Seringkali Jadi Momok Calon Taruna, Ini Dia Rangkaian Tes Kesamaptaan AKMIL dan Tip Menghadapinya - Analisis - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Rabu, 5 Mei 2021 12:54 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Seringkali Jadi Momok Calon Taruna, Ini Dia Rangkaian Tes Kesamaptaan AKMIL dan Tip Menghadapinya

    Bagi yang penasaran dengan rangkaian tes kesamaptaan AKMIL dan mungkin juga sedang mencari tahu apa saja persiapan yang cocok untuk dilakukan, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

    Dibaca : 1.120 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bagi calon Taruna yang sudah mendaftarkan dirinya ke AKMIL, wajib hukumnya mempersiapkan segala sesuatunya baik itu mempersiapkan tes SKD, tes psikologi, tes mental ideologi dan tak terkecuali tes kesamaptaan karena untuk lolos pendaftaran dan menjadi seorang taruna, calon taruna harus lolos semua tes yang ada.

     

    Dari seluruh tes yang ada, salah satu tes yang selalu dianggap menjadi momok bagi calon taruna adalah tes kesamaptaan. Aebenarnya apa itu sih tes kesamaptaan dan apa saja yang diujikan dalam tes kesamaptaan tersebut?

     

    Nah, pada kali ini saya akan membagikan rangkaian tes yang diujikan dalam tes kesamaptaan AKMIL dan bagaimana cara mempersiapkannya. Bagi yang penasaran dengan rangkaian tes kesamaptaan AKMIL dan mungkin juga sedang mencari tahu apa saja persiapan yang cocok untuk dilakukan, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

     

    Rincian Rangkaian Tes Kesamaptaan AKMIL

    Dalam Rangkaian Tes kesamaptaan AKMIL total ada 7 tes yang diujikan yaitu lari, push up, sit up, pull up/chinning, shuttle run, lunges, tes renang. Bagaimana rincian masing-masing tesnya? Silahkan simak di bawah ini.

     

    1. Tes Lari

    Tes lari pada tes kesamaptaan AKMIL biasanya dilakukan di stadion, untuk bisa lolos tes lari calon taruna laki-laki diharuskan untuk lari sejauh minimal 7 putaran dalam waktu 12 menit sedangkan calon taruna perempuan diharuskan untuk lari sejauh 5 kali putaran dalam waktu 12 menit, satu putaran biasanya berjarak sekitar 400m sehingga jika dihitung maka jarak minimal yang harus ditempuh oleh calon taruna laki-laki dan perempuan dalam waktu 12 menit adalah sekitar 2800m dan 2000m.

     

    2. Tes Push Up

    Dalam tes push up calon taruna diberi waktu 1 menit dan diharuskan untuk melakukan minimal 35 push up bagi calon taruna laki-laki dan minimal 30 bagi calon taruna perempuan, adapun posisi push up yang dilakukan oleh calon taruna laki-laki dan perempuan berbeda dimana calon taruna laki-laki push up seperti biasa sementara calon taruna perempuan push up dengan tumpuan lutut.

     

    Untuk catatan, gerakan push up yang dilakukan harus merupakan gerakan push up yang sempurna, jika tidak maka gerakan akan tidak dihitung dan hanya akan membuang-buang tenaga saja.

     

    3. Tes Sit Up

    Untuk tes sit up dalam rangkaian tes kesamaptaan AKMIL ini tidak ada perbedaan yang signifikan pada standar yang ditetapkan untuk calon taruna laki-laki dan perempuan, perbedaan yang ada hanyalah jumlah minimal sit up yang harus dilakukan dalam waktu 1 menit dimana calon taruna laki-laki minimal 35 sedangkan calon taruna perempuan minimal 30.

     

     

    4. Tes Pull Up/Chinning Up

    Pada segmen tes kesamaptaan yang satu ini calon taruna laki-laki akan di tes melakukan pull up sedangkan calon taruna perempuan akan di tes melakukan chinning up. Jumlah minimal pull up yang harus dilakukan oleh calon taruna laki-laki dalam waktu 1 menit adalah 10 kali, kemudian untuk jumlah minimal chinning up yang harus dilakukan oleh calon taruna perempuan dalam waktu 1 menit adalah 40.

     

    5. Tes Shuttle Run Angka 8

    Pada tes shuttle run membentuk angka 8 akan ada 2 palang yang antar masing-masing palang berjarak sekitar 10 meter, disini calon taruna diharuskan melakukan shuttle run dengan secepat mungkin, upayakan 6 detik per putaran shuttle run.

     

     

    6. Tes Lunges

    Lunges merupakan gerakan dimana satu kaki berada didepan dengan lutut ditekuk dan telapak kaki datar sedangkan kaki satunya lagi berada dibelakang dengan telapak kaki ditekuk.

     

    Pada tes lunges calon taruna diharuskan untuk melakukan lunges minimal sebanyak 45 kali dalam waktu 1 menit, disini penting untuk melakukan gerakan lunges yang benar karena gerakan lunges yang salah akan tidak dihitung.

     

    7. Tes Renang

    Tes renang yang ada pada tes kesamaptaan AKMIL biasanya menggunakan gaya katak, untuk jarak renang yang harus ditempuh sendiri biasanya adalah sejauh 25 meter, pada tes renang ini biasanya tidak ada waktu durasi tes, sehingga yang terpenting disini adalah renang menempuh jarak 25 meter dengan gaya katak.

     

    Tip dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Tes Kesamaptaan

    Sebelum masuk ke AKMIL dan menjalani pendidikan selama 4 tahun lalu kemudian lulus dan menjadi seorang prajurit TNI AD berpangkat Letda atau letnan dua yang mana jika diurutkan dari pangkat TNI AD dari terendah sampai tertinggi merupakan pangkat terendah dalam golongan Perwira, calon taruna harus menjalani serangkaian tes yang ada termasuk tes kesamaptaan.

     

    Seperti yang saya katakan sebelumnya, seringkali tes kesamaptaan seringkali menjadi momok bagi calon taruna karena tes fisik yang dilakukan bisa dibilang cukup berat, khususnya bagi calon taruna yang aslinya memang jarang olahraga, oleh karena itu untuk lolos dari tes kesamaptaan calon taruna wajib hukumnya untuk mempersiapkan fisik sebaik mungkin.

     

    Soal mempersiapkan diri, sebenarnya apa saja sih persiapan yang sebaiknya dilakukan oleh calon taruna untuk bisa menghadapi dengan baik serangkaian tes kesamaptaan yang ada?

     

    Sebenarnya ada banyak persiapan yang calon taruna harus lakukan, namun untuk mempersingkatnya saya rangkum saja dalam beberapa tips dibawah ini.

     

    1. Siapkan dan Perkuat Mental

    Sebelum masuk ke latihan fisik, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan dan memperkuat mental, hal ini penting sebab dengan mental yang kuat Anda akan mampu melalui setiap latihan yang ada dengan rutin dan semangat.

     

    2. Mencari Tahu Mengenai Latihan yang Tepat Untuk Melalui Masing-Masing Tes Kesamaptaan yang Ada

    Sebelum terjun latihan sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apa saja jenis latihan yang sebaiknya Anda lakukan untuk melalui masing-masing tes kesamaptaan yang ada.

     

    Dengan mencari tahu jenis latihan yang tepat untuk masing-masing tesnya, latihan yang Anda lakukan akan menjadi effisien dan lebih cepat membuahkan hasil.

     

    3. Jadwalkan Latihan

    Setelah tahu apa saja jenis latihan yang tepat untuk masing-masing tesnya, hal selanjutnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah membuat jadwal latihan untuk semua jenis latihan yang sudah Anda kumpulkan, dalam membuat jadwal latihan jangan lupa untuk memberikan libur latihan kardio setidaknya satu hari dalam seminggu.

     

    4. Eksekusi Jadwal yang Ada dan Tetap Konsisten

    Setelah membuat jadwal yang ada maka langkah terakhir adalah mengeksekusinya dan tetap konsisten, jangan berhenti ditengah jalan atau berhenti ketika sudah merasa cukup, percayalah usaha tidak akan mengkhianati hasil.

     

    Penutup

    Demikian pembahasan saya mengenai rangkaian tes kesamaptaan AKMIL dan tips mempersiapkan diri dalam menghadapinya, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi Anda yang akan menghadapi tes masuk AKMIL. 

     

    Terimakasih atas waktu yang telah Anda luangkan untuk membaca tulisan ini, sekian dan sampai jumpa di tulisan-tulisan saya berikutnya.

    Ikuti tulisan menarik Anas Muzaki lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.