x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Sabtu, 27 Februari 2021 06:11 WIB

Sinergi KKN-Tematik Mahasiswa IPB dan TBM Lentera Pustaka Hasilkan Sistem Database Buku

KKN-T IPB di TBM Lentera Pustaka, Hasilkan Sistem Database Buku dan Anak yang disebut SISTABA, Sinergi mahasiswa dan taman bacaan yang patut ditiru

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memasuki tahap akhir pelaksanaan KKN Tematik di Taman Bacaan Lentera Pustaka Desa Sukaluyu Bogor, mahasiswa IPB hari ini menyerahkan sistem database buku yang diberi nama “SISTABA (SIStem Taman BAcaan) Lentera Pustaka” sebagai acuan basis data buku bacaan dan identitas anggota sebagai kontribusi nyata mahasiswa kepada taman bacaan (25/2).

 

Diterima langsung oleh Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka, sistem database buku bacaan yang dikreasi oleh Ragsa dan Agus menjadi penutup visitasi KKN-T IPB yang berlangsung dari 20 Januari – 28 Februari 2021.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Melalui SISTABA ini, seluruh koleksi buku bacaan dan identitas anak pembaca TBM Lentera Pustaka akan dengan mudah dikelola dan di-update. Nantinya, Seluruh koleksi buku yang berjumlah 6.000 buku dan 145 anak pembaca akan dimasukkan ke dalam database. Dalam kesempatan ini, Dedy Firmansyah selaku koordinator KKN-T IPB pun menyerahkan sertifikat mitra KKN kepada TBM Lentera Pustaka.

 

“Kami berterima kasih kepada TBM Lentera Pustaka. Dan senang dapat menyiapkan sistem taman bacaan SISTABA. Agar data buku dan anak, bahkan pinjam buku dan donasi buku dapat diakomodasi secara teknologi komputer. Sekarang masih offline tapi nantinya bisa dibuat online” ujar Ragsa dan Agus di TBM Lentera Pustaka.

 

TBM Lentera Pustaka pun memberi apresiasi atas kiprah mahasiswa IPB yang ber-KKN. Sebagai wujud sinergi kampus dan taman bacaan. Hingga akhirnya memberi kontribusi nyata terhadap penyediaan sistem koleksi buku dan anak yang menjadi anggota. Demi tegaknya  tradisi baca da budaya literasi anak-anak dan masyarakat di kampung.

 

“Alhamdulillah dan luar biasa. KKN-T mahasiswa IPB mampu membuatkan SISTABA yang memang kami perlukan untuk database koleksi buku dan identitas anak. Ini bukti nyata sinergi dan kiprah nyata generasi muda kepada masyarakat. Saya apresiasi ide keren mahasiswa IPB. Terima kasih dan SISTABA ini sangat manfaat untuk taman bacaan” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Porgram TBM Lentera Pustaka.

 

Penyerahan SISTABA pun menjadi puncak visitasi KKN-T IPB tahun 2021. Sebelumnya, para mahasiswa telah melakukan kegiatan seperti: 1) sosialisasi pencegahan dan penanganan covid-19, pembuatan hand sanitizer dan distribusi masker, 2) penyuluhan pembuatan pupuk organik cair (POC) dan pekarangan pangan lestari (P2L), dan 3) donasi buku. Inilah bukti sinergi mahasiswa, kampus, dan taman bacaan yang patut ditiru untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB