Efektif Tingkatkan Penjualan, Ini Cara Promosikan Produk Kosmetik Lewat Instagram - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: techiexpert.com

renny ambar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Februari 2021

Senin, 3 Mei 2021 19:44 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Efektif Tingkatkan Penjualan, Ini Cara Promosikan Produk Kosmetik Lewat Instagram

    Instagram kini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digemari dan dipakai oleh masyarakat. Ini menjadikannya sebagai sarana yang ideal untuk mempromosikan bisnis kosmetik yang kamu jalani. Untuk itu, simak tipsnya berikut ini!

    Dibaca : 275 kali

    Sosial media kini bisa dibilang menjadi salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Penggunanya pun beragam, dari kalangan anak muda hingga orang tua.

    Hal inilah yang kemudian menjadikan media sosial sebagai lahan pemasaran yang cukup menjanjikan. Salah jenis media sosial populer yang bisa kamu gunakan sebagai sarana promosi produk kosmetik yang kamu inginkan adalah Instagram.

    Terlebih, bagi konten yang menonjolkan visual seperti kosmetik dan industri kecantikan lainnya, Instagram sangat mendukung hal tersebut. Hal ini pulalah yang akhirnya membuat tingkat engagement bisnis kosmetikmu lebih tinggi dibandingkan ketika memasarkannya di media sosial lainnya.

    Dilansir dari Oberlo, pada Juni 2018, tercatat bahwa Instagram memiliki pengguna aktif lebih dari 1 milyar pengguna, yang sudah dipastikan bakalan terus meningkat dari tahun ke tahun. Ini juga yang menjadikan Instagram sebagai salah satu media sosial yang sangat populer dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

    Kamu pasti penasaran, kan, gimana cara efektif untuk memasarkan produk kosmetik lewat Instagram? Well, cek tipsnya di bawah ini ya!

    Lengkapi BIO Instagram

    Satu langkah sederhana yang perlu kamu lakukan untuk membuat akun Instagram-mu menarik adalah dengan melengkapi BIO dengan informasi bisnis yang jelas.

    Hal ini penting untuk menumbuhkan kepercayaan dari audiens ketika mereka akan meninjau akun Instagram bisnismu. Ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk memaksimalkan BIO Instagram milikmu biar terlihat lebih terpercaya.

    1. Gunakan Username yang Sebenarnya, dalam hal ini pakailah username atau nama akun sesuai dengan brand kosmetikmu atau nama perusahaan / toko kosmetik yang kamu jalankan. Usahakan namanya juga mudah diingat, gampang ditemukan, dan tidak identik dengan nama brand lain.
    2. Gunakan kata kunci yang berkaitan dengan bisnismu.
    3. Menggunakan foto profil terbaik, kamu juga bisa pakai logo dari toko / perusahaan / brand kosmetik milikmu.
    4. Pakai deskripsi lengkap, boleh dengan motto atau konsep bisnismu.
    5. Lengkapi juga dengan informasi lokasi kantor (jika ada), contact person, dan sebagainya.
    6. Jangan lupa dengan kalimat call to action dan tambahkan link tree atau website bisnismu.

    Tentukan Tema Feeds Instagram

    Kalau kamu perhatikan, akun-akun Instagram dari brand-brand besar pasti selalu memiliki tema dan karakteristik tersendiri. Yang akan membuat audience-nya betah lama-lama scroll akun tersebut, baik karena feeds-nya yang rapi, pun karena informasinya yang bermanfaat.

    Nah, kamu bisa meniru langkah yang sama dan memodifikasinya sesuai dengan bidang bisnis yang tengah kamu tekuni saat ini. Kalau di industri kosmetik, kamu bisa memberikan informasi dan tip-tip mengenai kecantikan, review produk skincare, dan lain sebagainya.

    Namun, saat menyajikan informasi ini, kamu juga enggak bisa sembarangan mempostingnya di Instagram. Melainkan pakai tema yang sesuai dan konsisten sejak postingan awal, misalnya menggunakan warna-warna domain tertentu, font tulisan tertentu, dan ilustrasi yang mendukung.

    Hal-hal tersebutlah yang akan membentuk ciri khas dari akun Instagram bisnis kosmetik yang kamu kelola. Sehingga audiens pun akan jadi tertarik dan tidak bosa mengikuti aktivitas dari akun Instagram milikmu.

    Unggah Konten Secara Konsisten

    Kalau sudah terbentuk konsep dan perencanaan konten Instagram, kamu bisa menjadwalkan mengunggah konten secara rutin dan konsisten. Enggak perlu, setiap hari juga, yang penting teratur dan terjadwal dengan baik.

    Cara ini bisa membuat akun-mu terlihat lebih hidup dan lebih mudah menjangkau audiens yang diinginkan, sehingga memungkinkan adanya kenaikan followers atau audiens yang melihat-lihat akun Instagram milikmu. Hal ini pun akan memungkinkan terjadinya interaksi antara kamu dan calon konsumen, yang bisa menggiring ke arah penjualan langsung dari followers juga.

    Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa memperhitungkan waktu yang tepat untuk menaikkan konten-konten yang sudah dibuat. Misalnya dengan mencari tahu, kapankah waktu terbanyak orang-orang menghabiskan waktunya di Instagram.

    Sematkan Hashtag pada Tiap Postingan

    Hashtag dalam postingan instagram menjadi sama krusialnya dengan keyword pada artikel website. Sebab, hashtag akan memudahkan seseorang untuk menemukan unggahan, akun, atau bahkan informasi-informasi tertentu di Instagram milikmu.

    Dengan begitu, menyematkan hashtag bisa membuat postinganmu sampai di target konsumen atau audiens yang kamu inginkan. Meski begitu, jangan gunakan hashtag terlalu banyak, melainkan secukupnya saja. Ini untuk menghindari spam dan membuat kontenmu jadi kurang fokus. Pilih saja hashtag yang paling relevan dan sesuai dengan bisnis atau unggahanmu.

    Bangun Interaksi dengan Akun Sejenis

    Akun sejenis yang kita bicarakan ini bukan saingan bisnis kita, lho. Melainkan akun-akun yang memiliki konsep atau tema yang hampir serupa dengan akun bisnis yang kamu jalankan. Misalnya, pada bisnis kecantikan, maka kamu bisa mengikuti akun-akun beauty influencer atau yang khusus berisikan informasi kecantikan.

    Setelah itu, kamu bisa melakukan soft selling dengan meninggalkan komentar pada setiap postingan di akun relasi tersebut. Namun, enggak perlu selalu tentang mempromosikan jualanmu atau bisnismu. Cukup berikan komentar yang menyenangkan atau menambahkan feedback sesuai konten tersebut.

    Give Away? Boleh Juga!

    Kamu pasti enggak asing dengan give away? Yap, event ini kerap diadakan oleh para selebgram, hingga akun penjualan-penjualan yang ada di Instagram.

    Sebenarnya, strategi ini cukup menarik dan efektif. Sebab, sistemnya yang mengharuskan audiens untuk menyukai, berkomentar, menandai teman-temannya di kolom komentar, hingga membagikan postingan yang dimaksudkan di IG story bisa memberikan kenaikan followers dan enggagement akun Instagram.

    Nah, kamu juga bisa mengadopsi cara serupa. Namun, jangan lupa manfaatkan event atau acara tertentu yang menarik, sehingga bisa membuat orang-orang mau dan bergabung dalam give away yang kamu adakan.

    Bagikan Tanggapan dari Konsumen

    Ketika melakukan transaksi secara online, tak bisa dipungkiri bahwa rasa khawatir akan adanya penipuan atau ketidaksesuaian produk dengan ekspektasi pasti ada pada tiap konsumen. Untuk itu, sangat penting bagimu untuk membuat mereka merasa aman dan percaya, salah satunya dengan membagikan tanggapan dari konsumen yang telah berhasil melakukan transaksinya bersamamu.

    Agar tidak merusak feeds yang susah-susah kamu tata dengan rapi, kamu bisa menyelipkan tanggapan konsumen ini di Instastory. Setelah itu, rangkum jadi satu pada highlight dengan judul yang serupa.

    Endorsement dan Paid Promote

    Kedua jenis teknik pemasaran ini juga sangat umum dilakukan ketika ingin mempromosikan jualan di Instargam. Pada teknik endorsement, promosi dilakukan dengan memberikan produk kepada influencer untuk dipromosikan di akun pribadi mereka. Barang atau produk ini dimaksudkan adalah pengganti uang cash untuk membayar jasa mereka. Sementara paid promote menggunakan pembayaran dengan uang cash.

    Sebagai catatan, pemilihan influencer yang diajak bekerja sama pun enggak boleh sembarangan. Kamu harus memilih sesuai dengan target market, jenis bisnis yang kamu jalankan, dan sebagainya.

    Lewat Instagram Ads

    Nah, langkah terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk lewar Instagram adalah menggunakan Insta Ads. Yang merupakan platform iklan resmi di Instagram, kamu bisa membuat berbagai konten promosi di platform satu ini.

    Nah, itu adalah berbagai cara untuk mempromosikan bisnis kosmetik milikmu lewat Instagram. Sudah waktunya bagimu untuk mencoba cara promosi yang lebih efektif dan mengikuti dengan tren yang sekarang ada.

    Instagram memberikan banyak kesempatan dan kemungkinan untukmu mempromosikan bisnis kosmetikmu dengan lebih maksimal. Untuk itu, jangan sia-siakan kesempatan ini dan segera mulai promosikan bisnismu sesuai dengan tips di atas!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.