x

Server sekolah banyak digunakan seiring revolusi industri 4.0 sekolah online. (Source: Adobe Stock Images)

Iklan

Ash Aura

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 April 2021

Kamis, 6 Mei 2021 06:15 WIB

4 Tips Terbaik dalam Memilih Server Untuk Sekolah

Berikut adalah 4 tips tentang bagaimana Anda dapat memilih server sekolah terbaik yang memang Anda butuhkan. Simak lengkapnya di bawah!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tak dapat dipungkiri dengan semakin berkembangnya zaman dan juga terkait dampak pandemi Covid-19, membuat semua orang harus beradaptasi dengan arus dunia digital, salah satunya adalah sekolah. Membangun server sekolah menjadi hal penting saat ini untuk menunjang digitalisasi di dunia pendidikan. 

Terdapat berbagai macam alasan mengapa Anda mungkin perlu memilah server sekolah terbaik yang akan Anda gunakan. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan sekolah Anda, server lama Anda mungkin mulai tertinggal di belakang level yang seharusnya diperlukan, atau Anda mungkin hanya ingin membangun solusi server yang lebih terintegrasi.

Memilih server memang bukan perkara mudah. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal untuk membuat prosesnya  selancar mungkin. Berikut adalah 4 tips tentang bagaimana Anda dapat memilih server sekolah terbaik yang memang Anda butuhkan. Simak lengkapnya di bawah!

Pertimbangkan Penyimpanan Internal Apa yang Anda Butuhkan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal yang harus Anda ingat ketika memilih infrastruktur server sekolah Anda adalah penyimpanan internal yang akan disimpan oleh server. Anda akan menemukan bahwa server memiliki kapasitas penyimpanan internal yang berbeda, mulai dari dua hard drive internal hingga server yang sama sekali tidak memiliki penyimpanan internal.

Perlu dicatat pula jika ini tidak sesederhana memiliki penyimpanan atau tanpa penyimpanan. Sistem yang ada di pasar saat ini mencakup mulai dari SSD, 3D Xpoint, SAS, NVMe, NL-SAS, hingga SATA. Jenis-jenis penyimpanan tersebut mungkin tampak hanya seperti serangkaian singkatan, namun perbedaan antara sistem ini benar-benar dapat membuat dampak yang signifikan.

Saat Anda hendak membeli server untuk sekolah yang nantinya akan digunakan pula bagi keperluan seperti server UNBK online, server aplikasi sekolah, hingga sistem PPDB dan e-learning, patut untuk mempertimbangkan fitur apa yang sekolah Anda perlukan di masa mendatang. Karena akan sangat disayangkan jika spesifikasi server untuk sekolah Anda tidak bisa cocok dalam beberapa tahun ke depan yang membutuhkan teknologi yang lebih modern dan kapabilitas tinggi.

Memanfaatkan Komponen Perangkat Keras Tambahan

Ada sejumlah alasan mengapa server mungkin mengalami downtime (waktu henti) atau malfungsi. Salah satu solusi terbaik adalah memasang perangkat keras server tambahan untuk bertindak sebagai pengaman dari kegagalan server tersebut.

Perangkat keras tambahan ini dipasang sebagai semacam cadangan. Set tambahan ini adalah komponen penting dari perangkat keras Anda yang mungkin tidak bekerja atau juga saat terjadi kegagalan dengan komponen inti Anda.

Sebaiknya pikirkan setiap kemungkinan jika sekolah Anda berurusan dengan data penting, misalnya; jika server Anda memiliki dua catu daya, ketika salah satu gagal, masih ada satu yang berjalan sehingga semuanya tidak offline. Tips lainnya adalah pastikan Anda menyediakan penyimpanan cadangan, yang akan digunakan jika terjadi kegagalan yang parah. 

Ini adalah beberapa hal sederhana yang seharusnya dapat sekolah Anda lakukan dari sekarang demi memastikan bahwa server Anda berjalan lancar kedepannya.

Pilih Sistem Operasi yang Dibutuhkan

Perlu dicatat jika kebanyakan penyedia hosting server bisa saja menawarkan dukungan yang berbeda mulai dari driver Windows hingga Linux. Agar Anda tak salah pilih, mencari tahu dengan pasti spesifikasi server untuk sekolah yang dibutuhkan dan jenis dukungan sistem operasi yang dimiliki oleh server tersebut tentu akan membantu Anda kedepannya.

Anda juga bisa mencari tahu terkait ini melalui internet ataupun pada teknisi penyedia layanan hosting yang Anda minati.

Server Sekolah Bagi Pertumbuhan di Masa Depan

Saat membeli server untuk sekolah, salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan adalah apakah server tersebut memungkinkan sekolah Anda untuk tumbuh di masa depan. Setiap sekolah tentu memiliki persyaratan dan kebutuhan berbeda.

Banyak organisasi cenderung menilai apa kebutuhan yang mereka perlukan pada saat ini, daripada menganalisis kebutuhan apa yang mungkin dimiliki dalam dua atau tiga tahun ke depan. Walaupun semua kebutuhan orang berbeda, alangkah lebih baik jika Anda bersiap-siap untuk beberapa tahun mendatang, daripada harus memperbarui server hingga dua atau tiga kali dalam rentang waktu berdekatan. 

Anda pun bisa mengajukan pertanyaan seperti; berapa banyak orang yang akan mengakses jaringan tersebut untuk sekarang dan di masa mendatang, bagaimana ruang penyimpanan yang tersedia, apakah daya pemrosesan cukup baik untuk menampung banyaknya siswa dan staf, hingga perangkat apa saja yang sekolah Anda butuhkan pada sistem dalam beberapa tahun ke depan. 

Jika Anda meluangkan waktu dalam menganalisis beberapa poin tersebut saat memutuskan kebutuhan spesifikasi server untuk sekolah, Anda tidak akan terjebak dalam situasi yang berpotensi merugikan di masa mendatang.

 

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa tips terbaik dalam memilih server untuk sekolah. Baik Anda memilih server internal khusus atau solusi berbasis cloud, hal terbesar yang perlu Anda ingat adalah - bersiaplah juga untuk masa depan. 

Anda mungkin menemukan harga server untuk sekolah yang bagus pada server yang memenuhi kebutuhan Anda sekarang tetapi server tersebut tidak dapat mengatasi kebutuhan yang akan datang, ataupun penawaran menggiurkan pada layanan cloud yang memberi Anda apa yang Anda butuhkan sekarang tetapi akan menambah tagihan biaya Anda secara berlebihan saat Anda membutuhkannya; jelas berbagai pilihan yang ada dapat membawa pengaruh yang besar sehingga pastikan Anda memilih server sekolah terbaik bagi keberlangsungan digitalisasi sekolah Anda.

Ikuti tulisan menarik Ash Aura lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB