x

sumber foto: Dictio Community

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 11 Mei 2021 17:34 WIB

10 Alasan Mengapa Anda Begitu Lelah Setelah Bekerja

Tentang kelelahan setelah bekerja.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah Anda merasa lelah saat pulang kerja? Ada alasannya - atau beberapa, mungkin.

Merasa lelah setelah seharian bekerja adalah hal yang wajar, namun ada juga cara untuk meredakan kelelahan tersebut.

Mari kita bahas sepuluh alasan mengapa Anda begitu lelah setelah bekerja - dan tawarkan cara untuk melawannya dan memperbaiki masalahnya!

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Anda mendapatkan terlalu banyak screen time.

Jika Anda bekerja di kantor, Anda mungkin menggunakan komputer selama beberapa jam sehari. Meskipun itu menjadi norma bagi banyak dari kita, itu tidak sehat.

Mata kita bisa lelah karena menatap layar sepanjang hari, dan warna layar kita benar-benar dapat memengaruhi suasana hati kita.

Lakukan ini: Ambil jeda layar. Ya, sesederhana itu. Istirahatkan mata Anda dengan mengalihkan pandangan dari layar - atau menutup mata - selama satu menit atau lebih, setiap 20 menit, atau sesuai kebutuhan.

Ini akan membuat otot-otot di mata Anda istirahat karena tegang membaca teks atau memindai melalui gambar. Ini juga memberi otak Anda sedikit waktu istirahat.

Dan atur tes mata di ahli kacamata jika Anda sering mengalami sakit kepala - Anda mungkin memerlukan kacamata untuk bekerja.

2. Anda terkuras oleh semua interaksi pribadi.

Betapapun ramahnya Anda, adalah normal untuk merasa sedikit terkuras oleh interaksi dengan orang lain - terutama yang belum tentu kita sukai.

Mengobrol dengan teman selama berjam-jam tidak terasa melelahkan karena Anda mencintai mereka.

Bertukar obrolan ringan dengan kolega Anda atau duduk dalam rapat dengan manajer tidaklah sama.

Ini dapat mempengaruhi tingkat energi Anda. Ini terutama benar jika Anda seorang introvert.

Merasa lelah setelah berinteraksi dengan orang lain sepanjang hari adalah hal yang wajar, tetapi ada beberapa cara untuk meningkatkan diri.

Lakukan ini: Cobalah untuk membatasi interaksi Anda jika memungkinkan. Bangunlah untuk membuat teh atau kopi saat dapur kosong daripada bergabung dengan orang banyak.

Bawalah makan siang ke kantor dan colokkan earphone Anda untuk makan di meja Anda (beri tahu orang-orang bahwa Anda bekerja jika Anda ingin menghindari undangan keluar).

Buat rapat sesingkat mungkin sambil tetap sopan.

Mungkin akan terasa sedikit canggung, tetapi tidak ada yang akan berpikir Anda bersikap kasar karena sesekali melakukan saat teduh, dan itu akan sangat membantu tingkat energi Anda.

3. Anda berada dalam pekerjaan yang membuat stres.

Jika Anda berada di lingkungan yang penuh tekanan, Anda pasti akan merasa sangat capai dan lelah di penghujung hari.

Kita menggunakan begitu banyak energi saat stres - terkadang kita bahkan membakar lebih banyak kalori dan dapat memiliki gejala fisik seperti sakit dan nyeri.

Seharusnya tidak mengherankan bahwa tubuh dan pikiran kita menjadi lebih cepat lelah ketika sedang stres.

Lakukan ini: Cobalah mencari cara untuk menghilangkan stres saat Anda sedang bekerja. Itu mungkin berarti lebih banyak istirahat, makan makanan sehat, atau bahkan memutar daftar putar.

Anda dapat mendengarkan musik yang menenangkan, keluar dan menelepon seseorang yang Anda cintai jika Anda membutuhkan sedikit obrolan, atau ke kamar mandi dan berlatih meditasi selama beberapa menit.

Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tingkat stres di tempat kerja akan sangat memengaruhi tingkat energi Anda setelah bekerja.

4. Anda melakukan pekerjaan fisik.

Anda mungkin memiliki pekerjaan yang memiliki banyak aspek fisik - mungkin Anda berdiri sepanjang hari, atau Anda harus membawa barang-barang berat atau mengenakan seragam yang ketat, seperti APD.

Jika pekerjaan Anda berarti Anda selalu berpindah-pindah, tidak heran Anda kelelahan saat tiba di rumah.

Tubuh kita tidak dibuat untuk bergerak terus-menerus, jadi berjalan dan berdiri terlalu lama dapat memengaruhi tingkat energi kita.

Lakukan ini: Cobalah untuk memastikan Anda makan sesuatu yang seimbang dan bergizi sebelum bekerja, dan luangkan waktu untuk camilan cepat penambah energi seperti buah atau kacang-kacangan.

Lakukan peregangan dengan baik - terutama otot yang paling sering Anda gunakan - baik sebelum dan sesudah shift. Dan mandi air panas sebentar ketika Anda sampai di rumah untuk membantu diri Anda rileks.

Memastikan tubuh Anda siap menghadapi hari fisik akan sangat membantu dalam mengurangi kelelahan ekstrim yang Anda alami saat pulang.

5. Anda tidak cukup menggunakan otak dan merasa bosan.

Menjadi benar-benar sibuk dapat membuat kita lelah - tetapi tidak bisa menjadi cukup sibuk. Tidak adil, bukan?

Jika Anda mengakhiri hari dengan perasaan lelah, itu mungkin karena Anda belum melakukan cukup banyak hal untuk menyibukkan pikiran Anda.

Terkadang, otak kita menjadi lelah karena tidak digunakan - mereka terbiasa mengantuk karena kurangnya stimulasi, atau kita merasa terkuras secara mental karena otak kita mendapatkan sinyal kebosanan, frustrasi, bahkan kemarahan.

Jika Anda merasa kesal karena kurangnya pekerjaan yang harus Anda lakukan, atau betapa tidak produktifnya perasaan Anda, itu mungkin penyebab penurunan di akhir hari.

Lakukan ini: Jadi, menjadi sibuk sebenarnya baik untuk tingkat energi kita? Ya! Jika Anda dapat menemukan medium bahagia, Anda tidak akan terlalu lelah - dan jauh lebih produktif.

Cobalah untuk menetapkan target diri Anda sendiri untuk setiap hari (atau setiap jam, jika itu membantu), dan pastikan Anda sering memvariasikan apa yang Anda lakukan.

Habiskan pagi hari untuk memenuhi tenggat waktu untuk tugas admin, lalu sisihkan sore hari untuk mengerjakan spreadsheet, misalnya.

Memadukan berbagai hal akan membantu Anda merasa lebih fokus pada apa yang Anda lakukan dan menghentikan pikiran Anda agar tidak tertidur dan bosan.

6. Anda membutuhkan lebih banyak makanan - dan nutrisi.

Ini adalah masalah umum bagi orang-orang dalam kehidupan sehari-hari, dan tidak ada bedanya saat kita bekerja.

Dengan kesibukan untuk keluar rumah di pagi hari, banyak dari kita tidak memiliki sarapan yang sehat dan mengenyangkan.

Kita mungkin terlalu sibuk saat makan siang untuk makan makanan seimbang dan akhirnya hanya mengambil sandwich supermarket atau makanan ringan.

Meskipun ini sangat umum, namun tidak baik untuk tubuh kita dan sebenarnya dapat membuat kita merasa lelah.

Berlari dalam keadaan kosong, atau rendah nutrisi, memiliki efek besar pada tingkat energi kita dan bisa berarti kita akhirnya tertidur setelah bekerja.

Lakukan ini: Lakukan yang terbaik untuk makan sesuatu di pagi hari (atau sebelum giliran kerja Anda dimulai). Siapkan makanan Anda pada malam sebelumnya jika Anda bisa - oat semalam adalah pilihan yang mudah dan bergizi, atau Anda bisa memotong beberapa buah jika Anda mau.

Cobalah untuk membuatkan diri Anda makan siang kemasan juga. Ini akan menghemat uang dan berarti Anda memiliki sesuatu yang enak untuk terus menjalani hari. Makanlah beberapa camilan sehat untuk mengatasi kemerosotan di sore hari.

7. Postur tubuh Anda membuat Anda mengantuk.

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi cara Anda duduk memengaruhi tubuh Anda lebih dari sekadar sakit punggung. Ini bisa memberi Anda masalah pencernaan, memengaruhi suasana hati Anda, dan menyebabkan kelelahan.

Jika Anda sering merasa sedikit pegal dan mengantuk saat pulang kerja, hal itu kemungkinan karena Anda merosot di kursi atau duduk dengan 'ragu-ragu'.

Semakin banyak tubuh kita diletakkan pada posisi yang tidak wajar, semakin ia 'bertindak' dan gejala tertentu muncul.

Lakukan ini: Berusahalah untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Anda dapat menyetel alarm di ponsel Anda sebagai pengingat jika perlu - untuk duduk tegak atau bangun dan sedikit goyangkan anggota tubuh Anda.

Tempat kerja Anda mungkin akan menawarkan sandaran kaki yang dapat membantu Anda melatih posisi duduk Anda, serta penyangga pinggang dan bantalan punggung jika Anda membutuhkannya. Di beberapa negara, ini adalah kewajiban hukum, jadi patut untuk diperiksa.

8. Anda tidak cukup istirahat.

Jika Anda merasa sangat lelah saat pulang kerja, bisa jadi karena Anda tidak beristirahat secara teratur.

Jenis ini terkait dengan masalah seputar screen time, tetapi juga bisa menjadi kasus Anda membebani otak Anda secara berlebihan.

Jika Anda tidak cukup istirahat, otak Anda akan terus dibanjiri email, musik, percakapan, apa saja.

Kelebihan sensorik adalah hal yang nyata, dan menguras.

Lakukan ini: Setel alarm di ponsel Anda dan beri diri Anda 5 menit atau lebih untuk mengatur ulang dan mengambil sedikit istirahat.

Regangkan kaki Anda, buat alasan untuk menghirup udara segar, dan segarkan di sela waktu kerja anda agar Anda memiliki lebih banyak energi saat tiba di rumah.

9. Anda tidak cukup terhidrasi.

Air adalah produk ajaib yang kita semua inginkan, tetapi tidak cukup untuk dirangkul. Ini membantu kulit kita, rambut kita, dan tingkat energi kita.

Jika Anda mengantuk menjelang penghujung hari, itu mungkin karena Anda mengalami dehidrasi. Semakin sedikit air di tubuh kita, semakin lelah kita - semudah itu.

Lakukan ini: Dapatkan sebotol air dengan waktu tertentu dalam sehari, jadi Anda tahu berapa banyak air yang harus Anda minum pada setiap titik dalam sehari.

Setel alarm di ponsel Anda untuk berdiri dan mengambil minuman. Buatlah diri Anda bagan bintang, atau unduh aplikasi yang membantu Anda melacak konsumsi air setiap hari.

Apa pun yang Anda lakukan, cobalah untuk konsisten dengannya. Anda dapat membeli labu bebas gula jika membantu Anda minum lebih banyak, atau membekukannya semalaman jika Anda lebih suka air dingin.

10. Anda merosot karena kelebihan gula dan kafein.

Anda mungkin akan merasa baik-baik saja sampai sekitar jam 2 siang. Jika hari Anda berjalan dengan baik hingga sore hari ketika Anda tiba-tiba kelelahan dan setengah tertidur di meja Anda, Anda tidak sendirian.

Ini bisa disebabkan oleh berbagai hal - bisa jadi akibat fisik dari makan siang yang berat, atau penurunan energi karena gula turun. Jika Anda memiliki camilan manis dan kopi untuk membuat Anda terus berjalan setelah makan siang, itu bisa membuat Anda merasa sangat lelah saat pulang ke rumah.

Lakukan ini: Cobalah untuk menjaga kadar gula dan kafein seimbang sepanjang hari - terutama di sore hari. Dan usahakan untuk makan siang yang lebih ringan agar Anda tidak terlalu kenyang dan mengantuk.

Jalan cepat setelah makan siang benar-benar dapat membuat Anda bersemangat. Jika Anda merasa membutuhkan kafein untuk melewati sore hari, ambil segelas air dingin terlebih dahulu. Terkadang, kelelahan muncul karena dehidrasi, jadi ada baiknya mencoba sedikit air sebelum minum kopi.

Jika Anda masih menyukai kopi, pilih satu tegukan (atau tanpa kafein) Dan hindari sirup manis.

Semakin seimbang Anda menjaga tubuh di sore hari, semakin banyak energi yang Anda miliki setelah bekerja.

***
Solo, Selasa, 11 Mei 2021. 10:22 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler