Cara Menghargai Apa yang Anda Miliki - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: ACR

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 29 April 2021 07:03 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Menghargai Apa yang Anda Miliki

    Jika selalu mencari hal terbaik berikutnya, Anda tidak dapat menghargai yang ada di depan Anda. Kadang, apa yang diinginkan hanya berjarak satu klik, tetapi Anda larut dalam tekanan kehidupan sehari-hari. Anda sulit melihat bahwa semua momen kegembiraan dapat ditemukan di setiap keadaan. Berikut tip tentang cara memaksimalkan apa yang Anda miliki saat ini.

    Dibaca : 406 kali

    Jika Anda selalu mencari hal terbaik berikutnya, Anda tidak dapat menghargai apa yang ada di depan Anda.

    Di dunia di mana apa pun yang Anda inginkan sering kali hanya berjarak satu klik dan Anda mendapati diri Anda terbawa tekanan kehidupan sehari-hari, Anda berhenti melihat semua momen kegembiraan yang dapat ditemukan di setiap momen.

    Memiliki dan melakukan lebih banyak tidak akan membantu Anda menemukan kepuasan. Dengan berhubungan kembali dengan diri Anda sendiri, Anda akan menemukan bahwa Anda sudah memiliki semua yang Anda butuhkan di sekitar Anda untuk menjadi bahagia… jika Anda baru saja belajar menghargainya.

    Baca terus untuk mengetahui beberapa tip tentang cara memaksimalkan apa yang Anda miliki saat ini.

    1. Mulailah membuat jurnal rasa syukur.

    Meluangkan waktu untuk menuliskan segala sesuatunya memberi Anda kesempatan untuk memproses pikiran dan emosi Anda.

    Memulai jurnal rasa syukur akan membantu Anda membentuk kebiasaan menyisihkan waktu setiap hari untuk memikirkan hal-hal yang Anda hargai.

    Anda tidak perlu banyak menulis, mungkin hanya tiga pemikiran. Namun memikirkan kembali untuk menemukan momen indah di hari Anda, bahkan jika Anda tidak menyadarinya saat itu, akan menunjukkan kepada Anda bahwa kita selalu dikelilingi oleh hal-hal yang patut disyukuri.

    Menuliskan pikiran Anda berarti Anda dapat mengunjunginya kembali jika Anda membutuhkan dorongan suasana hati. Anda akan dapat melihat bahwa, bahkan di hari-hari terburuk Anda, ada hal-hal yang dapat membuat Anda bahagia.

    Anda akan segera menemukan diri Anda memasuki setiap hari baru dengan sikap yang lebih positif dan menghargai dan mulai secara aktif memperhatikan lebih banyak hal di sekitar Anda untuk disyukuri.

    2. Relawan.

    Menjadi sukarelawan untuk membantu mereka yang membutuhkan akan segera mengembalikan perspektif jika Anda merasa kehilangan milik Anda.

    Melihat bagaimana orang tetap bersikap positif dalam menghadapi kesulitan akan membuat Anda menyadari betapa Anda sangat menghargai semua yang Anda miliki.

    Sungguh pengalaman yang merendahkan hati melihat kerja keras para pekerja amal dan komitmen mereka untuk membantu orang lain sambil tidak meminta imbalan apa pun. Anda dapat melihat bahwa yang benar-benar penting dalam hidup bukanlah hal-hal materi, tetapi interaksi manusia, kasih sayang dan dukungan.

    Ini bukan hanya tentang membantu mereka yang membutuhkan; jenis relawan apa pun bisa menjadi kesempatan untuk menggunakan apa yang Anda miliki dengan cara yang positif untuk memberi kembali, apakah itu menyumbangkan waktu, keterampilan, atau harta Anda.

    Ini akan membuat Anda menyadari betapa Anda menerima begitu saja dan membantu Anda menilai kembali apa yang sebenarnya Anda butuhkan dalam hidup untuk menjadi bahagia.

    3. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain.

    Membandingkan diri Anda dengan orang lain tidak akan membuat hidup Anda lebih baik. Faktanya, dengan membandingkan diri Anda dengan orang lain, Anda hanya memikirkan tentang apa yang tidak Anda miliki daripada semua yang Anda lakukan.

    Anda memiliki kemampuan untuk membuat pilihan dan membentuk masa depan Anda menjadi apa pun yang Anda inginkan jika Anda hanya berfokus pada hal itu.

    Membandingkan diri Anda dengan orang lain hanya membuang-buang waktu dan energi Anda yang berharga. Bersyukur atas pikiran, perasaan, dan keterampilan Anda sendiri, dan salurkan energi Anda untuk mengembangkannya.

    Tidak ada yang pernah sesempurna kelihatannya, jadi hargai karunia dari kemampuan unik Anda sendiri dan lihat seberapa jauh mereka dapat membawa Anda dalam hidup Anda daripada terjebak dalam kehidupan orang lain.

    4. Manfaatkan sebaik-baiknya apa yang sudah Anda miliki.

    Apakah Anda pernah memeriksa lemari pakaian Anda dan menemukan pakaian yang benar-benar Anda lupakan?

    Terkadang kita tidak perlu pergi dan membeli sesuatu yang baru; kita hanya perlu mengenal kembali apa yang sudah kita miliki.

    Kunjungi kembali buku lama di rak yang sudah bertahun-tahun tidak Anda baca, atau coba kenakan pakaian di bagian belakang laci Anda. Gali bola sepak dan raket tenis dari garasi atau album foto lama dari loteng.

    Seringkali, kita memiliki semua yang kita butuhkan dan lebih banyak lagi untuk menghibur diri kita sendiri; kita hanya lupa memanfaatkannya semaksimal mungkin.

    Upcycling adalah cara lain untuk membuat sesuatu yang terasa baru dari barang-barang yang sudah Anda miliki.

    Baik itu pakaian atau sesuatu untuk rumah, Anda akan sangat menghargai hasil akhirnya karena merasa puas membuatnya sendiri daripada membelinya.

    Anda tidak perlu lebih untuk bahagia, Anda hanya perlu melihat potensi dari segala sesuatu yang ada tepat di depan Anda.

    5. Bayangkan hidup tanpa.

    Kita tidak pernah sepenuhnya menghargai sesuatu sampai itu hilang. Anda tidak pernah berpikir tentang ketel atau saklar lampu sampai air menjadi dingin atau listrik mati.

    Jika Anda merasa tidak puas, cobalah melihat sesuatu yang Anda anggap remeh dan bayangkan hidup tanpanya.

    Uji diri Anda sesekali dengan pergi tanpa sesuatu yang menjadi bagian dari keseharian Anda dan Anda akan segera menyadari betapa banyak hal yang tidak kita hargai sebanyak yang seharusnya.

    Ini akan menunjukkan kepada Anda apa yang benar-benar Anda rindukan dan apa yang benar-benar penting bagi Anda. Anda akan menyadari betapa Anda sangat menghargai hal-hal kecil dalam hidup yang membuat setiap hari lebih mudah dan cerah.

    6. Kurangi waktu di media sosial.

    Menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial bisa menjadi cara tercepat untuk membuat Anda merasa tidak puas dengan apa yang Anda miliki.

    Jika setiap pos menampilkan seseorang yang sedang bersenang-senang, sedang liburan, atau berpose dengan sesuatu yang mahal, itu hanya menyoroti semua yang tidak Anda lakukan atau tidak miliki.

    Media sosial bukanlah kehidupan nyata. Kita tidak hanya mengacu pada pengeditan dan filter yang membuat postingan ini terlihat ratusan kali lebih baik daripada yang sebenarnya.

    Kiriman di media sosial adalah gambaran singkat tentang waktu. Untuk beberapa detik yang dibutuhkan untuk memposting, semuanya mungkin tampak sempurna, tetapi kita tidak tahu tentang realitas situasinya.

    Media sosial hanya menangkap apa yang seseorang ingin Anda lihat dan Anda tidak tahu seberapa banyak 'gambar sempurna' ini benar-benar dipentaskan.

    Tekanan untuk memproyeksikan citra yang sempurna ini dapat menghentikan Anda dari mengalami kehidupan apa adanya. Terseret ke dalam kekhawatiran tentang mendapatkan sudut atau filter yang tepat dan menghasilkan teks yang sempurna dapat membuat Anda berhenti menghargai pengalaman nyata di depan Anda saat Anda menjalani hidup melalui layar ponsel Anda.

    Media sosial mendorong Anda untuk peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain dan agar Anda menilai orang lain. Anda akan menemukan kehidupan yang jauh lebih memuaskan jika Anda menerimanya dengan perhatian penuh dan menghargai setiap menit dalam waktu nyata.

    7. Pilih beberapa afirmasi harian yang positif.

    Suasana hati kita di pagi hari berdampak besar pada perasaan kita sepanjang hari. Kita tidak selalu dapat mengendalikan cara kita bangun, tetapi kita dapat memperkenalkan teknik untuk menempatkan kita dalam kerangka berpikir positif ke depan.

    Memilih beberapa afirmasi harian untuk diucapkan kepada diri sendiri segera setelah Anda bangun bisa menjadi cara yang sederhana namun efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dan memulai hari Anda dengan sikap yang lebih ramah dan bersyukur.

    Itu bisa jadi bersifat pribadi bagi Anda, tetapi cobalah memilih mantra untuk diulangi sendiri saat Anda bangun yang akan membantu memusatkan pikiran Anda pada apa yang penting.

    Apa pun yang Anda pilih untuk dikatakan, pastikan itu adalah sesuatu yang beresonansi dan memenuhi Anda dengan rasa kegembiraan dan kedamaian yang dapat Anda bawa ke dalam hari.

    Memulai hari dengan baik akan membantu Anda melakukan aktivitas dengan rasa syukur dan lebih menghargai apa pun yang ditawarkan hari Anda.

    8. Praktekkan perawatan diri.

    Jadikanlah kebiasaan untuk memanjakan diri Anda dengan cara yang sederhana.

    Buatlah teh di mug favorit Anda, baca buku, olahraga, manjakan diri dengan masker wajah - apa pun yang Anda sukai, jadikan itu bagian dari rutinitas Anda.

    Saat Anda berjuang untuk mengikuti langkah kehidupan yang sibuk, mudah untuk melupakan betapa Anda sangat menghargai waktu di mana Anda tidak perlu khawatir atau memikirkan hal lain.

    Menghabiskan waktu untuk diri sendiri bukanlah hal yang egois, penting untuk membantu Anda meletakkan segala sesuatu ke dalam perspektif jika Anda merasa tersesat dalam ekspektasi kehidupan sehari-hari.

    Biasakan untuk menunjukkan cinta pada diri sendiri. Hargai pikiran dan tubuh Anda dan kegembiraan karena hidup.

    9. Tetap hadir secara mental.

    Jika Anda selalu memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya, Anda kehilangan semua yang terjadi pada saat itu.

    Anda mungkin mengkhawatirkan hari esok daripada menikmati makanan lezat yang dimasak pasangan Anda. Anda bisa sangat bersemangat untuk liburan yang akan datang sehingga Anda tidak menyadari betapa indahnya hari itu di luar.

    Anda tidak hanya merindukan kegembiraan pada saat-saat yang Anda miliki di depan Anda ketika Anda begitu disibukkan dengan hal-hal lain, Anda akhirnya berharap hidup Anda menjauh dengan hanya berfokus pada apa yang ada di depan.

    Memeriksa diri sendiri untuk melihat apakah Anda hadir secara mental adalah cara yang baik untuk terhubung kembali dengan momen dan mengingatkan diri Anda untuk lebih menghargai semua yang Anda miliki saat ini.

    10. Katakan pada seseorang bahwa Anda mencintainya.

    Meluangkan waktu untuk menjangkau teman atau keluarga bisa menjadi pengalaman yang merendahkan hati dan perlu.

    Luangkan waktu untuk benar-benar memikirkan betapa orang itu berarti bagi Anda dan Anda akan menyadari betapa bersyukurnya Anda karena Anda memilikinya dan betapa kosongnya hidup jika dia tidak ada di sana.

    Manfaatkan kesempatan ini untuk mengembalikan sebagian cinta dan kegembiraan yang telah orang-orang berikan kepada Anda dengan memberi tahu mereka betapa mereka berarti bagi Anda.

    Berbagi cinta dengan orang yang Anda sayangi adalah hadiah terbesar yang bisa kita tawarkan. Hanya memperhatikan seseorang untuk mengetahui keadaannya dapat membuat perbedaan terbesar untuk hari mereka.

    Kita menerima begitu saja orang-orang yang kita cintai karena mereka selalu ada, tetapi inilah orang-orang yang harus kita syukuri. Anda tidak akan menjadi diri sendiri tanpa mereka.

    Ada begitu banyak kegembiraan yang bisa ditemukan di sekitar kita jika kita meluangkan waktu untuk mengenalinya.

    Kita tidak perlu membeli lebih banyak atau meraih lebih banyak untuk membuat kita bahagia, tidak jika kita menyadari bahwa kita sudah memiliki semua yang kita butuhkan untuk merasa puas.

    Saat Anda mulai membuka mata dan menghargai dunia di sekitar Anda, Anda tidak akan pernah kehabisan hal untuk disyukuri.

    Ini adalah perubahan sikap sederhana yang dapat mengubah sisa hidup Anda.

    ***
    Solo, Rabu, 28 April 2021. 8:01 am
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.