x

Foto Sosialisasi Pencegahan Penyakit DBD dan Pemberian Leaflet, Krim Anti Nyamuk, dan Obat Jentik Nyamuk)

Iklan

60 Keperawatan 08 Nabilla Salsabhila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Februari 2021

Kamis, 4 Maret 2021 07:47 WIB

Sosialisasi Dari Pintu ke Pintu soal DBD oleh Mahasiswa UMM

Kegiatan PENGABDIAN MASYARAKAT OLEH MAHASISWA (PMM) BHAKTIMU NEGERI kelompok 68 gelombang 13 Universitas Muhammadiyah Malang. SOSIALISASI PENCEGAHAN DBD DENGAN METODE DOOR TO DOOR OLEH MAHASISWA UMM SELAMA PANDEMI

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

     Virus dengue dapat ditemukan pada daerah tropik dan sub tropik seperti di wilayah perkotaan dan pinggiran kota. Salah satu negara yang memiliki iklim tropik ialah Indonesia, karena iklim tropis sangat cocok untuk pertumbuhan hewan maupun tumbuhan serta tempat berkembangnya beragam penyakit, terutama penyakit yang dibawa oleh vector. Salah satu penyakit yang dibawa oleh vector ialah DBD. DBD atau Demam Berdarah Dengue ialah suatu infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Pengertian dengue sendiri ialah virus yang ditularkan dari nyamuk Aedes Spp. Aedes Spp ialah jenis nyamuk yang paling cepat berkembang di dunia.

     DBD memiliki gejala berupa demam dengue, namun DBD memiliki gejala lain berupa nyeri/sakit di ulu hari secara terus-menerus, pendarahan pada hidung, mulut, gusi dan memar pada kulit. Berdasarkan insidensi DBD di kabupaten bogor dapat dibagi menjadi daerah endemis (rawan 1), sporadis (rawan 2), dan potensial (rawan 3). Kecamatan tajurhalang termasuk salah satu daerah sporadic (rawan 2).

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

     Program kerja yang akan dilakukan oleh mahasiswa UMM dalam PENGABDIAN MASYARAKAT OLEH MAHASISWA (PMM) BHAKTIMU NEGERI kelompok 68 gelombang 13 guna melakukan pencegahan penyakit DBD ialah dengan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat setempat bagaimana cara melakukan pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue dan pengecekkan jentik nyamuk di penampungan air warga. Sosialisasi ini dilakukan di lingkungan Rt. 003. Rw. 05 Desa sukmajaya, Kecamatan Tajur Halang, Kab. Bogor, Jawa Barat dengan kegiatan yang berlangsung dari tanggal 27 desember 2020 hingga 4 januari 2021.

     Sosialisasi yang berupa tindakan 3M plus yaitu Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat penampungan air, Mengubur barang bekas dan plus hindari gigitan nyamuk. Selain sosialisasi kesehatan, masyarakat akan di berikan obat anti nyamuk yang bisa dioles di tubuh dan juga obat jentik nyamuk sebagai langkah dari pencegahan Demam Berdarah Dengue. Sosialisasi ini dilakukan dengan cara door to door atau mendatangkan rumah warga dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker.

 
Foto Pengecekkan Jentik Nyamuk

(Foto Saat Melakukan Pengecekkan Jentik Nyamuk)

 

Ikuti tulisan menarik 60 Keperawatan 08 Nabilla Salsabhila lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler