Langkah Cepat Pertamina Amankan Kilang Balongan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Puji Handoko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 November 2020

Senin, 29 Maret 2021 17:50 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Langkah Cepat Pertamina Amankan Kilang Balongan

    Keamanan di kilang telah dilakukan dengan baik sesuai SOP yang ada, namun kejadian seperti ini biasanya disebabkan oleh faktor eksternal, misalnya petir atau bencana alam. Kebakaran di Kilang Balongan terjadi pada salah satu tangki di kilang minyak itu, yakni tangki P300G. Meski demikian, penyebab pasti kebakaran masih terus dipastikan melalui penyelidikan lebih lanjut. Agar korban tidak bertambah, warga dicegah untuk mendekat lokasi kebakaran. Pertamina langsung melakukan pemblokiran jalan menuju lokasi kebakaran yang dibantu oleh TNI. Pertamina, meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran. Terlihat kobaran api sangat besar dengan kepulan asap hitam yang membubung tinggi. Beberapa petugas pemadam gabungan berupaya memadamkan kobaran api itu.

    Dibaca : 584 kali

    Kejadian mengejutkan baru saja tersiar dini hari Senin 29 Maret 2021, kilang Balongan di Indramayu Jawa Barat mengalami kebakaran. Insiden itu membuat warga sekitar panik. Namun Pertamina telah melakukan langkah cepat untuk mengamankan situasi sesuai protokol keselamatan.

     

    PT Kilang Pertamina Internasional selaku operator Kilang Pertamina Balongan saat ini tengah melakukan normal shutdown untuk mengendalikan arus minyak. Hal itu dilakukan demi mencegah perluasan kebakaran. Pertamina sampai saat ini tengah fokus melakukan pemadaman kebakaran.

     

    "Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir," kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya kepada pers, Senin 29 Maret 2021.

     

    Pertamina mengimbau masyarakat di sekitar lokasi kejadian untuk tetap tenang dan menjauh dari lokasi kejadian. Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu.

     

    Dalam informasi terbaru menyebutkan, ada 4 warga yang melintas yang menjadi korban. Keempat warga tersebut langsung dibawa ke RSUD Indramayu untuk mendapatkan perawatan.

     

    Keamanan di kilang telah dilakukan dengan baik sesuai SOP yang ada, namun kejadian seperti ini biasanya disebabkan oleh faktor eksternal, misalnya petir atau bencana alam. Kebakaran di Kilang Balongan terjadi pada salah satu tangki di kilang minyak itu, yakni tangki P300G. Meski demikian, penyebab pasti kebakaran masih terus dipastikan melalui penyelidikan lebih lanjut.

     

    Agar korban tidak bertambah, warga dicegah untuk mendekat lokasi kebakaran. Pertamina langsung melakukan pemblokiran jalan menuju lokasi kebakaran yang dibantu oleh TNI. Pertamina, meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran. Terlihat kobaran api sangat besar dengan kepulan asap hitam yang membubung tinggi. Beberapa petugas pemadam gabungan berupaya memadamkan kobaran api itu.

     

    Kejadian seperti ini memang sangat jarang terjadi, sebab SOP keamanan kilang sangat ketat. Namun jika itu memang terjadi, langkah pengamanan juga dengan cepat dilakukan. Sebab biasanya pembangunan kilang sudah memperhitungkan faktor ini. Kejadian nahas kemungkinan memang selalu ada, misalnya jika kilang itu di laut, ada kapal yang hilang kendali, pesawat yang jatuh, gempa bumi atau tsunami. Namun hal seperti itu tentu di luar kuasa manusia.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.