Sukses di Pekan 1 Piala Menpora, Kapolri Isyaratkan Kompetisi Resmi Kantongi Izin - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Sukses pekan 1

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 Maret 2021 07:50 WIB

  • Olah Raga
  • Berita Utama
  • Sukses di Pekan 1 Piala Menpora, Kapolri Isyaratkan Kompetisi Resmi Kantongi Izin

    Pekan pertama Piala Menpora telah terlewati dan secara umum pelaksanaannya sesuai prosedur, sehingga Kapolri memberi isyarat positif untuk kompetisi resmi dapat bergulir

    Dibaca : 1.745 kali

    Pekan pertama Piala Menpora telah terlewati dan secara umum pelaksanaannya sesuai prosedur, sehingga Kapolri memberi isyarat positif untuk kompetisi resmi dapat bergulir.

    Hal tersebut disampaikan pada Kamis, (25/2/2021) oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang memastikan gelaran Piala Menpora berjalan sesuai prosedur. Kapolri pun memberikan isyarat positif terkait bergulirnya kompetisi sepak bola setelah melihat kesuksesan penyelenggaraan turnamen pramusim sejauh ini seperti dikutip dari ligaindonesiabaru.com.

    Kapolri pun menyebut:
    "Kami dari Mabes Polri meninjau langsung pelaksanaan pertandingan Piala Menpora, yang digelar dalam rangka pra musim mempersiapkan kompetisi. Saya tinjau langsung tanpa pemberitahuan, untuk memastikan semua berjalan dengan semestinya."

    Bahkan dari hasil pantauannya, dia melihat panitia penyelenggara Piala Menpora 2021 sesuai dengan komitmen awal, menggelar pertandingan dengan protokol kesehatan. ''Semua diperiksa dengan tes swab antigen dan hanya yang memakai tanda gelang, yang boleh masuk,'' ucap Listyo menambahkan.

    Lebih dari itu, apresiasi pun dilayangkan Kapolri kepada pemain yang ada di bangku cadangan, sebab tetap mengenakan masker bersama tim pelatih dan ofisial selama pertandingan. 

    Atas hasil tinjauan langsung tersebut, dari hasil pantauan dan penilaian yang positif akan menjadi bahan kajian Kapolri untuk  membicarakan kembali pelaksanaan kompetisi yang ditunggu semua klub dan suporter, terlebih pelaksanaan pekan pertama terbukti lancar, tertib, dan disiplin sesuai peraturan yang diterapkan.

    Pekan kedua lancar

    Semoga saja, Piala Menpora 2021 yang telah digulirkan sejak 21 Maret lalu dan dijadwalkan berakhir 25 April mendatang dan digelar di empat kota, yaitu Solo, Yogyakarta, Bandung, dan Malang terus sesuai harapan.

    Untuk itu, setelah pekan perdana fase grup Piala Menpora berjalan sesuai harapan, wajib dipertahankan kelancarannya di fase berikut hingga usainya gelaran Piala Menpora. Ujungnya, Kapolri menerbitkan izin kompetisi resmi sepak bola Indonesia.

    Meski demikian, tetap ada yang menjadi catatan yang tidak boleh terulang di fase kedua seperti Kiper Madura United, Muhammad Ridho mengenakan rompi merah muda dalam pertandingan pekan perdana fase grup C Piala Menpora 2021 saat menghadapi PS Sleman yang berakhir kemenangan 2-1. 

    Kejadian tersebut jelas memilukan, terlebih disaksikan langsung oleh seluruh publik sepak bola nasional bahkan manca negara dari layar kaca.

    Kejadian kiper menggunakan rompi dalam laga tersebut, jelas peristiwa langka dan kalah jauh dibandingkan dengan penyelenggeraan kompetisi sepak bola akar rumput yang sudah sangat tertib dan menaati regulasi kompetisi. 

    Mustahil tak ada koordinasi menyoal jersey tim kandang (home) dan tandang (away) dari kedua manajenen tim sekelas Klub Liga 1. Tentunya juga ada dalam manual turnamen Piala Menpora. 

    Tapi, faktanya benar-benar terjadi jersey pemain lawan berwarna serupa dengan kiper. Sehingga kiper terpaksa memakai rompi, sekelas pertandingan eksebisi.  Lucu.

    Setelah jeda fase pekan pertama, publik sepak bola nasional akan kembali disuguhi laga-laga bermutu dalam rangkaian laga pekan kedua, yang akan digelar kembali mulai Sabtu (27/3/2021). 

    Terus pertahankan nilai positif dari Kapolri, hingga akhir turnamen, agar izin kompetisi resmi dikantongi PSSI. Jangan lagi ada hal aneh yang terjadi. 



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.