Tak Perlu Takut, Setiap Orang Memiliki Kecerdasan Berbeda-beda - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Fidya Rizky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Februari 2021

Senin, 26 April 2021 06:42 WIB

  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Tak Perlu Takut, Setiap Orang Memiliki Kecerdasan Berbeda-beda

    Berdasar penelitian teori kecerdasan majemuk, disebutkan ada 9 tipe kecerdasan berbeda-beda. Hal ini menjadikan setiap orang memiliki kemampuan berbeda-beda. jadi tidak perlu mengkhawatirkan anak anda jika tidak unggul dalam mate-matika, misalnya. Ia pasti memiliki kecerdasan di bidang lain. Lalu benarkah kexerdasan itu merupakan warisan genetik?

    Dibaca : 316 kali

    Setiap orang memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Seseorang dapat dikatakan cerdas tidak hanya dalam bidang akademik saja, atau yang pada umumnya berhubungan dengan kemampuan untuk berhitung dan juga logika. Seorang tokoh pendidikan dan juga psikologi bernama Gardner melakukan beberapa penelitian dalam teori kecerdasan majemuk, ia mengemukakan 9 tipe kecerdasan yang berbeda-beda. Dengan adanya tipe kecerdasan yang berbeda-beda menjadikan setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda setiap jenisnya.

    1. Kecerdasan Visual dan Spasial

    Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan untuk melihat, mengenali dunia secara lebih akurat dan juga dapat menggambarkan dunia tersebut kedalam bentuk-bentuk yang diinginkan. Seseorang yang memiliki tipe kecerdasan seperti ini mempunyai kemampuan yang baik dalam menghitung jarak, volume, pola dan detail lain dari sebuah benda. Kecerdasan seperti ini biasanya dimiliki oleh seorang pelukis, pematung dan yang lainnya.

    1. Kecerdasan Musikal

    Seseorang yang memiliki kecerdasan ini, ia dapat membedakan dan juga mengenali dengan baik terhadap suatu bunyi atau suara. Mereka yang memiliki tipe kecerdasan ini biasanya akan lebih peka terhadap nada, melodi atau bunyi lainnya yang berirama. Tipe kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh seseorang yang bekerja sebagai komposer, dirigen, pemusik atau bidang lainnya yang berhubungan dengan musik.

    1. Kecerdasan Eksistensial

    Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan untuk memahami dan mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat membantu seseorang untuk bisa mengolah dan mencari berbagai alasan tentang banyak yang didalam kehidupan. Tipe kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh para psikolog.

    1. Kecerdasan Naturalis

    Seseorang yang memiliki kecerdasan ini mempunyai kemampuan untuk memahami dengan baik tentang lingkungan sekitarnya, terutama yang berkaitan dengan keberadaan dan juga kebutuhan makhluk hidup lain yang terdapat dialam sekitar. Tipe kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh seseorang yang ahli dalam bidang biologi dan pecinta flora dan fauna.

    1. Kecerdasan Logika Matematika

    Tipe kecerdasan ini yang biasanya paling sering kita temui dilingkungan kita. Kemampuan matematika dan logika seseorang sering menjadi tolak ukur kecerdasan seseorang. Tipe kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh seorang akuntan, ahli mesin dan yang lainnya.

    1. Kecerdasan Kinestik Jasmani

    Seseorang yang memiliki kecerdasan ini ia akan dengan baik untuk menyelaraskan antara kinerja otak dengan tubuhnya. Kecerdasan ini dapat membantu seseorang untuk lebih lihai dan terampil dalam menggunakan alat atau objek lain yang familiar dengan kesehariannya. Tipe kecerdasan ini biasa dimiliki oleh seorang penari, pengrajin, atlet dan yang lainnya.

    1. Kecerdasan Interpersonal

    Seseorang yang dapat memahami kebutuhan serta perasaan orang lain yang berada disekitarnya ia termasuk kedalam kecerdasan interpersonal. Kemampuan ia yang seperti itu akan lebih mudah membantu seseorang untuk bisa memiliki sebuah kehidupan sosial yang lebih sehat dan terarah. Tipe kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh seorang yang bekerja dibidang sosial, pelayanan masyarakat dan yang lain.

    1. Kecerdasan Intrapersonal

    Dalam tipe kecerdasan ini seseorang akan paham dan mengerti dengan baik tentang kebutuhan dan juga hal-hal lain yang diinginkan oleh dirinya sendiri ataupun orang yang berada disekitarnya. Hal ini dapat membantu seseorang untuk bisa sukses dan memahami hal yang penting dalam kehidupannya. Tipe kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh seorang motivator.

    1. Kecerdasan Linguistik

    Seseorang yang memiliki tipe kecerdasan ini ia akan lebih mudah dalam berkomunikasi, karena ia memiliki keterampilan dalam memilih dan menata setiap kata yang akan ia gunakan dalam berkomukasi. Selain itu juga ia akan memahami dengan baik metode apa yang harus ia gunakan ketika berkomukasi dengan orang disekitarnya. Tipe kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh seseorang yang bekerja dibidang media, pembicara bahkan seorang penulis.

    ---------

    Banyak orang yang mengatakan bahwa anak yang cerdas lahir dari ibu yang cerdas. Pada faktanya itu hanyalah sebuah mitos. Karena kecerdasan anak bukan sebuah warisan gen atau keturunan dari orang tuanya.

    Namun bisa jadi kecerdasan itu disebabkan oleh faktor genetik yang dibawa oleh seorang ibu tetapi tidak sepenuhnya berasal dari gen. Mengapa demikian? Karena faktor terbesar itu dipengaruhi oleh kromosom X yang berasal dari seorang ibu. Jika ada orang tua yang tidak berpendidikan tinggi, seorang anak memiliki peluang besar untuk tumbuh cerdas jika orang tuanya dapat mendidik ia lebih baik.

    Kecerdasan tidak hanya dari faktor genetik saja, pemberian stimulasi yang baik sejak anak dikandungan, pemberian asupan gizi yang cukup dan tepat, rangsangan dari luar, pemberian mainan yang edukatif serta kegiatan yang dapat menunjang perkembangan otak kanan dan kiri anak juga sangat berpengaruh dalam kecerdasannya.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.