9 Sumber Besar Motivasi untuk Mengubah Hidup Anda - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: ACR

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 21 Februari 2021 20:02 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 9 Sumber Besar Motivasi untuk Mengubah Hidup Anda

    Mengubah hidup Anda adalah proyek besar. Ada begitu banyak sudut pandang yang berbeda sehingga semuanya bisa terasa sangat luar biasa. Biasanya dibutuhkan waktu dan kerja keras untuk mencapai tujuan yang sejalan dengan perubahan hidup. Di mana dapat ditemukan motivasi untuk mengubah hidup Anda?

    Dibaca : 579 kali

    Mengubah hidup Anda adalah proyek besar. Ada begitu banyak sudut pandang yang berbeda sehingga semuanya bisa terasa sangat luar biasa. Biasanya dibutuhkan waktu dan kerja keras untuk mencapai jenis tujuan yang sejalan dengan perubahan hidup yang signifikan.

    Mungkin sulit untuk memulainya, dan mungkin sulit untuk mempertahankan motivasi yang cukup untuk menjalani seluruh perjalanan. Dan itulah mengapa sangat penting untuk menemukan motivasi yang kuat untuk membantu Anda memulai dan untuk membuat Anda tetap pada jalur sementara Anda menghancurkan tujuan tersebut.

    Meskipun kita akan melihat beberapa sumber motivasi yang berbeda, penting untuk diingat bahwa tidak semuanya akan berhasil untuk semua orang. Beberapa orang merasa lebih mudah untuk tetap terinspirasi dan termotivasi daripada yang lain. Hal-hal yang memotivasi Anda mungkin tidak memotivasi orang berikutnya.

    Semuanya baik-baik saja. Carilah hal-hal yang sesuai dengan Anda, yang menyebabkan Anda berdiri dan berkata, "Ya, itu masuk akal!"

    Kemudian jadikan hal-hal yang beresonasi itu sebagai bagian dari hidup Anda. Itu akan membantu Anda untuk terus bergerak maju saat Anda mengalami kesulitan.

    Di mana Anda dapat menemukan motivasi untuk mengubah hidup Anda?

    1. Dalam rasa bangga dan pencapaian yang Anda peroleh dari pencapaian tujuan Anda.

    Mengadopsi pendekatan yang berorientasi pada tujuan tidak hanya membantu Anda merencanakan jalan menuju kesuksesan, tetapi juga dapat membuat Anda terus bergerak ketika Anda membutuhkan motivasi.

    Mencapai tujuan menyebabkan pikiran memberi Anda sedikit bahan kimia dan endorfin yang membuat Anda merasa nyaman; hadiah fisiologis kecil untuk pencapaiannya. Bagi sebagian orang, perasaan memeriksa tujuan lain lebih dari cukup untuk membuat mereka terus bergerak.

    Dan ketika Anda telah mencapai akhir, Anda dapat melihat kembali perjalanan yang telah Anda lakukan dan mengetahui bahwa kerja keras dan upaya Anda yang membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan.

    Tetapkan berbagai tujuan - pendek, menengah, dan panjang. Cara terbaik untuk mencapai tujuan jangka pendek dan menengah Anda adalah dengan mendekonstruksi tujuan jangka panjang Anda. Ada banyak langkah yang harus Anda ambil (tujuan pendek dan menengah) untuk mencapai tujuan jangka panjang tersebut. Ini adalah cara mudah untuk menentukan tujuan.

    Pastikan tujuan tersebut SMART - Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Timely.

    2. Dalam buku, podcast, atau media inspiratif lainnya.

    Jalannya panjang dan menantang untuk membuat perubahan hidup yang signifikan. Akan sangat membantu untuk melihat orang lain yang telah mencapai tujuan yang Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri. Saat Anda bimbang, Anda bisa melihat perjuangan dan perjalanan mereka untuk mendapatkan inspirasi.

    Ada begitu banyak buku, podcast, pembicara, dan video inspiratif di luar sana sehingga Anda harus dapat menemukan sesuatu yang dapat membuat semangat Anda tetap menyala.

    Hindari membandingkan perjalanan Anda. Orang yang menginspirasi itu? Hidup mereka berbeda dari hidup Anda. Anda akan menghadapi tantangan yang berbeda untuk diatasi, jadi Anda mungkin berjuang di tempat yang tidak mereka hadapi. Dan jika mereka memiliki jalan Anda, mungkin mereka akan berjuang di tempat-tempat yang Anda lewati.

    Jangan terlalu memikirkan detail itu. Biarkan pekerjaan inspiratif menyegarkan Anda dan membuat Anda terus maju.

    3. Dalam membuktikan diri sendiri atau orang yang ragu Anda salah.

    Meski bisa menjadi motivator yang kuat ketika segala sesuatunya terasa gelap dan brutal. Dalam kegelapan itu, terkadang lebih baik merangkul sebagian darinya daripada mencoba melarikan diri darinya.

    Mungkin ada orang yang ingin Anda buktikan salah; orang yang mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak dapat melakukannya. Mungkin bukan orang; mungkin pikiran, trauma, atau penyakit mental Anda sendiri yang secara teratur memberi tahu Anda bahwa Anda tidak layak atau tidak mampu.

    Dan mungkin, mungkin saja, itulah bahan bakar yang Anda butuhkan untuk menghancurkan tujuan Anda. Buktikan bahwa orang negatif salah. Buktikan pikiran negatif dan gangguan mental salah. Gunakan itu sebagai bahan bakar untuk memberdayakan diri Anda sendiri, fokus pada apa yang Anda bisa dan akan capai, dan terus bergerak maju ketika itu semua mencoba membebani Anda.

    Terkadang sulit menemukan terang, harapan, dan hal positif di tempat gelap. Tetapi meskipun? Meskipun biasanya tidak terlalu jauh. Buktikan semuanya salah dan lanjutkan.

    4. Dalam dukungan dari teman, kelompok pendukung, atau profesional.

    Manusia adalah makhluk sosial. Kita cenderung melakukan lebih baik dalam kelompok dan komunitas daripada terisolasi.

    Kesepian dapat membuat tugas yang menantang menjadi lebih sulit. Tetapi interaksi sosial dapat membantu meningkatkan suasana hati, sikap, dan tekad seseorang untuk menyelesaikan sesuatu.

    Itu bisa jadi mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang lebih positif dan optimis yang menawarkan dukungan saat Anda kesulitan.

    Mungkin juga ada komunitas atau kelompok yang ingin mencapai perubahan hidup yang ingin Anda lakukan. Jika Anda ingin hidup lebih sehat atau menurunkan berat badan, masuk akal untuk bergabung dengan grup di mana orang lain sedang berusaha untuk menurunkan berat badan dan menurunkan berat badan sendiri.

    Jika Anda tidak memiliki dukungan pribadi atau tidak dapat menemukan komunitas yang baik, dukungan profesional juga bisa menjadi pilihan yang baik. Anda mungkin ingin terapis menangani masalah kesehatan mental yang ingin Anda atasi. Tetapi untuk hal-hal seperti tujuan profesional atau pribadi, Anda mungkin menemukan bahwa karier atau pelatih kehidupan adalah pilihan yang baik.

    Tidak ada salahnya mendapatkan sedikit bantuan dari luar saat Anda membutuhkannya. Dan Anda mungkin menemukan motivasi Anda sendiri dalam memberi kembali kepada orang-orang itu ketika Anda akhirnya mencapai tujuan Anda. Anda mungkin ternyata adalah pendukung dan inspirasi mereka!

    5. Dalam menjunjung tinggi dan memenuhi nilai, tujuan, dan "Mengapa" Anda.

    Mengapa Anda memikirkan hal ini? Mengapa Anda memutuskan untuk mengubah hidup Anda?

    Apakah karena keluarga Anda? Teman? Ketidakbahagiaan dengan diri sendiri atau hidup Anda? Apakah untuk memenuhi tujuan tertentu yang membuat Anda tertarik dan terpanggil untuk bekerja? Apakah karena suatu nilai adalah yang paling penting untuk Anda penuhi?

    “Mengapa” dari keinginan Anda untuk mengubah hidup Anda dapat memberikan inspirasi yang Anda butuhkan ketika masa-masa sulit.

    Mungkin membantu untuk menuliskan alasan Anda sehingga Anda dapat kembali ke topik itu ketika Anda merasa sedih tentang tujuan Anda. Lihat kembali mengapa Anda memulai di tempat pertama dan simpan itu di depan pikiran Anda.

    Dan ingat, Anda bisa memulai kembali. Hanya karena Anda membuat kesalahan, kambuh, atau mengalami masa sulit bukan berarti Anda tidak dapat langsung mencoba membuat keputusan yang lebih baik.

    Ini adalah perbedaan antara mengatakan, "Akulah yang membuat pilihan di sini", dan membiarkan masalah lepas kendali.

    6. Dalam penghargaan nyata yang teratur.

    Penghargaan nyata dapat menjadi motivasi untuk membuat perubahan yang sulit. Itu membantu memberikan sumber kepuasan dan pencapaian yang konkret.

    Itu bisa datang dalam bentuk membelikan diri Anda hadiah kecil, memanjakan diri Anda dengan pijat, atau mungkin mengambil liburan yang benar-benar Anda inginkan.

    Jangan menunggu hal-hal ini muncul secara tidak sengaja dalam prosesnya. Sebaliknya, gabungkan penghargaan dengan penyelesaian tujuan untuk memiliki sesuatu yang segera dinantikan.

    Ada baiknya meluangkan sedikit waktu untuk merayakan saat Anda mencapai salah satu tujuan Anda. Kepositifan itu akan membantu memperkuat aktivitas dan membuat Anda tetap di jalur yang benar untuk mencapai tujuan jangka panjang tersebut.

    Pertimbangkan bagaimana penghargaan Anda memengaruhi tujuan Anda secara keseluruhan. Misalnya, memberi hadiah kepada diri sendiri dengan mentraktir makanan saat Anda mencoba mempertahankan pola makan bisa berbahaya. Itu bisa memicu kekambuhan makan tidak sehat yang kemudian perlu Anda atasi lagi. Pastikan penghargaan Anda tidak menyabotase tujuan Anda.

    7. Dalam meningkatkan kesehatan Anda untuk menjalani hidup yang bersemangat dan aktif.

    Apakah Anda ingin lebih sehat? Memiliki umur panjang yang menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga Anda? Memiliki kemampuan untuk menjalankan dan mengurus anak sedikit dengan anak atau cucu?

    Gaya hidup sehat dapat mencegah masalah kesehatan yang signifikan membuat Anda lelah di kemudian hari. Penyakit seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular tersebar luas dan cukup mudah dicegah dengan manajemen aktif dari diet, olahraga, dan kesehatan Anda.

    Itu bahkan belum termasuk keuntungan sehari-hari. Gaya hidup yang lebih sehat juga dapat membantu menangkal penyakit lain seperti pilek dan alergi, dan secara umum meningkatkan kesehatan mental dan pandangan hidup Anda.

    Anda yang lebih sehat dengan gaya hidup aktif akan memiliki lebih banyak kebahagiaan, lebih banyak pilihan, dan waktu yang lebih mudah untuk menjalani hidup. Tubuh manusia tidak dibangun untuk menetap. Ini adalah alat berat yang sangat baik yang perlu dikendarai, dirawat, dan dirawat secara teratur jika Anda ingin memaksimalkannya.

    Jauh lebih mudah untuk menikmati hidup dan waktu luang saat Anda aktif dan sehat.

    8. Dalam menjadikan pengejaran tujuan Anda sebagai bagian dari jadwal rutin Anda.

    Motivasi dapat dibangun melalui pengulangan. Anda memasukkan tujuan Anda ke dalam jadwal Anda dan menerimanya sebagai bagian dari hal-hal yang Anda lakukan.

    Misalkan Anda orang yang sibuk dengan banyak tanggung jawab. Dalam hal ini, hal-hal seperti perawatan diri dalam bentuk istirahat dan olahraga dapat dengan cepat disingkirkan dari tanggung jawab lain yang tampaknya lebih penting.

    Itu bukanlah sesuatu yang bisa Anda biarkan terjadi. Anda harus menjadi orang yang meletakkan hukum pada jadwal dan tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa hal-hal yang Anda inginkan ditangani.

    Misalnya, Anda ingin makan lebih sehat untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda. Anda perlu meluangkan waktu dalam jadwal Anda untuk merencanakan makan, berbelanja bahan makanan, dan menyiapkan makanan. Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikan hal-hal itu jika tidak. Kehilangan sesi perencanaan makan berarti Anda mungkin tidak menyelesaikan belanja bahan makanan, yang berarti Anda mungkin mendapatkan makanan untuk dibawa pulang daripada menanganinya.
    Motivasi tidak harus menjadi hal yang brilian dan membutakan. Itu juga dapat dibangun melalui pengulangan. Anda duduk dan melakukan perencanaan makan pada Sabtu malam, sehingga Anda bisa berbelanja bahan makanan pada Minggu pagi untuk mendapatkan makanan enak di sisa minggu itu. Dan kemudian Anda melakukannya lagi minggu depan karena itulah yang Anda lakukan dengan waktu itu.

    9. Dalam kenyataan bahwa Anda benar-benar pantas mendapatkannya.

    Mungkin hadiah inspirasi dan motivasi terbesar dari semuanya - karena Anda pantas mendapatkannya.

    Anda berhak menjalani kehidupan yang Anda inginkan. Anda berhak mendapatkan kedamaian, kebahagiaan, dan kesehatan yang baik. Mungkin sulit untuk sampai ke sana. Mungkin ada kemunduran dan rintangan saat Anda bekerja menuju kesuksesan Anda.

    Tetapi tidak apa-apa. Karena cerita itu membosankan ketika semuanya lancar. Kesulitan membantu membangun karakter, menantang Anda untuk berpikir secara berbeda dan bermimpi lebih besar.

    Jadi, ketika Anda bimbang dan mempertanyakan apakah Anda dapat melakukannya, ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak hanya dapat melakukannya tetapi Anda juga berhak melakukannya.

    Ingatlah untuk mengatur kecepatan diri Anda sendiri.

    Dan akhirnya, ingatlah untuk mengatur kecepatan diri Anda sendiri. Keputusan untuk mengubah hidup Anda adalah keputusan besar yang akan membutuhkan banyak usaha. Pekerjaan itu akan melelahkan. Akan ada saat-saat Anda ingin menyerah ketika Anda merasa kewalahan. Tidak apa-apa. Itu normal dan harus diharapkan.

    Solusi untuk masalah itu adalah istirahat. Berhenti dan istirahat sebentar. Membakar diri sendiri tidak akan membawa Anda ke solusi yang Anda harapkan. Meskipun Anda mungkin mendapatkan ke mana Anda ingin beranjak dan mengetahui bahwa itu belum tentu seperti yang Anda bayangkan.

    Itu juga oke. Anda selalu dapat menetapkan tujuan baru.

    Atau mungkin justru sebaliknya. Mungkin Anda akan sampai di sana, dan itu akan menjadi lebih baik dari yang Anda bayangkan.

    ***
    Solo, Sabtu, 20 Februari 2021. 9:18 am
    'salam sukses penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.