5 Tips SEO Blogger untuk Pemula agar Situs Menjadi Lebih User Friendly - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Luter

Jasa Seo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2021

Senin, 26 April 2021 12:56 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  •  5 Tips SEO Blogger untuk Pemula agar Situs Menjadi Lebih User Friendly


    Dibaca : 216 kali

     

    Kini, banyak bisnis beralih ke sistem digital dengan memakai website. Tidak sampai di situ saja, pengguna blogspot juga semakin banyak. Hal ini karena blog juga memberikan penghasilan tersendiri dan seringkali seorang blogger menjadikan blognya ladang penghasilan sampingan. Tapi, punya blog saja tidak cukup apabila tidak mengetahui trik-nya.

    Hal ini karena algoritma Google selalu berubah tanpa disadari oleh pemilik blog. Meskipun, Blogspot bagian dari Google, namun persaingan ranking satu halaman pertama Google tidaklah mudah. Maka dari itu, Anda perlu melakukan tips SEO untuk blog agar lebih banyak page views. Selain itu, konten harus sesuai dengan kebutuhan pembaca.

    Tips SEO Blogger untuk Pemula Agar Situsnya User Friendly

    Sebagai seorang blogger Anda perlu mengetahui apa itu SEO? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Maksudnya, SEO adalah suatu cara yang dipakai oleh para pemilik website maupun blog agar kontennya terindeks di halaman satu Google.

    Tentunya, banyak keuntungan bisa didapatkan ketika tulisan berada di ranking halaman pertama Google, salah satunya menjaring pelanggan maupun pembaca tertarget menuju laman situs. Berikut beberapa trik maupun tips SEO blogger untuk blog:

    ⦁ Pastikan Judul dan URL Situs Mengandung KeywordPenggunaan kata kunci sangat penting di dalam SEO. Usahakan memilih kata kunci yang sering dicari oleh pembaca. Kata kunci adalah target kata banyak dicari melalui Google Search atau mesin pencarian lain.


    Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan penempatan keyword tepat pada konten. Anda bisa menempatkannya di url dan judul. Selain itu, usahakan tulisan mengandung keyword sesuai target.


    ⦁ Memperhatikan Penggunaan Keyword secara Detail pada Konten Kedalaman kata kunci atau lebih tepatnya keyword density merupakan banyaknya kata kunci tersebar di dalam sebuah tulisan. Usahakan tidak terlalu berlebihan dalam pemakaian keyword maupun sebaliknya.


    Menurut para pakar SEO baik blogspot maupun wordpress paling baik adalah memiliki nilai density lebih dari 0,15% tapi tidak lebih dari 3%. Anda tidak perlu bingung dengan pengukuran keyword density dalam sebuah postingan.

    Berikut perhitungannya: Keyword Density= Banyaknya Keyword Muncul pada Postingan/Jumlah Kata keseluruhan konten*100%Apabila masih bingung, misalkan pembuatan sebuah konten dengan memiliki jumlah 600 kata, sedangkan kata kunci tersebar sekitar 6 kali. Maka nilai keyword density berkisar 1%.


    ⦁ Jangan Lupa Memberikan Ilustrasi Gambar pada TulisanTips SEO Blogger untuk pemula adalah jangan lupa untuk memberikan ilustrasi atau gambar yang berhubungan dengan konten. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan gambar dalam postingan. Tata caranya dengan memakai alt tag pada image berisi keyword yang diinginkan.


    Selain itu, Anda perlu memperhatikan kredibilitas pemakaian gambar. Hal ini karena tersebar berbagai gambar berhak cipta maupun berbayar. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan apakah gambar yang diambil memiliki lisensi resmi atau free. Hal tersebut dilakukan agar tidak menimbulkan masalah ketika gambar diposting.


    ⦁ Jangan Lupa Menghubungkan Link Menuju Postingan Internal dan ExternalSelain memperhatikan beberapa tips di atas agar SEO blogger yang diterapkan mendapatkan ranking halaman pertama Google adalah menghubungkan internal dan external link. Memasukkan internal link dalam blog ke dalam postingan dapat membuat konten semakin bagus. Namun, jangan asal-asalan dalam menempatkan internal link.


    Anda wajib ingat bahwa memasukkan link ke dalam post sendiri harus memiliki konten bersesuaian dengan isi tulisan yang dibuat. Tidak hanya itu, Anda dapat membuat satu link menuju blog lain. Sedangkan, external link yang disarankan untuk dipakai adalah nofollow.


    ⦁ Berikan Kolom Komentar di Setiap KontenSetiap konten inginkan usahakan memuat kolom komentar di blogspot. Selain itu, Anda dapat membuat kolom komentar pada blog dengan cara dimoderasi. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari spam dari seseorang yang dianggap kurang bertanggung jawab. 


    Meskipun, terlihat agak ribet karena harus login dan melihat dashboard secara terus-menerus. Hal tersebut lebih baik dibandingkan blog terkena dampak komen spam. Setelah Anda melakukan setting kolom komentar menjadi kolom nofollow. 


    Hal ini bisa dilakukan agar Google tidak mengindex komentar spam mungkin terjadi. Pilihan lainnya adalah memakai Google plus sebagai pilihan komentar.Itulah beberapa tips seo blogger yang bisa Anda lakukan agar blog  baru dapat terindeks pada halaman pertama Google. Namun, usahakan konten yang dibuat benar-benar menjawab masalah pelanggan maupun pembaca. Hal ini menunjukkan bahwa tulisan postingan halaman pertama berkualitas seperti website seomedia anda bisa melihat nya di link berikut https://seomedia.co.id.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.