x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 12 Mei 2021 21:00 WIB

Ngalap Berkah, Anak-anak TBM Lentera Pustaka Khatamkan Alquran ke-4

Khatamkan Alquran, Cara Anak-anak Taman Bacaan Ngalap Berkah Ramadan. Bagaimana caranya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ngalap berkah ramadan, anak-anak TBM Lentera Pustaka berhasil merampungkan khataman Al Quran ke-4 pada Sabtu, 8 Mei 2021. Berbalut hujan cukup deras, bertajuk “NgabubuREAD Ramadan Ceria”, sekitar 60 anak-anak pembaca aktif dengan antusias menuntaskan surat terakhir An-Naas sebagai tanda khataman. Khataman Alqutan digelar TBM Lentera setiap hari Sabtu, sebagai sarana pembentukan akhlak anak-anak, di samping mengoptimlakn inadah dan aktivitas positif selama bulan puasa.  

 

Sekalipun bukan santri, anak-anak TBM Lentera Pustaka sepanjang bulan Ramagan dibiasakan untuk membaca buku di taman bacaan, di sampung tadarusan. Dalam kesempatan ini, Syarifudin Yunus selaku Pendiri Pendiri TBM Lentera Pustaka pun menyampaiakn “tausiyah literasi” yang menekankan pentingnya keseimbangan urusan lahir dan batin dalam hidup. Anak-anak diajak untuk selalu membaca buku di taman bacaan, di samping selalu menjalankan ibadah sesuai perintah Allah SWT.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Seusai khataman, seluruh anak pun disediakan takjil buka puasa sebagai motivasi atas capaian khataman Al Quran. Kali ini, TBM Lentera Pustaka pun menyalurkan bingkisan lebaran kepada relawan, ibu-ibu Gerakan BERantas BUta aksaRA (GEBERBURA) dan warga sekitar sebagai bentuk kepedulian sosial taman bacaan terhadap lingkungan sekitar. Di saat yang sama santunan kepada 16 anak iatim binaan pun diserahkan untuk menyisipkan senyum kepada mereka di hari raya Idul Fitri 1442 H. Rangkaian acara NgabubuREAD ini ditutup dengan pembacaan doa. Agar TBM Lentera Pustaka dan anggotanya, serta orang-orang baik yang mendukung diberi sehat wal afiat dan keberkahan dalam hidup, Anak-anak pun diimbau untuk tetap rajin membaca untuk meraih masa depan yang lebih baik.

 

Khataman Alquran TBM Lentera Pustaka ini menegaskan pentingnya mengaji di kalangan anak-anak, di stengah gempuran era digital sebagai sarana untuk memperkuat karakter dan akhlak. Selain ilmu yang penting, sedari dini anak-anak perlu diajarkan pentingnya adab dan akhlak dalam kehidupan. Karena berkah, bukan hanya diperoleh dari ikhtar belajar. Namun haris ditopang oleh akhlak yang baik, khususnya dalam menebar pikiran dan perilaku baik kepada orang lain. NgabubuREAD merupakan program kegiatan TBM Lentera Pustaka yang digelar selama bulan puasa. Dan hasilnya, anak-anak mampu khatam 4 kali selama bulan puasa.

 

Secara khusus, khataman Alquran anak-anak TBM Lentera Pustaka juga mendoakan agar bangsa Indonesia segera dipulihakn dari pandemi Covid-19, di samping diberikan keberkahan setelah berakhirnya ramadan. Anak-anak dapat Kembali belajar dan sekolah dengan aman, dan orang tua mereka dapat bekerja kembali dengan nyaman. Meraih rezeki Allah SWT.   

 

Syarifudin Yunus selaku Pendiri TBM Lentera Pustaka dalam tausiyah literasi-nya pun mengingatkan pentingnya meningkatkan kualitas akhlak. Agar mereka berhasil meraih kemenangan dalam bentuk kebaikan akhlak setelah bulan puasa. Dan untuk itu semua diperlukan ikhtiar baik yang speenuh hati. Lalu ditutup dengan doa untuk meraih ridho Allah SWT. Karena doa pula dapat mengubah keadaan suatu kamu, mengubah peradaban menjadi lebih baik. Salam literasi. #NgabubuREAD #TamanBacaan #BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler