x

Diambil dari https://www.phcppros.com/articles/1407-world-s-water-problems\xd

Iklan

Muhammad Ade Frediyana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Maret 2021

Senin, 15 Maret 2021 18:06 WIB

Katanya Air Adalah Sumber Kehidupan, Manusia Sumber Apa?

Dalam artikel ini, dibahas air sebagai sumber kehidupan, pencemaran air, dan kampanye menjaga kualitas air.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa jadinya bila manusia hidup tanpa Air. Sebutan "air adalah sumber kehidupan" kerap kali terdengar dan bahkan kesan nya menjadi biasa saja. Kalimat tersebut bahkan seperti hilang makna sebenarnya, seperti hilang jati dirinya. Jika air adalah sumber kehidupan (yang dalam konteks ini adalah kehidupan manusia) lalu manusia adalah sumber apa?. Bukankah manusia tidak bisa hidup tanpa air, mengapa manusia seperti mengancam dirinya sendiri dengan merusak sumber kehidupannya. Manusia saat ini seakan sudah terlalu hebat sehingga tidak butuh air. Air saja tidak keberatan menjadi sumber kehidupan manusia. Mengapa manusia seakan berat sekali untuk menjaganya.

Menurut PDAM Tirta Benteng, saat ini terjadi bebepa perilaku manusia yang dapat menyebabkan kerusakan air. Berbagai aktivitas manusia saat ini secara terus-menerus memengaruhi lingkungan sehingga terjadi pencemaran lingkungan. Manusia sumber apa?. Membuat lingkungan tercemar padahal, pencemaran air tidak hanya dapat berpengaruh terhadap manusia, tapi juga terhadap hewan dan tumbuhan. Pencemaran air akan berakibat menurunnya kualitas akhir sehingga air tidak dapat dikonsumsi, dimana letak air sumber kehidupan kalau air saja tidak layak dikonsumsi (karena ulah manusia sendiri). Kualitas air semakin hari kian menurun, berbagai kabar terdengar kualitas air di berbagai kota besar cenderung semakin buruk. Berbagai cara dilakukan berbagai pemangku kepentingan untuk memulihkan kualitas air. Kualitas air meningkat, kualitas hidup manusia akan meningkat juga.

Saat ini, air mungkin masih siap menjadi sumber kehidupan kita. Kita perlu menjaganya. Seharusnya bukan hal sulit bagi manusia untuk menjaga sumber kehidupannya sendiri. Namun nyatanya, tidak demikian. Tugas kita semua saat ini adalah memberikan edukasi dan kampanye kepada seluruh manusia untuk senantiasa bersama-sama menjaga air. Marilah kita semua siap dalam perjalanan panjang untuk menjaga kualitas air, memperbaiki kualitas air, meningkatkan kualitas air. Manusia adalah sumber penjaga. Jika manusia berani menggunakan, maka manusia pun harus berani melestarikan. Aku, kamu, kita semua, masih butuh air. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

#Water2me

Ikuti tulisan menarik Muhammad Ade Frediyana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB