Tool Cek Plagiarisme Online Yang Akurat Asli Buatan Indonesia - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

cek plagiarisme online buatan Indonesia

Belajar Sendiri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Februari 2021

Senin, 22 Februari 2021 06:34 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Tool Cek Plagiarisme Online Yang Akurat Asli Buatan Indonesia

    Saat ini beredar banyak sekali tool cek plagiarisme, dari yang gratis sampai berbayar. Yang gratis tidak akurat karena mudah dimanipulasi, sementara yang berbayar cukup mahal. Mau yang akurat dan tidak mahal? Pakai saja tool cek plagiarisme buatan Indonesia.

    Dibaca : 624 kali

    Kita semua tahu bahwa tindakan plagiat bukanlah sesuatu yang layak dipuji. Bahkan dari sejak SD dan sampai sepanjang tingkat pendidikan yang ada di Indonesia, selalu ditekankan dilarang mencontek. Karena jika dari sejak kecil anak sudah terbiasa untuk mencontek, maka sampai besarpun kebiasaan ini akan sulit hilang. Kebiasaan curang inilah menyebabkan KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) tumbuh subur di negara kita.

    Berbagai upaya dilakukan oleh guru, untuk mencegah tindakan plagiarisme ini. Mulai dari pengawasan ketat ketika ujian berlangsung, bahkan sampai pemberian hukuman yang berat kepada siswa yang ditemukan mencontek hasil pekerjaan temannya. Namun pada kenyataannya tindakan mencontek / melakukan copy paste tidak pernah benar-benar hilang. Selalu saja ada oknum-oknum yang ingin jalan pintas dalam melakukan sesuatu. Ini berlangsung bukan hanya di dunia akademisi tapi bahkan sampai di dunia kerja hal ini terus berlanjut. 

    Mengapa artikel harus unik pada konten online?

    Seperti halnya guru yang menghapus muridnya ketika ketahuan melakukan plagiarisme, search engine Google pun melakukan hal yang sama. Web dengan konten duplikat akan mendapatkan rangking yang lebih rendah pada pencarian Google daripada web yang kontennya unik. Akibatnya web anda akan sulit ditemukan orang melalui pencarian google.

    Tidak hanya sebatas itu saja, jika konten web anda banyak mengandung duplikat maka situs anda akan beresiko mengalami deindex (tidak diindex) oleh google. Karena google selalu ingin menyajikan konten yang baik bukan penggunanya, bukan artikel yang sekedar duplikat tentunya. Jadi mulai sekarang jangan main-main dengan konten copy paste ya.

    Tool-Tool Cek Plagiarisme Online

    Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan tool cek plagiarisme tidak pernah kehilangan minat dari sejak dulu. Berbagai tool diciptakan sebagai upaya agar kita dapat melakukan pengecekan originalitas terhadap suatu karya tulis. Namun banyak sekali tool-tool gratis yang tersebar di dunia maya, namun tidak terbukti reliabilitasnya. Yang berarti tingkat akurasi dari tool-tool ini perlu dipertanyakan.

    Ditengah banyaknya tool-tool seperti ini, ada 2 tool dari luar negeri yang terkenal akurat dalam mendeteksi plagiarisme. Di dunia akademisi pasti sudah mengenal Turnitin yang sering dipakai untuk mengecek plagiarisme dari skripsi / thesis. Sementara di dunia kerja tool cek plagiarisme yang sering digunakan karena keakuratannya adalah Copyscape. 2 tool ini sering menjadi standar pengecekan sebuah artikel, apakah unik atau tidak. Lupakanlah tool-tool gratis lainnya karena hasilnya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

    Tool Lokal Kualitas Internasional

    Mengingat pasar yang luas dari tool ini dan peruntukannya dalam berbagai bidang, maka CovenantLinks.com, salah satu web startup asal Indonesia yang berfokus memberikan layanan pada bisnis online di Indonesia, mencoba membuat tool sekelas Copyscape dengan harga yang lebih terjangkau. Tool yang dinamai UniqueText ini baru saja launching 2 bulan lalu. Tool cek plagiarisme asli Indonesia ini dibuat untuk menyaingi Copyscape dari segi akurasinya. Jadi bisa dibilang Uniquetext adalah alternatif copyscape versi Indonesia. Copyscape atau UniqueText sama-sama bekerja dengan membandingkan artikel yang akan dicek dengan hasil dari search engine Google.

    Penulis sendiri sudah membuktikan akurasinya. Jika pada tool cek duplikat konten gratisan, penulis dapat memanipulasi artikel copyan hanya dengan merubah beberapa kata dalam waktu kurang dari 5 menit agar lolos tool gratisan (SST dll), pada tool ini tidaklah demikian. Sangatlah sulit bagi copycat untuk lolos sebagai artikel unik pada tool ini. Jika hasilnya lolos sebagai artikel unik, maka ketika penulis masukkan pada copyscape, hasilnya juga unik. Tentunya ini sangat berguna bagi anda para pemilik bisnis online maupun blogger-blogger Indonesia, yang sering memesan artikel dari jasa content writer. Pastikan bahwa artikel yang ditulis merupakan artikel unik, bukan sekedar copy paste dengan sedikit bagian-bagian yang dirubah agar terbilang unik.

    Yang menarik dan merupakan nilai lebih dari UniqueText adalah adanya plugin wordpress yang mudah digunakan untuk cek plagiarisme. Dengan plugin wordpress dari UniqueText ini diinstal di web anda, mengecek artikel hanya sejauh sentuhan tombol. Istimewanya lagi, plugin ini akan menandai bagian mana dari artikel anda yang merupakan plagiat. Kadang-kadang sekalipun artikel ditulis manual namun ada saja yang namanya accidental plagiarism (plagiarisme secara tidak sengaja). Fitur ini akan memudahkan anda untuk rewrite (tulis ulang) bagian-bagian yang "tidak sengaja terdeteksi duplikat" tadi. Cek lagi gratis dan tidak memotong kuota anda. Lakukan rewrite dan cek terus menerus sampai tidak ada bagian yang ditandai. Itu berarti artikel anda sudah terdeteksi unik oleh Google. Untuk lebih jelasnya lihat saja video demo dari UniqueText wordpress plugin berikut ini

     

    Bagaimana? tertarik menggunakannya? Ini saatnya kita beralih menggunakan produk Indonesia. Apalagi jika fitur dan akurasinya tidak kalah dari dari produk luar negeri sekelas Copyscape.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.