x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 5 Mei 2021 13:00 WIB

Simak, Langkah Mudah Menikmati Saham-saham IPO untuk Investor Newbie

Saham-saham IPO (Initial Public Offering) banyak diburu investor institusi sampai ritel

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saham-saham IPO (Initial Public Offering) banyak diburu investor institusi sampai ritel. Ada daya tarik istimewa untuk saham-saham IPO, seperti lonjakan di awal melantai di Pasar Modal Indonesa.

Karena harganya sangat menarik saat di awal-awal maka tak heran banyak investor retail dan institusi yang memburunya. Kenaikan harganya memang tidak tanggung-tanggung, yakni melonjak tinggi hingga terkena auto reject batas atas (ARA).

Kendati saham-saham IPO memiliki daya tarik tersendiri, faktanya untuk bisa mendapatkan saham-saham IPO itu tak semudah yang dibayangkan karena persaiangannya yang ketat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, agar kepemilikan saham-saham IPO merata dan tidak hanya dikuasai orang-orang atau institusi tertentu, efektif 10 Agustus 2020 lalu Bursa Efek Indonesia (BEI) mengenalkan sistem penawaran umum elektronik atau electronic Indonesia Public Offering (e-IPO).

Dengan sistem yang baru yakni e-IPO maka penjatahannya akan lebih merata atau adil. Siapa pun kini bisa menikmati saham-saham di pasar perdana dengan mudah dengan melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengunjungi website e-ipo.co.id dan klik menu register.

Setelah itu investor tinggal memasukkan e-mail dan pilih jenis investor, lalu isi data diri, klik Send dan I agree. Selanjutnya akan muncul registration detail, klik register.

Selanjutnya, investor wajib mengeklik authentication link yang dikirimkan ke e-mail investor yang terdaftar, masukkan kode OTP, lalu buat password.

Saat investor sudah bisa login maka wajib memilih sekuritas sebagai partisipan dengan masukkan nomor SID. Sebagai contoh untuk investor IPOT maka tinggal memilih PT Indo Premier Sekuritas dan memasukkan nomor SIDnya.

Nah, setelah mendapatkan Verified SRE Number dari Indo Premier maka sobat IPOT sudah bisa ikut e-IPO.

Lantas bagaimana cara melakukan pemesanan dengan e-IPO? Sobat IPOT cukup login kembali ke website e-ipo.co.id, pilih saham yang diinginkan, lalu klik more info, klik Place Order, isi e-form pemesanan, lalu klik Send, masukkan kode OTP dan akhirnya menunggu allotment (penjatahan) dan distribusi.

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler