x

ilustr: KlikDokter

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 7 Mei 2021 13:05 WIB

12 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Tidak Yakin tentang Hubungan Anda

Sedang bertengkar dengan pasangan dan itu membuat Anda berdua bingung? Mungkin kalian merasa seolah-olah telah berpisah. Konflik mungkin akan membuat pasnagan saling menjajagi apakah keadaan akan lebih baik atau sebaiknya berhenti sebelum menjadi lebih buruk? Ini bukanlah keputusan yang bisa dianggap enteng, apalagi jika Anda masih peduli dengan pasangan Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Baik itu hubungan baru yang semakin serius, atau Anda sudah lama bersama seseorang, kita semua mengalami saat-saat keraguan.

Akhir-akhir ini Anda mungkin bertengkar yang membuat Anda berdua bingung, atau merasa seolah-olah Anda telah berpisah dari pasangan Anda.

Apa pun itu, Anda merasa berkonflik tentang apakah akan memberi hubungan lebih banyak waktu untuk melihat apakah keadaan menjadi lebih baik atau berhenti sebelum menjadi lebih buruk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ini bukanlah keputusan yang bisa dianggap enteng, apalagi jika Anda masih peduli dengan pasangan Anda.

Mungkin ada berbagai macam faktor yang menyebabkan Anda merasa tidak yakin dan Anda tidak ingin pergi dengan penyesalan apa pun.

Memiliki keraguan bukanlah hal yang buruk. Sangatlah sehat untuk memeriksa bagaimana perasaan Anda tentang hubungan Anda sesekali untuk memastikan Anda masih mendapatkan apa yang Anda inginkan darinya.

Jika Anda mempertanyakan apakah hubungan Anda cocok untuk Anda, pertimbangkan beberapa kiat di bawah ini sebelum memutuskan apa yang harus dilakukan.

1. Bayangkan kehidupan masa depan Anda.

Pertanyaan terbesarnya adalah: jika Anda membayangkan hidup Anda satu tahun, dua tahun, atau bahkan lima tahun dari sekarang, apakah Anda melihat pasangan Anda di dalamnya?

Jika jawabannya tidak, kemungkinan besar hubungan ini tidak cocok untuk Anda dalam jangka panjang.

Tidak masalah jika Anda tidak mengetahui detail seperti apa masa depan itu nantinya, Anda tidak harus memiliki semuanya dalam peta.

Poin utama dari latihan ini adalah memikirkan apakah Anda masih ingin pasangan Anda berada dalam hidup Anda pada titik-titik ini di masa depan.

Jika ya, Anda tahu bahwa Anda tidak ingin dia pergi ke mana pun, terlepas dari kekhawatiran Anda. Anda mungkin memiliki beberapa hal untuk dikerjakan, tetapi Anda ingin hubungan Anda langgeng.

2. Pikirkan kembali saat Anda mulai memiliki keraguan.

Kapan Anda mulai merasa berkonflik tentang hubungan Anda? Apakah ini baru-baru ini atau Anda merasa tidak yakin untuk sementara waktu?

Apakah ada perubahan dalam hidup Anda yang mulai memengaruhi hubungan Anda? Atau adakah sesuatu yang dilakukan atau dikatakan pasangan Anda yang membuat Anda mempertimbangkan seberapa cocok Anda sebenarnya?

Mengidentifikasi kapan Anda mulai merasa berbeda terhadap pasangan Anda dapat membantu Anda memahami cara terbaik untuk bergerak maju.

Jika Anda dapat melacaknya kembali ke sesuatu yang dia katakan tetapi Anda tidak setuju, ini mungkin percakapan yang perlu Anda kembalikan untuk mengatasi masalah yang belum terselesaikan.

Jika perasaan Anda telah memudar sebentar, ada baiknya untuk mencoba memahami apakah ketertarikan fisik atau emosional Anda kepada pasangan telah berubah untuk berhasil jika bisa diselamatkan.

Meluangkan waktu untuk menunjukkan dengan tepat kapan segala sesuatunya mulai berubah untuk Anda dapat menjadi cara untuk lebih memahami perasaan Anda dan membantu mendamaikan diri Anda dengan pilihan apa pun yang Anda putuskan.

3. Jangan biarkan hubungan Anda menahan Anda.

Anda mungkin memiliki tujuan dan aspirasi yang ingin Anda capai sebelum bertemu dengan pasangan Anda.

Dan sehebat apa pun berada dalam suatu hubungan, itu tidak datang tanpa kompromi dan pengorbanan. Tidak jarang aspirasi pribadi Anda dikesampingkan demi masa depan hubungan Anda.

Melepaskan tujuan Anda sendiri bisa menyebabkan kebencian yang mendasari terhadap pasangan Anda.

Berbicara tentang aspirasi pribadi Anda di luar hubungan Anda mungkin merupakan sesuatu yang Anda ragu-ragu lakukan dengan pasangan Anda, karena tidak yakin bagaimana reaksinya.

Tetapi dia mungkin mengejutkan Anda dengan betapa dia mendukung Anda untuk mencapai impian Anda sendiri, bahkan jika itu berarti meluangkan waktu dari hubungan Anda.

Anda tidak akan tahu kecuali Anda membicarakannya dengan dia. Jika itu adalah sesuatu yang menggerogoti hati nurani Anda dan memengaruhi hubungan Anda, tidak ada ruginya jika Anda mengungkitnya.

4. Pertimbangkan seberapa aman perasaan Anda.

Kepercayaan adalah bagian integral dari hubungan yang sukses. Jika Anda tidak memercayai satu sama lain maka kecil kemungkinan hubungan Anda akan bertahan dalam jangka panjang.

Tanyakan pada diri Anda apakah Anda punya alasan untuk tidak merasa aman dalam hubungan Anda. Jika Anda merasa tidak aman maka Anda akan mulai memasang penghalang emosional terhadap pasangan Anda untuk melindungi diri Anda dari rasa sakit hati. Semua ini dilakukan untuk memberi jarak di antara Anda.

Pikirkan apakah ada alasan nyata untuk tidak memercayai pasangan Anda. Jika mereka melakukan sesuatu yang memicu Anda, itu mungkin tidak disengaja, jadi bicarakan dengannya tentang hal itu.

Jika Anda pernah disakiti dalam hubungan sebelumnya, akan sulit untuk tidak membiarkan hal ini memengaruhi perasaan Anda sekarang. Tetapi jangan biarkan pengalaman buruk dari masa lalu Anda merusak kesempatan Anda untuk kebahagiaan di masa depan.

5. Apakah Anda hidup untuk saat-saat yang menyenangkan?

Jika Anda mengatakan hal-hal seperti "tetapi ketika itu bagus, itu sangat bagus," maka Anda benar untuk mempertanyakan hubungan Anda.

Lonceng alarm yang berbunyi di kepala Anda berbunyi karena suatu alasan dan waktunya untuk mendengarkannya.

Setiap hubungan memiliki pasang surut, tetapi Anda tidak boleh hidup selama beberapa saat baik di antara yang buruk.

Betapapun baiknya perasaan Anda ketika semuanya berjalan baik, jika itu tidak melebihi saat-saat buruk maka itu tidak akan cukup untuk menjaga hubungan ini tetap kuat.

Hubungan itu akhirnya akan menjadi beracun dan melelahkan secara emosional. Ada alasan mengapa Anda merasa tidak yakin dan itu karena Anda tahu ini tidak sehat.

Anda berhak bersama pasangan yang selalu mengeluarkan yang terbaik dari diri Anda. Jadi temukan keberanian untuk menjadikan kebahagiaan Anda sebagai prioritas dan tinggalkan hubungan ini.

6. Apakah ada cukup kompromi dalam hubungan Anda?

Tidak mudah untuk menyeimbangkan kebutuhan dua individu dalam suatu hubungan. Anda masing-masing masuk ke dalam hubungan ini sebagai orang yang terpisah dan mandiri yang entah bagaimana harus membuat segala sesuatunya berjalan bersama.

Selalu ada kebutuhan untuk berkompromi dalam suatu hubungan, dan ini bisa menjadi penyesuaian yang sulit dilakukan jika Anda terbiasa hanya memikirkan diri sendiri. Ide berkompromi bisa menghalangi Anda untuk berkomitmen penuh.

Ini bekerja dua arah. Jika Anda merasa seolah-olah Anda yang melakukan semua kompromi, ini juga bisa menjadi beban dalam hubungan.

Jika Anda tidak dapat menemukan tingkat kompromi yang seimbang, salah satu dari Anda akan selalu merasa kesal dan tidak puas, membuat Anda tidak yakin tentang masa depan Anda bersama.

7. Apakah Anda menunggu dia berubah?

Anda harus bersedia untuk menjadikan pasangan Anda apa adanya jika Anda terlibat dalam hubungan ini.

Ya, Anda dapat tumbuh bersama sebagai pasangan, tetapi mengharapkan seseorang untuk mengubah sesuatu yang mendasar tentang dirinya sama sekali berbeda.

Orang tidak cenderung berubah. Meskipun dia mencoba membuat Anda bahagia, sulit untuk tidak tergelincir ke cara lama. Jika Anda menunggu hal itu terjadi, Anda akan terus kecewa, dan itu tidak adil bagi Anda berdua.

Jika Anda tidak siap untuk mengambil satu sama lain persis seperti Anda sekarang, maka Anda harus mencoba menemukan hubungan di mana Anda berdua dapat diterima tanpa harus menjadi sesuatu yang bukan diri Anda.

8. Apakah Anda seorang fobia komitmen?

Pernahkah Anda memiliki hubungan sebelumnya di mana Anda pernah merasakan keraguan yang sama? Apakah Anda selalu mencapai titik tertentu dan merasa kedinginan?

Jika Anda merasa seolah-olah ingin lari, dan pernah merasa seperti ini sebelumnya, Anda bisa menghidupkan kembali pola berulang yang tidak Anda sadari.

Jika ya, inilah saatnya memutus siklus. Jika Anda benar-benar menginginkan hubungan jangka panjang, Anda harus menaklukkan ketakutan apa pun yang menghalangi Anda untuk berkomitmen.

Mengidentifikasi apa yang membuat Anda ingin menarik diri dari pasangan adalah langkah pertama dalam mengatasi hambatan mental ini. Jadi bertekunlah dan hadapi ketakutan Anda, masa depan Anda akan berterima kasih untuk itu.

9. Mengapa Anda tidak putus?

Jika Anda mempertanyakan hubungan Anda tetapi belum putus, apa yang sebenarnya menghentikan Anda?

Apakah gagasan untuk tidak bersama pasangan yang menahan Anda, atau apakah gagasan tentang putus cinta dan menjadi lajang yang menghentikan Anda dari memutuskan hubungan?

Putus cinta itu sulit, tidak dapat disangkal. Namun tetap menjalin hubungan hanya karena Anda tidak ingin melajang atau mengalami rasa sakit karena putus dengan seseorang juga bukanlah jawaban.

Pada akhirnya, rasa sakit hati Anda hanya akan bertambah buruk saat hubungan Anda berlarut-larut. Hanya Anda yang dapat mengatakan apakah Anda benar-benar ingin bersama orang ini, dan jika Anda tahu Anda tidak ingin bersama orang ini, lebih baik bagi semua yang terlibat untuk mengakhirinya lebih cepat daripada nanti, tidak peduli betapa menakutkannya hal itu.

10. Luangkan waktu untuk berpisah.

Memiliki waktu untuk fokus pada diri sendiri itu sehat dalam suatu hubungan. Sulit untuk menghabiskan waktu 24/7 dengan siapa pun sebelum Anda mulai saling menerima begitu saja.

Coba luangkan waktu untuk berpisah dan lihat apakah Anda lebih menikmati waktu bersama setelah kembali lagi.

Mereka mengatakan ketidakhadiran membuat hati semakin dekat, jadi cobalah, luangkan waktu untuk melakukan semua hal yang Anda suka tanpa dia, dan kemudian berharap untuk melihat pasangan Anda ketika Anda kembali.

Jika Anda merasa tidak merindukan dia atau enggan untuk kembali, perasaan itu mungkin memberi tahu Anda bahwa hubungan ini tidak tepat untuk Anda.

11. Meriahkan kehidupan seks Anda.

Ketertarikan seksual adalah bagian besar dari hubungan yang sukses dan sehat. Jika ada yang tidak beres di kamar tidur, mungkin terjadi kesalahan di tempat lain juga.

Selama hidup menghalangi, penting untuk selalu meluangkan waktu agar kehidupan seks Anda terus berkembang.

Seks adalah hubungan intim hanya antara Anda dan pasangan. Ini adalah kesempatan bagi Anda berdua untuk menjadi dekat dan menegaskan kembali cinta dan kepercayaan Anda satu sama lain.

Jika Anda merasa tidak puas, cobalah memimpin dengan membawa ide-ide baru ke kamar tidur untuk mengembalikan gairah.

Ada banyak sekali inspirasi di luar sana tergantung pada seberapa berani Anda berpetualang. Jangan menyerah dulu, kendalikan dan lihat apakah Anda dapat menyalakan kembali api itu.

12. Mulailah saling berusaha lagi.

Anda mungkin merasa seolah-olah percikan telah hilang dari hubungan Anda dan Anda ingin pasangan Anda lebih tertarik lagi.

Tetapi sementara Anda menunggu pasangan Anda berbuat lebih banyak untuk menunjukkan bahwa dia peduli, dapatkah Anda mengatakan bahwa Anda telah berusaha dari pihak Anda juga?

Sangat mudah untuk begitu terbungkus dalam segala hal yang hilang dari hubungan kita sehingga terkadang kita tidak menyadari bahwa kita sama bersalahnya karena tidak berusaha menjaga nyala api tetap hidup.

Kapan terakhir kali Anda berdandan untuk satu sama lain atau mengejutkannya dengan kencan romantis?

Keberhasilan suatu hubungan bergantung pada dua orang dan dibutuhkan upaya dari Anda berdua untuk tetap kuat. Pastikan Anda dapat mengatakan bahwa Anda telah melakukan segalanya untuk mencoba membuat segala sesuatunya bekerja sebelum memutuskan untuk mengakhiri apa pun.

Momen-momen di mana Anda mempertanyakan apakah hubungan Anda masih pilihan yang tepat untuk Anda adalah hal yang wajar.

Kita tumbuh dan berubah seiring waktu, dan terkadang orang yang tepat untuk Anda setahun yang lalu, bukanlah orang yang tepat untuk tahap selanjutnya dalam hidup Anda.

Mengevaluasi hubungan Anda menunjukkan bahwa Anda menganggapnya serius, dengan memastikan Anda tetap menjadi orang terbaik untuk satu sama lain.

Jika Anda merasa berkonflik, sebaiknya jangan membuat keputusan tiba-tiba. Pikirkan tentang beberapa perubahan yang dapat Anda buat atau percakapan yang Anda perlukan agar hubungan Anda memiliki kesempatan terbaik untuk pulih.

Jika Anda telah melakukan semua yang Anda bisa untuk membuat hubungan berhasil dan itu masih belum cukup, maka Anda bisa berdamai dengan keputusan Anda untuk move on.

***
Solo, Kamis, 6 Mei 2021. 7:36 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler