Membentuk Karakter Anak dengan Cerita Fabel - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Pertemuan Kancil dan Gajah

khairul kamal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Maret 2021

4 hari lalu

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Membentuk Karakter Anak dengan Cerita Fabel

    Membentuk karakter anak bisa di bangun sedari kecil dengan media fabel, di dalam setiap cerita fabel selu terdapat nasehat positif yang bisa di tularkan ke si kecil

    Dibaca : 154 kali

    Cerita fabel akan selalu dipenuhi dengan berbagai alur unik di setiap cerita. Ada beberapa macam cerita fabel namun ada satu hewan yang kerap sekali muncul di dalam berbagai kisah yaitu si kancil.

    Tokoh kancil dalam cerita fabel selalu saja berhasil dalam mengajarkan banyak nilai moral positif untuk si kecil.

    Walaupun si kancil ini berbadan kecil namun kancil merupakan hewan yang sangat cerdik.

    Kancil juga selalu berhasil dalam mengatasi masalah dengan memanfaatkan kepintarannya dan juga kecerdikannya. Selain tokoh kancil ada tokoh lainnya yaitu gajah.

    Gajah ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan kancil karena gajah memiliki tubuh yang besar namun tidak sepintar dan juga tidak secerdik kancil.

    Berikut dua cerita gajah dan kancil yang terselip nasehat di dalamnya. Anda bisa mendongengkanya kepada si kecil di waktu senggang

     

    Cerita Kancil dan Gajah

    Di Pagi Hari Kancil Berjalan-Jalan Dan Langit Pun Tiba-Tiba Mendung

     Di pagi hari terdapat kancil yang sedang asik berjalan-jalan di dalam hutan, sesekali kancil berhenti untuk memakan rumput hijau yang ia lewati.

    Kancil merupakan binatang yang terkenal dengan lincah dan gesit nya sehingga kancil dapat bergerak dengan cepat.

    Ketika sedang berjalan jalan di hutan, langit tiba-tiba berubah menjadi mendung gelap yang disertai dengan adanya angin kencang serta kilatan dari halilintar sehingga membuat suasana menjadi mencekam.

    Di suasana ini kancil pun bergegas untuk berlari dengan kencang, melompati semak, batu atau ranting pohon yang menghalangi jalannya pun tidak masalah karena kancil sangat gesit sekali.

    Namun tidak disangka ketika kancil melompati sebuah ranting pohon yang melintang kancil terporosok jatuh ke dalam sebuah lubang dalam.

     

    Kancil Terjatuh dan Kebetulan Ada Gajah Yang Lewat Dan Melihat Si Kancil

    Setelah kancil terjatuh dalam lubang kancil tersadar jika ini merupakan sebuah jebakan yang dibuat oleh para pemburu.

    Dengan keadaan yang sedang dialaminya ini untung saja kancil tidak kehabisan akal, dengan susah payah kancil berusaha keluar dari lubang namun sayangnya si kancil masih belum berhasil juga.

    Lubang tersebut terasa terlalu dalam bagi kancil yang memiliki tubuh kecil. Berbagai cara telah kancil lakukan untuk keluar dari lubang tersebut namun belum membuahkan hasil.

    Akhirnya kancil pun merasa menyerah. Ketika kancil sedang beristirahat tiba-tiba ada seekor gajah datang dan menengok ke dalam lubang yang di dalamnya ada si kancil.

    Gajah pun berkata dengan nada mengejak “wah kasian sekali kamu kancil, padahal kamu kan terkenal memiliki banyak akal dan juga pandai menghindar saat ini sedang tidak berdaya di dalam lubang jebakan. Hahaha…”

     

    Ide Cerdik Kancil Dapat Menggelabui Gajah

    Kancil sangat geram mendengar ejekan dari si gajah, namun tidak lama kancil pun memiliki ide untuk membalas tingkah si gajah tersebut.

    Kancil berkata “siapa bilang aku terjebak disini?” gajah membalas “kamu masih berkelit ya, sudah jelas jelas kamu ini terjebal di dalam lubang dan tidak dapat keluar kan?

    Kasian sekali kamu cil” disinilah kancil memiliki ide dan berkata kepada gajah lagi “gajah, sebenarnya yang harus dikasihani itu kamu bukan aku” gajah menjawab “kasihan kepada ku?

    Kenapa? Aku baik-baik saja” kancil pun menjawab “sebenarnya ini kabar rahasia dan hanya hewan terpilih saja yang mengetahuinya.

    Sebenarnya hari ini langit akan runtuh, jika kamu ingin selamat juga cepatlah kamu masuk ke lubang ini bersamaku, karena lubangnya masih cukup untuk kita berdua”.

    Tanpa fikir panjang gajah pun langsung turun ke dalam lubang bersama dengan kancil. Setelah itu kancil pun naik ke punggung gajah agar dapat keluar dengan alasan agar dapat memantau keadaan diatas apa langit akan jadi runtuh atau tidak, gajah pun mengiyakan ucapan kancil. Kancil pun keluar dari lubang dan gajah masih tetap berada di dalam lubang tersebut.

     

    Pesan Moral dari Cerita Kancil dan Gajah

    Nasehat atu pesan dari fabel ini ialah untuk selalu menggunakan akal, terlebih bila sedang ada masalah.  Dengan mengatasi masalah menggunakan kecerdasan dapat membuat masalah menjadi tidak terasa begitu berat.

    Mendongengkan cerita ini kepada anak – anak sama dengan menasehatinya secara halus dan menyenangkan, karena anak anak selalu senang mendengarkan cerita.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.