x

Tentang Biografi Agus Salim

Iklan

Kang Nasir Rosyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 20 Mei 2021 18:53 WIB

H.Agus Salim: Orang Tak Berkumis dan Tak Berjenggot Itu Seperti Apa?

Tentang gaya diplomasi H.Agus Salim

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Siapa Tokoh yang satu ini? Jika sudah tahu, Alhamdulillah, jika anda belum  tahu, saya kasih tahu Beliau adalah salah satu tokoh pergerakan kebangsaan (bukan kebangsatan) sejak jaman penjajahan Belanda hingga kemerdekaan.

Namanya H.Agus Salim, asal dari Kota Padang. Beliau diplomat jenaka, begitu label yang di tulis Tempo. Beliau juga salah satu menteri yang hingga ahir hayatnya tak punya rumah. Tidak seperti sekarang, para menteri berjibun kekayaan.

Suatu hari dalam rapat Syarikat Islam, Muso yang komunis ke kiri-kirian, mengejek H.Agus Salim yang berkumis dan berjenggot serta HOS Cokroaminoto yang kumisnya melintang bak bulan sabit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari atas podium, Muso bertanya kepada hadirin. “Orang yang  berjenggot itu seperti apa saudara?” Hadirin serentak menjawab, “Kambii...ng”.

Muso bertanya lagi," Orang yang berkumis itu seperti saudaraaaaa?” Serentak hadirin berteriak,"Kucii...ng”.

Agus Salim hanya tersenyum, tahu pertanyaan dan jawaban itu ditujukan kepada dirinya dan HOS Cokroaminoto. Tiba Giliran Agus Salim naik mimbar, Agus Salim dengan santainya berkata. 

“Tadi Tuan Muso sudah bertanya soal orang yang berjenggot dan berkumis, sekarang tiba giliran saya untuk bertanya kepada tuan tuan, tolong dijawab ya,” kata H. Agus Salim. Peserta rapat terdiam menunggu pertanyaan yang akan disampaikan.

“Sekarang saya bertanya kepada tuan-tuan, kalau orang yang tak berkumis dan tak berjenggot itu seperti apa?" tanya H. Agus Salim dari atas podium. Hadirin terdiam, tak mau jawab karena tahu Muso  itu tak berjenggot dan tak berkumis.

“Nah, kalau tuan tidak mau jawab, saya jawab sendiri saja ya,” celetuk H. Agus Salim.

Lagi lagi hadirin masih terdiam. “Baiklah para hadirin, saya kasih tahu, orang yang tak berjenggot dan tak berkumis itu seperti anji...ng."

SELAMAT  HARI KEBANGKITAN NASIONAL

Catatan : Diambil dan disarikan dari buku “AGUS SALIM DIPLOMAT JENAKA PENOPANG REPUBLIK, Seri Buku Saku tempo; Bapak Bangsa. KPG

 

Ikuti tulisan menarik Kang Nasir Rosyid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler