5 Efek Negatif Bermain Handphone Terlalu Lama - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

bela novelia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Maret 2021

Selasa, 30 Maret 2021 17:59 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 5 Efek Negatif Bermain Handphone Terlalu Lama


    Dibaca : 430 kali

    Pada era modern seperti saat ini handphone  sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia. Pesatnya kemajuan dari teknologi informasi dan komunikasi ini membuat handphone semakin diminati. Namun, meningkatnya penggunaan  handphone juga menimbulkan kekhawatiran pada kesehatan manusia.

    Sel-sel tubuh yang terlalu lama terkena paparan radiasi dari layar handphone menyebabkan efek buruk pada kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah:

    1. Gangguan Tidur

    Gangguan yang dapat membuat seseorang susah tertidur salah satunya disebabkan oleh sinar biru yang dihasilkan oleh handphone. Dimana ketika kita bermain handphone efek radiasi tersebut dapat membuat hormon Melatonin berkurang. Hormon Melatonin sendiri merupakan zat alami di dalam tubuh yang mengatur siklus tubuh kita.

    2. Gangguan pada penglihatan

    Paparan radiasi yang di sebabkan oleh handphone sangat berbahaya untuk kesehatan mata. Paparan radiasi berupa sinar biru membuat retina mata menjadi tegang, sehingga mata akan cepat terasa lelah. Bahkan rentan mengalami myopia atau rabun jauh.

    3. Texting Thumb

    Dalam menggunakan handphone kita akan membutuhkan gerakan tangan untuk mengetik yang akhirnya akan memberikan suatu tekanan pada otot kecil kita. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri bahkan sampai peradangan. Kondisi ini disebut tendonitis, peradangan tersebut terjadi dimana tendon pada ibu jari membengkok dan melentur.

    4. Risiko Depresi

    Terlalu sering menggunakan handphone dapat berdampak buruk pada perkembangan psikologi seseorang. Karena apabila seseorang sudah menjadi kecanduan handphone, hal tersebut akan berpengaruh pada kemampuan berkomunikasinya sehingga mereka akan sulit untuk berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, akibat gangguan tidur yang dimiliki akhirnya mengakibatkan timbulnya rasa kecemasan bahkan hingga depresi.

    5. Kanker

    Sel tubuh yang terkena paparan gelombang elektromagnetik dapat mengalami kerusakan yang signifikan. Semua itu dikarenakan gelombang elektromagnetik akan membuat suatu proses pemanasan pada daerah-daerah yang terpapar langsung oleh gelombang elektromagnetik, sehingga radiasi yang terus mengenai sel di dalam tubuh kita dapat menyebabkan munculnya kanker. Oleh karena itu semakin sering seseorang menggunakan ponsel maka semakin membahayakan bagi tubuh kita.

    Itulah efek negatif jika kita terlalu lama bermain handphone. Mulai saat ini kita harus bijak dalam menggunakan handphone agar tidak sampai mengganggu kesehatan pada tubuh kita. Atau setidaknya ketika sudah merasa terlalu lama bermain handphone beristirahatlah sejenak dari melihat layar handphone.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.