Peluang Budidaya Ayam Joper - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Hendrik Official27

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 April 2021

Senin, 3 Mei 2021 06:47 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Peluang Budidaya Ayam Joper


    Dibaca : 207 kali

    Bagi sebagian orang memelihara ayam adalah hal yang biasa, namun jika di kerjakan secara sungguh 
    sungguh dapat menghasilkan keuntungan bagi peternaknya. Kebanyakan masyarakat di sekitar wilayah saya hanya memelihara ayam kampung biasa, yang butuh waktu lama untuk bisa di panen.
    Hal ini tentu membosankan bukan ? Ya, ya, ya, pada kesempatan ini saya akan berbagi cerita dan
    pengalaman saya kepada sobat semua, tentang beternak ayam joper yang mempuyai waktu pemeliharaan yang singakat dan harga jual yang tinggi. Pasti udah ndak sabarkan semuanya, apa sih itu ayam joper ?

    Oke gaess langsung aja kita bahas, ya! Ayam joper merupakan kepanjangan dari kata Jowo dan Super (Sudang disilangkan). Ayam ini merupakan keturunan dari hasil persilangan antara pejantan ayam kampung dengan betina petelur coklat dengan tujuan untuk produksi daging. Sejak 1990, ayam joper mulai dilirik pelaku bisnis dan mulai diterima sebagai pengganti ayam kampung. Tuh kan gaes sudah lama banget loh munculnya tapi loe baru dengar sekarang. ya?

    Hehehe, lanjut ya.

    Ayam joper muncul karena permintaan pasar akan daging ayam kampung meningkat. Dalam persilangan ini, digunakan tetua jantan ayam kampung dengan tetua betina ayam petelur karena diharapkan keturunannya mempunyai sifat ayam kampung yaitu postur tubuh, warna bulu, panjang dan warna cakar serta rasa juga tekstur daging ayam seperti ayam kampung. Di jamin ndak kalah ya sob, malahan masih enekan ini karena dagingnya lebih tebal.

    Di samping itu, ayam joper mempunyai beberapa potensi, antara lain umur panen hanya 60 hari,
    sementara ayam biasa mencapai 120 hari. Kebutuhan pakan sekitar 2,4 kg untuk 1 kg berat hidup sementara ayam kampung biasa 3,4 kg pakan setiap 1 kg berat hidup.

    Nah, itu, yam gaes bisa kita lihat tuh perandingan yang cukup jauh antara si joper dan ayam kampung biasa, oleh sebab itu jangan ragu ya sobat untuk memulai bisnismu dengan beternak ayam joper karena beternaknya sangat mudah, dan mempunyai masa panen yang cepat sehingga dapat mengahasilkan pendapatan tambahan buat sobat sekalian.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.