Pengertian Software Payroll dan Bagaimana Cara Kerjanya yang Efisien - Urban - www.indonesiana.id
x

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2020

Kamis, 4 Maret 2021 07:27 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Pengertian Software Payroll dan Bagaimana Cara Kerjanya yang Efisien

    Payroll adalah elemen biaya paling besar perusahaaan. Kelangsungan perusahaan diantaranya benar-benar dikuasai oleh ini.

    Dibaca : 469 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Payroll adalah elemen biaya paling besar perusahaaan. Kelangsungan perusahaan diantaranya benar-benar dikuasai oleh ini. Pengatasan payroll yang bagus sebagai hal yang khusus untuk perusahaan. Bila perusahaan mengabaikannya, karena itu pegawai tidak tahan lama dan perusahaan tidak akan untung.

    • Apa itu payroll?
    • Apa yang tercakup dalam payroll?
    • Proses apa yang ada pada payroll?

    Dalam artikel kesempatan ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan tertera di atas. Jika masihlah ada yang ingin Anda kenali mengenai payroll, kami mengundang Anda untuk sampaikan pertanyaan lewat kotak kometar di bawah ini.

     

    Pengertian Payroll

     

    Payroll ialah nilai yang perlu dibayar oleh perusahaan ke pegawai sepanjang masa tertentu. Untuk ketahui nilai take home pay pegawai (upah bersih yang terterima oleh pegawai tiap bulan), payroll meliputi beberapa hal yang menambahkan atau kurangi penghasilan pegawai misalnya : pajak, potongan upah karena tidak disiplin, sokongan, gaji lembur, dan bonus.

    Nilai upah yang perlu dibayar oleh perusahaan setiap bulan bisa berlainan karena bergantung kedatangan pegawai dan perolehan pegawai (bila ada bonus berdasar sasaran). Pengubahan nilai upah bulanan ini sebagai salah satunya rintangan besar untuk perusahaan, karena salah kalkulasi bisa mengakibatkan pegawai geram atau bahkan juga perusahaan tidak untung.

    Untuk pastikan akurasi pembayaran upah, Anda perlu tahu apa proses yang ada pada software payroll.

     

    Elemen Dalam Payroll

     

    Tiap perusahaan mempunyai peraturannya sendiri berkenaan upah, sokongan atau potongan-potongan yang dikasih ke pegawai. Ini jadi argumen upah pegawai bisa beralih-alih tiap bulan.

    Saat sebelum pelajari proses payroll, seharusnya Anda perlu ketahui lebih dulu apa yang memengaruhi pengubahan upah pegawai itu.

    • Absensi. Ada banyak beberapa perusahaan yang memberi sokongan kedatangan buat mereka yang selalu on time dan selalu masuk.
    • Lembur
    • Bonus berdasar sasaran
    • Potongan karena utang atau denda

     

    Cara Kerja Payroll Pegawai

     

    Hitung Jumlah Upah Pegawai

    Tiap pegawai yang bekerja dalam suatu perusahaan diambil untuk bekerja dengan pekerjaannya sendiri di tingkat besaran upahnya sendiri.

    Ada pegawai yang dibayarkan dalam jumlah yang serupa tiap bulannya, ada pula pegawai yang dibayarkan /jam hingga keseluruhan upahnya /bulan besarnya dapat berbeda bergantung dengan berapakah jam dia bekerja dalam waktu periode tertentu.

    Aktivitas lembur yang dilaksanakan oleh pegawai ada juga bayarannya sendiri dan tiap pegawai mempunyai jam lembur yang lain keduanya.

     

     

    Lakukan Pengurangan dan Pemotongan

    Payroll ialah proses distribusi pembayaran ke pegawai yang frekwensinya bergantung dari mekanisme kerja dari pegawai itu.

    Pegawai masih umumnya dibayarkan sebulan sekali di tanggal tertentu, ada pula karyawan tak tetap atau pegawai kontrak yang dapat dibayarkan mingguan atau tiap dua minggu sekali.

    Dari jumlahnya keseluruhan upah kotor yang didapat oleh pegawai, selanjutnya dilaksanakan pemangkasan oleh perusahaan sesuai ketetapan.

    Yang jelas dilaksanakan ialah pemangkasan pajak penghasilan sesuai ketentuan UU, selanjutnya umumnya ada pula pemangkasan pungutan asuransi, pemangkasan upah saat pegawai tidak masuk kerja, dan lain-lain.

     

    Laporan Keuangan Upah Pegawai

    Catatan pengupahan pegawai perlu mempunyai laporan yang terpisah dengan catatan pegawai yang lain hingga perusahaan mempunyai catatan yang pasti berkenaan jumlah yang dikeluarkan untuk bayar pegawai tertentu dalam masa tertentu apabila ada pengubahan pada upah yang terterima oleh pegawai itu.

    Laporan catatan pengupahan ini harus tersimpan secara baik sepanjang pegawai itu bekerja di perusahaan.

     

    Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.