

Sabtu, 20 Februari 2021 07:41 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Yuk, Kenali Strukur Neuron Pada Manusia


    Dibaca : 941 kali

    Sistem Saraf adalah sistem yang terjadi pada diri manusia untuk menghantarkan impuls yang terbentuk akibat adanya suatu stimulus (rangsang). Cara kerja sistem saraf sendiri adalah dengan cara menerima, meneruskan serta mengolah rangsangan sehingga tubuh memberikan reaksi terhadap rangsangan tersebut.Sistem Saraf adalah sistem yang terjadi pada diri manusia untuk menghantarkan impuls yang terbentuk akibat adanya suatu stimulus (rangsang). Cara kerja sistem saraf sendiri adalah dengan cara menerima, meneruskan serta mengolah rangsangan sehingga tubuh memberikan reaksi terhadap rangsangan tersebut.


    Sistem Saraf terdiri dari beberapa bagian, seperti :


    Neuron (Sel Saraf)

    Neuron adalah unit yang paling terkecil dan sel yang sangat kompleks. Neuron berfungsi sebagai penghantar rangsangan dari reseptor menuju pusat saraf dan menghantarkan rangsangan dari pusat saraf menuju otot dan kelenjar.

    Adapun beberapa bagian dari Neuron, yaitu :


    a. Badan Sel

    Badan sel adalah pengendali dari semua kerja dan metabolisme yang ada didalam sel saraf karena pada bagian ini terdapat inti sel dan sitoplasma.


    b. Akson

    Akson adalah bagian neuron yang ukurannya panjang dan memiliki cabang. Akson akan membawa dan meneruskan rangsangan dari badan sel menuju jaringan lain (efektor).

    c. Dendrit

    Dendrit adalah serabut pendek dan bercabang-cabang. Dendrit akan membawa impuls dari pusat datangnya rangsang (reseptor) menuju badan sel.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.