x

Foto ini diambil saat kegiatan sharing session bersama UMKM Opak Gambir dan Susu Sapi

Iklan

Izzatul Laila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Maret 2021

Senin, 22 Maret 2021 21:18 WIB

PMM 78 UMM Melakukan Sharing Session Pengembangan UMKM di Desa Jabung

Kegiatan Pendampingan Pengembangan UMKM ini diawali dengan melakukan sharing session dengan pelaku UMKM Opak Gambir dan Susu Sapi. Sharing Session ini dilakukan bertujuan untuk menggali masalah apa yang sedang dialami oleh pelaku UMKM di masa pandemi Covid-19 sekaligus mencari solusi apa yang cocok untuk masalah yang dihadapi oleh UMKM Opak Gambir dan Susu Sapi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Merebaknya pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap sektor ekonomi yang ada di Indonesia. Salah satunya berpengaruh pada peekonomian masyarakat menengah yang memiliki usaha. Dengan adanya pandemi Covid-19 para pelaku UMKM banyak mengalami penurunan permintaan konsumen.

PMM Kelompok 78 UMM (Universitas Muhammdiyah Malang) yang beranggotakan lima orang yaitu Izzatul Laila, Siti Nur Azizah, Deta Dwipajaya I, Zikry Wirawansyah, dan Navida Nur Salsabila dengan Dosen Pembimbing Ibu Novita Ratna Satiti, SE., MM melakukan kegiatan Pendampingan Pengembangan UMKM di Desa Jabung, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

Kegiatan Pendampingan Pengembangan UMKM ini diawali dengan melakukan sharing session dengan pelaku UMKM Opak Gambir dan Susu Sapi. Kegiatan sharing session dilakukan selama dua hari, yaitu pada tanggal 19 Maret 2021 dan 20 Maret 2021. sharing session ini dilakukan bertujuan untuk menggali masalah apa yang sedang dialami oleh pelaku UMKM di masa pandemi Covid-19 sekaligus mencari solusi apa yang cocok untuk masalah yang dihadapi oleh UMKM Opak Gambir dan Susu Sapi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam kegiatan Sharing Session ini PMM Kelompok 78 UMM  juga menjelaskan beberapa alternatif pengembangan UMKM misalnya pengembangan melalui kemasan, penambahan tenaga kerja, penyusunan laporan keuangan dan lain sebagainya. Dari beberapa alternatif yang dijelaskan tersebut kami mendiskusikan dengan pelaku UMKM terkait pengembangan apa yang akan diterapkan dan kami akan mendampingi proses pengembangan alternatif tersebut.

Ikuti tulisan menarik Izzatul Laila lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler