x

Iklan

Adrian S.

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Mei 2021

Kamis, 6 Mei 2021 10:08 WIB

8 Makanan Sehat Penambah Imun Tubuh Rekomendasi Dokter

berikut ini 8 makanan sehat penambah kekebalan tubuh rekomendasi dokter yang dapat Anda konsumsi. Mulai dari wortel yang banyak mengandung beta-karoten, hingga paprika yang mengandung vitamin C. Kanduangan vitamin C dalam paprika bahkan jauh lebih tinggi dari jeruk.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sampai sekarang pandemi virus Corona masih melanda dunia dan pemerintah terus menerus menghimbau masyarakat agar sering mencuci tangan, memakai penutup wajah saat berada di sekitar orang lain, dan menjaga jarak ketika sedang berinteraksi.

Di samping itu tubuh kita memiliki sistem pertahanannya sendiri, yang disebut sistem kekebalan tubuh. Dan menurut para dokter ada makanan tertentu yang dapat menambah imun tubuh sehingga bisa melawan virus Corona.

Berikut adalah makanan sehat penambah kekebalan tubuh rekomendasi dokter yang dapat Anda konsumsi, agar kondisi anda prima selama pandemi.

1. Wortel

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut penelitian, wortel mengandung beta-karoten yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan. Warna oranye yang terdapat di sayuran ini desebabkan oleh beta-karoten. Para dokter merekomendasikan untuk meminum jus wortel. Karena mengolah wortel menjadi jus mendapatkan lebih banyak beta-karoten dibandingan memakannya secara langsung.

Ditambah lagi jus wortel juga tinggi akan vitamin C dan vitamin B6 yang mana sangat krusial untuk mengoptimalkan respon imun.

2. Kubis

Kubis adalah sayuran hijau yang mengandung beberapa jenis antioksidan flanovoid yang kaya akan vitamin A dan C.  Secara khusus, sudah ada penelitian yang menemukan bahwa nutrisi yang terdapat pada kubis dapat membantu sel-sel kekebalan utama berfungsi dengan baik.

3. Nanas

Buah nanas adalah pilihan yang tepat untuk membantu imun tubuh meningkatkan pertahanannya terhadap serangan penyakit karena memiliki konsentrasi vitamin C yang tinggi. Berdasarkan riset yang dikemukakan oleh AFC SOP Indonesia dan menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, 1 cangkir potongan nanas segar mengandung kurang lebih 79 miligram vitamin C.

Selain itu enzim bromelain yang terdapat pada buah nanas paling bermanfaat untuk menginkatkan kekebalan sekaligus mengurangi peradangan.

4. Ikan Salmon

Menurut Dr. Favini, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin D memiliki peran penting dalam memodulasi cara sistem kekebalan merespon virus Corona. Ikan Salmon kaya akan vitamin D. Bahkan sekarang inipun terdapat produk Salmon Ovary Peptide yang merupakan superfood dan memiliki nutrisi kandungan Salmon dari Jepang yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Penelitian lain juga ada yang menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D berkaitan dengan peningkatan kerentanan infeksi, terutama infeksi saluran pernapasan.

5. Kaldu Tulang

Dr. Josh Axe, D.N.M., C.N.S, pendiri Ancient Nutrition dan penulis buku Ancient Remedies, mengatakan bahwa kaldu tulang meningkatkan sistem kekebalan dengan cara mendukung kesehatan usus dan mengurangi peradangan.

Akan tetapi dianjurkan untuk Anda membuatnya sendiri di rumah, tanpa menggunakan kaldu tulang kemasan yang banyak dijual di minimarket atau supermarket.

6. Jahe

Dr. Josh Axe, mengatakan bahwa jahe dapat membantu membersihkan sistem limfatik. Sehingga mendukung kemampuan tubuh untuk menghilangkan racun. Jahe juga memiliki sifat anti-oksidatif dan anti-inflamasi, berkat senyawa seperti shogaol, paradol, dan zingerone. 

Cara yang bagus untuk memanfaatkan jahe adalah meminum teh dengan akar jahe segar dan menambahkan madu dan jus lemon untuk efek antibakteri dan antivirus.

7. Bawang Putih

Dr. Favini memilih bawang putih menjadi salah satu pilihan makanan utama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena bawang putih memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antijamur yang dapat menghancurkan virus. Lebih hebatnya lagi, sayuran ini mengandung allicin, senyawa kuat yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Paprika

Tahukah Anda bahwa buah paprika mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk? Satu cangkir paprikan memiliki 152 miligram vitamin C sedangkan 1 cangkir jeruk hanya mengandung 96 miligram vitamin C.

Tidak hanya itu, warna kuning, oranye, dan merah dari buah paprika mengandung beta-karoten, yang membantu meningkatkan kesehatan sistem kekebalan dengan melawan stres oksidatif dalam tubuh.

Ikuti tulisan menarik Adrian S. lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler