Taman Bacaan di Kaki Gunung Salak Rutin Gelar Pengajian Bulanan Yatim dan Jompo Binaan, Kok Bisa? - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 4 Mei 2021 06:53 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Taman Bacaan di Kaki Gunung Salak Rutin Gelar Pengajian Bulanan Yatim dan Jompo Binaan, Kok Bisa?

    Selain tempat membaca, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak rutin gelar pengajian yatim dan jompo binaan. Apa manfaat sedekah?

    Dibaca : 228 kali

    Tegas dikatakan Nabi Muhammad SAW, "Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian. Tapi DIA melihat hati dan amal kalian". 

     

    Berbekal spirit itulah TBM Lentera Pustaka, selain menjadi tempat membaca 170 anak-anak pembaca aktif usia sekolah, tempat belajar baca tulis 10 ibu buta aksara GErakan BERantas BUta aksaRA (GEBERBURA), dan 21 anak KElas PRAsekolahh (KEPRA). Pun selama ini, TBM Lentera Pustaka menyantuni 16 anak-anak YAtim BInaan (YABI) yang sekaligus pembaca aktif di taman bacaan dan 7 JOMpo BInaan (JOMBI). 

    Di bulan suci Ramadhan kali ini, seperti biasa TBM Lentera Pustaka pun menggelar "Pengajian Bulanan" bersama 16 YAtim BInaan dan 7 JOMpo BInaan pada Minggu, 25 April 2021. Dipimpin langsung oleh Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka, pengajian ini dilakukan dengan membacakan surat alfatihah kepada kakek-nenek, orang tua mereka baik yang masih ada maupun yang telah meninggal dunia. Alfatihah dan doa pun dilantunkan kepada orang-orang baik yang menitipkan sedekah untul anak-anak yatim binaan, di samping doa untuk saudara-saudara para pihak yang sedang sakit agar disembuhkan, termasuk bila sedang mengalami kesulitan jadi dimudahkan Allah SWT.

    Setelah tahlil dan pembacaan doa, Pendiri TBM Lentera Pustaka pun memberikan sedekah atau santunan kepada 16 anak-anak yatim binaan dan 87 jompo binaan. Termasuk 3 anak yatim yang mendapat beasiswa secara rutin setiap bulan. Anak-anak yatim binaan dan jompo binaan merupakan warga di sekitar TBM Lentera Pusraka yang memang patut dibantu. Agar ada seuntai senyum untuk mereka, apalagi jelang hari raya Idul Fitri 1442H.

    Pengajian yatim binaan dan jompo binaan secara rutin dilakukan setiap bulan. Selain sebagai bentuk kepedulian sosial, pengajian ini digelar untuk menyalurkan sedekah dari Pendiri TBM Lentera Pustaka dan rekan-rekannya yang menitipkan untuk disalurkan. Karena TBM Lentera Pustaka menyadari sedekah merupakan salah satu perbuatan yang sangat dianjurkan. Dari kaum yang mampu kepada yang tidak mampu. Tidak jadi soal, mau dilakukan secara terang-terangan atau sembunyi. Asal sedekah itu dilakukan, bukan hanya diniatkan apalagi diomongkan. 

     

    Dan patut diketahui, sedekah tentu tidak harus berupa uang atau harta benda. Tapi sedekah bisa bersifat nonmaterial, seperti berbuat baik, menolong orang lain dengan nasihat baik, mengajarkan membaca anak-anak atau senyum sekalipun. Apalagi di bulan suci Ramadhan.

    Karena sedekah, sejatinya bukan hanya dapat meringankan beban bagi yang menerimanya. Namun sedekah pun bermanfaat bagi yang memberinya. Adalah janji Allah SWT untuk memudahkan dan memuliakan orang-orang yang bersedekah, di samping ganjaran yang luar biasa. 

    Setidaknya, ada beberapa keutamaan sedekan, antara lain:

    1. Mencegah dari kematian yang buruk.

    2. Memudahkan urusan orang bersedekah.

    3. Melipatgandakan pahala.

    4. Mendapat ganti dari Allah SWT.

    5. Menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan.

    Karena itu, TBM Lentera Pustaka selalu mentradisikan pengajian bulanan bersama yatim binaan dan jompo binaan. Selain meringankan beban mereka, pengajian ini juga sebagai sarana memberi perhatian kepada anak-anak yatim dan jompo binaan. Ngonrol ringan sambil bercengkrama lalu menikmati hindangan apapunyag tersedia di atas tikar.

    Sungguh, sedekah itu untuk kebaikan diri sendiri. Maka ubah niat baik jadi aksi nyata. #PengajianBulanan #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #NgabubuREAD #YatimBinaan #JompoBinaan



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.