Mengenal Lebih Dekat Rumah Adat Bali - Travel - www.indonesiana.id
x

Bale lantang di desa Tenganan, ciri khas dari desa Bali Aga yang tidak ditemukan di tempat lain di Bali, adalah sebuah balai memanjang di mana dewan desa membahas hal ihwal masyarakat. Wikipedia

Dezanda Dilan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 April 2021

Jumat, 2 April 2021 06:21 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Mengenal Lebih Dekat Rumah Adat Bali

    Yuk belajar mengenal lebih dekat rumah adat Bali. Sebagai warga Indonesia, sudah saatnya melek sejarah dan budaya.

    Dibaca : 1.263 kali

    Pulau Bali merupakan salah satu pulau paling populer di dunia dan bahkan mengalahkan kepopuleran negaranya sendiri. Selain memiliki berjuta jenis destinasi wisata, Bali juga terkenal dengan bangunan rumah adatnya yang unik penuh dengan arti. Gapura Candi Bentar adalah sebutan untuk rumah adat Bali yang memiliki ornamen dan ciri khas unik. Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.

    Ciri-Ciri Rumah Adat Gapura Candi Bentar

    Menurut avandaalvin, Rumah Adat Gapura Bentar Bali memiliki beberapa ciri, diantaranya sebagai berikut;

    Terdapat Gapura pada bagian depan
    Di Bali setiap rumah adat sudah sewajarnya memiliki Gapura. Setidaknya terdapat dua buah gapura di bagian depan yang dijadikan sebagai gerbang atau tempat masuk menuju ke dalam rumah. Setelah melewati gapura, biasanya terdapat Pura yang digunakan umat Hindu beribadah. Uniknya Pura ini memiliki pagar dan beberapa anak tangga yang saling terhubung.

    Memiliki bangunan-bangunan kecil
    Selain Pura, berbagai jenis patung juga menghiasi setiap rumah. Patung tersebut merupakan simbol yang digunakan dalam ritual. Pada bangunan atau patung tersebut biasanya terdapat dupa serta sesajen dengan wadah janur.

    Terdapat ornamen yang dipenuhi ukiran
    Salah satu ciri khas paling menarik dari rumah adat Bali yaitu ukiran-ukiran cantik yang beragam. Berbagai bentuk ukiran tersebut menghiasi setiap bangunan mulai dari gerbang depan, bangunan bagian depan hingga dalam rumah. Ukiran ini merupakan simbol keindahan dan untuk menyampaikan pesan.

    Bagian-Bagian Rumah Adat Gapura Candi Bentar

    Panginjeng Karang
    Beberapa rumah adat di Bali umumnya memiliki bangunan panginjeng karang. Bagian ini berfungsi sebagai tempat pemujaan terhadap roh-roh untuk menjaga rumah serta halaman atau pekarangan yang terdapat dalam rumah.

    Pamerajan atau Sanggah
    Pemerajan atau sanggah atau merajan adalah bagian rumah adat Bali paling suci yang letaknya di bagian timur laut. Hal ini disebabkan tempat tersebut berfungsi sebagai tempat berdoa dan beribadah pada Tuhan.

    Bale Adat
    Bagian berikutnya yaitu Bale adat atau bale gede yang letaknya di sisi timur dari pada rumah. Adapun fungsi bagian ini sebagai tempat untuk upacara ritual atau bisa juga sebagai tempat penyimpanan alat upacara. Oleh karena itu, tempat ini kerap disebut sebagai bale serbaguna.

    Bale Dauh
    Bagunan bale dauh umumnya digunakan sebagai untuk pertemuan anggota keluarga kecuali anggota tertua. Di dalam bangunan bale dauh terdapat tempat tidur khusus laki-laki serta teras yang dihiasi tanaman indah yang merambat.

    Bale Manten
    Tidak jauh berbeda dengan bale dauh, tempat ini juga biasa digunakan untuk tidur keluarga dan anak perempuan. Bale manten juga biasa digunakan sebagai kamar untuk pengantin baru bermalam.

    Paon
    Dalam bahasa Bali, paon berarti dapur. Seperti dapur pada umumnya, paon ini berfungsi sebagai tempat memasak dan menyimpan bahan makanan.

    Keunikan Rumah Adat Gapura Candi Bentar
    Setiap bangunan rumah adat Bali pada umumnya membangun atas beberapa konsep. Adapun konsep tersebut bernama Tri Hita Karana yaitu palemahan yang berarti hubungan baik, pawongan yang bermakna penghuni rumah serta parahyangan.

    Arsitektur bangunan yang dipenuhi ukiran mempunyai banyak makna. Selain itu, rumah suku Bali dibangun atas aturan Asta Kosala kosali.Secara umum dan keseluruhan bangunan rumah adat berbentuk persegi panjang yang dilengkapi bangunan kecil dan pura untuk beribadah. Adapun material yang digunakan biasanya berupa bebatuan, kayu, tanah liat dan batu bata.

    Demikianlah ulasan tentang Gapura Candi Bentar sebagai rumah adat Bali. keunikan bangunan rumah tersebut tidak hanya dari bentuk namun juga dari filosofi yang dibawanya.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.