Listriqu, Aplikasi yang Mudahkan Pelanggan Memperbaiki Kerusakan Instalasi Kelistrikan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Puji Handoko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 November 2020

Senin, 5 April 2021 11:17 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Listriqu, Aplikasi yang Mudahkan Pelanggan Memperbaiki Kerusakan Instalasi Kelistrikan

    Jika perbaikan itu dilakukan sembarang orang, akibatnya bisa berbahaya. Di sinilah Listriqu hadir sebagai solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Sebab penanganan kelistrikan memang harus dilakukan oleh ahlinya. Pelanggan yang mengalami gangguan instalasi rumah cukup melaporkan melalui aplikasi yang saat ini telah tersedia di Playstore. Laporan akan masuk ke dashboard Customer Care Listriqu, dan akan diteruskan ke petugas Listriqu yang bertugas di lapangan.

    Dibaca : 283 kali

    PLN terus berinovasi. Belum lama ini PLN memang telah membuat super app bernama New PLN Mobile yang memudahkan pelanggan. Tapi tidak berhenti di situ, sebelumnya PLN juga telah melakukan inovasi baru, yaitu membuat aplikasi bernama Listriqu. Melalui anak usahanya, yaitu PT Haleyora Power, PLN membuat aplikasi yang menjadi solusi dari gangguan instalasi listrik di rumah pelanggan. Inovasi semacam ini merupakan perwujudan dari salah satu program transformasi PLN, Customer Focused.

     

    Listriqu hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam pelayanan instalasi listrik dengan kualitas barang dan jasa yang baik, dengan harga yang terjangkau dan tingkat keamanan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Sudah sejak 2019 aplikasi ini membantu persoalan kelistrikan di tanah air. Baru saja, Nusa Tenggara Barat juga telah mencatatkan jejak serupa. 

     

    “NTB sudah menjadi inisiator implementasi Listriqu untuk unit PLN yang berada di luar Jawa Madura dan Bali. Ini pasti suatu kebanggaan tersendiri, apalagi untuk mewujudkan tidak mudah di tengah kondisi pandemi seperti saat ini,” kata Direktur Bisnis Regional Sulawei Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, Syamsul Huda, Jumat 2 April 2021

     

    Dengan adanya Listriqu di NTB, akan sangat memudahkan pelanggan dalam mengatasi gangguan instalasi listrik di rumah. Sebagaimana dipahami bersama, kewenangan PLN hanya sampai instalasi listrik sampai dengan kWh meter saja, tidak sampai ke instalasi di dalam rumah pelanggan. Maka selama ini pelanggan mengalami kesulitan ketika ditemukan gangguan di instalasi listrik rumah. Kebanyakan mereka tidak tahu harus menghubungi siapa.

     

    Jika perbaikan itu dilakukan sembarang orang, akibatnya bisa berbahaya. Di sinilah Listriqu hadir sebagai solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Sebab penanganan kelistrikan memang harus dilakukan oleh ahlinya. Pelanggan yang mengalami gangguan instalasi rumah cukup melaporkan melalui aplikasi yang saat ini telah tersedia di Playstore. Laporan akan masuk ke dashboard Customer Care Listriqu, dan akan diteruskan ke petugas Listriqu yang bertugas di lapangan.

     

    Setelah petugas Listriqu menerima Work Order, maka petugas akan langsung datang ke lokasi pelanggan untuk melakukan perbaikan. Apabila diperlukan, penggantian material juga dapat dilakukan langsung oleh petugas dengan terlebih dahulu menginformasian kepada pelanggan. Untuk menjaga transparansi, biaya tersebut juga akan muncul pada aplikasi Listriqu. Tidak ada peluang mark-up di sini. Setelah dilakukan pembayaran, maka petugas Listriqu akan segera melakukan perbaikan sesuai dengan rincian yang telah disepakati.

     

    Menurut data laporan gangguan yang masuk ke PLN melalui kanal pengaduan, sepanjang tahun 2020 terdapat 16.297 laporan, sebesar 12% dari laporan yang masuk dengan sumber gangguan pada instalasi listrik di rumah pelanggan. Potensi yang besar itu memang harus mendapatkan solusi yang tepat dan aman. Jangan sampai masyarakat menjadi korban.

     

    Aplikasi ini tentu akan sangat membantu pelanggan. Sebab jika harus memperbaiki sendiri, pelanggan harus menyuruh orang yang memang ahli dan masih pula harus mencari toko listrik dengan harga terjangkau. Namun dengan aplikasi ini, pelanggan akan mendapatkan petugas ahli dari PLN dan harga material dengan harga standar. Tentu pelanggan akan berhemat banyak dan mendapat solusi cepat dari persoalan yang dihadapinya.

     

    Di era serba cepat ini memang dibutuhkan pelayanan yang menjadikan konsumen sebagai raja. PLN telah memulai itu dengan New PLN Mobile, kemudian dikembangkan lagi untuk menjangkau seluruh persoalan kelistrikan pelanggan dengan Listriqu. Dengan demikian, sekarang ini pelanggan tidak perlu repot lagi. Jika gangguan berkenaan dengan instalasi rumah, ada Listriqu sebagai solusinya. Mereka tidak perlu ke mana-mana, cukup dengan menggunakan gadget dan persoalan akan dibereskan segera.

     

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.