UMSU dan UiTM Malaysia Sepakat Kerjasama Pendidikan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

berita aksi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Maret 2021

Selasa, 30 Maret 2021 18:05 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • UMSU dan UiTM Malaysia Sepakat Kerjasama Pendidikan

    Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sepakat menjalin kerjasama dengan Univesitas Teknologi Mara Cawang Kelantan, Malaysia dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan melalui pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

    Dibaca : 374 kali

    Penandatanganan naskah kerjasama (MoA) dilakukan Rektor UMSU, Dr. Agussani, MAP dan Rektor UiTM Cawang Kelantan, Profesor Madya Dr H Zulkifli Bin Muhammad. Selanjutnya naskah MoA juga ditandatangani Wakil Rektor III UMSU,, Dr Rudianto, MSi dan Assoc. Prof Ts. Dr. Ghazali Osman, deputy rektor, academic affairs dalam acara yang dilaksanakan secara daring di masing-masing kampus, Rabu (3/2).

    Penandatanganan naskah MoA ini sendiri sebagai tindaklanjut kunjungan Rektor UMSU, Dr. Agussani, MAP ke kampus UiTM Cawang Kelantan dan MoU pada November 2019. Namun pandemic Covid -19 mengakibatkan aktifitas fisik menjadi terbatas sehingga dilakukan secara daring. “Penandatanganan naskah MoA merupakan momen menggembirakan ditengah suasana dunia yang masih diliputi pandemi Covid-19,” ungkap Rektor, Dr. Agussani, MAP.

    Menurut rektor pandemi Covid-19 mengakibatkan ruang gerak menjadi sangat terbatas karena penerapan protokol kesehatan. Namun keterbatasan itu tidak membuat aktifitas dan program pengembangan pendidikan menjadi berhenti. “Ada hikmah yang bisa kita ambil pelajaran dan pengalaman dari situasi pandemi, dan penandatangan naskah kerjasama antara UMSU dan UiTM Cawang Kelantan tetap terlaksana meski dilakukan secara daring,” katanya.

    Dalam kesempatan itu, Rektor, Dr Agussani, MAP juga memaparkan perkembangan singkat UMSU serta sejumlah agenda kegiatan kerjasama yang sudah dilakukan, diantaranya kompetisi Prodi Akuntansi serta pertukaran dosen pengajar. ” Melalui MoA diharapkan kesempatan untuk melakukan kerjasama pelaksanaan tri darma perguruan tinggi bisa lebih terbuka dan berjalan lancar,” katanya.

    Sementara itu, Rektor UiTM Cawang Kelantan, Profesor Madya Dr H Zulkifli Bin Muhammad mengatakan, ada banyak peluang kerjasama yang bisa dilaksanakan antara UMSU dengan UiTM Cawang Kelantan. “Ke depan ada banyak peluang kerjasama yang bisa dilakukan teemasuk bagaimana mempersiapkan guna menghadapi era society 5.0. Kami juga sangat tertarik dengan fasilitas observatorium UMSU yang akan sangat bermanfaat bagi pengembangan ilmu falak,” katanya.

    Dia berharap, kerjasama antara UMSU dan UiTM Cawang Kelantan bisa terus ditindaklanjuti meski harus dilakukan secara daring mengingat situasi pandemi Covid-19. “Kita berharap situasi pandemi Covid -19 bisa segera berakhir sehingga bisa melakukan kegiatan bersama secara offline,” katanya.
    Hadir dalam penandatanganan naskah kerjasama Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Arifin Gultom, M. Hum, WR II, Dr Akrim MPd, Ketua LKUI, dr Eka Airlangga, SpA dan dekanat se UMSU. Dari UiTM hadir, Dr Noor Marini Abdullah (Dekan Fakultas Akuntansi dan Assoc. Prof. Dr. Maheran Zakaria (Project Direktor of MoA Signing Ceremony).



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.