Pulihkan Iklim Cuaca, Indonesia Punya Banyak SDA Berpotensi - Analisa - www.indonesiana.id
x

sumber gambar: istimewa

Chika Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Selasa, 4 Mei 2021 06:41 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Pulihkan Iklim Cuaca, Indonesia Punya Banyak SDA Berpotensi

    Iklim cuaca di dunia telah berubah. Saatnya menyelamatkan tempat tinggal kita, Indonesia kita! Selain sumber daya nikel, ternyata Indonesia memiliki banyak sumber daya alam (SDA) yang berpotensi sebagai energi baru. Siapakah saja mereka?

    Dibaca : 175 kali

    Tuhan dapat berkehendak sesuai dengan kemauan-Nya, tidak ada manusia yang bisa menghalangi-Nya. Tuhan Maha Baik, Dia tidak akan main-main dalam memberikan nikmat untuk hamba-Nya. Tuhan memberikan harta karun untuk Indonesia berupa kekayaan sumber daya alam.

    Apa yang membuat kita kaya akan sumber daya? Jawabannya adalah karena Tanag Air terletak di daerah tropis dan dikelilingi oleh cincin api (ring of fire). 

    Sumber daya nikel salah satunya yang sedang menjadi topik utama yang tengah rama diperbincangkan di Indonesia. Pemerintah hingga pengusaha nikel memang tengah memaksimalkan pemanfaatan mineral ini, karena dampaknya untuk kehidupan dan ekonomi negeri yang bisa dibilang tinggi.

    Bukan hanya nikel, ternyata masih banyak sumber daya alam (SDA) di Indonesia yang belum dimaksimalkan pemanfaatannya, bahkan potensinya sangat besar! Ingin tahu apa saja harta karun yang diberikan oleh Sang Pencipta kepada kita? 

    Pada Senin (8/3/2021) lalu dalam acara webinar Future Energy Tech & Innovation Forum yang diselenggarakan oleh Katadata, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif menyampaikan potensi energi baru terbarukan (EBT) berasal dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung yakni sebesar 28.197,6 megawatt (MW) atau 28 gigawatt (GW). Kedua adalah matahari. Potensi matahari yang Indonesia miliki jumlahnya mencapai 207,8 GW. Ketiga yakni datang dari potensi panas bumi di Indonesia yakni sebesar 23.965,5 MW atau 24 GW. 

    Keempat adalah bayu. Nama lain dari angin ini memiliki potensi mencapai 60,6 GW. Pemanfaatan energi angin di Indonesia hingga kini sebesar 154,3 MG. Lanjut ke harta karun berikutnya yaitu bioenergi. Di Indonesia, potensi energi ini mencapai 32,6 GW. Sementara untuk pemanfaatan bioenergi baru 1.895,7 MW saja. Setelah bioenergi terdapat air. Potensi air Indonesia mencapai 75 GW. Belum sepenuhnya dimanfaatkan, saat ini pemanfaatan air hanya 6.078,4 MW. Dan yang terakhir, Indonesia kaya akan laut, potensinya saja mencapai 17,9 GW. Dengan jumlah sebanyak itu, sayangnya belum pernah digunakan atau dimanfaatkan. 

    Apabila ditotalkan, potensi energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia jumlahnya mencapai 417 GW! Hingga tahun 2020, realisasi dalam memanfaatkan potensi EBT ini sudah tercapai 11,5 persen. Di mana pemerintah memiliki target pada tahun 2025 mendatang pemanfaatannya mencapai 23 persen. 

    Iklim cuaca di dunia sudah berubah, hal ini diakibatkan penggunaan bahan bakar fosil dengan jumlah yang besar. Lantas, bagaimana cara agar lingkungan yang sudah tercemar ini bisa terselamatkan? Dengan inilah, dengan EBT dunia bisa berubah. 

    Oleh karenanya, Indonesia tidak boleh diam saja. Harus menyusun strategi besar agar dapat berpindah ke energi baru terbarukan. Akan tetapi perlu diingat, perjalanan menuju hal tersebut tidaklah instan. Banyak usaha dan pengorbanan. Siapkah kamu untuk menyambut energi baru terbarukan ini? 



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.