x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 23 Mei 2021 05:46 WIB

Kemerdekaan Finansial Bukan Cuman Mimpi di Siang Bolong, Kok Bisa?

Hidup tanpa perlu bekerja tapi memiliki pendapatan pasif yang cukup, banyak diinginkan orang. Kondisi kebebasan finansial demikian bukan hanya mimpi, karena dapat diwujudkan. Tentu dengan syarat tujuan keuangannya yang jelas. Pengelolaan keuangan yang baik tidak mengabaikan investasi. Nah, inilah salah satu cara menuju kebeebasan finansial itu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hidup tanpa perlu bekerja tapi mendapatkan pendapatan pasif yang cukup, banyak diinginkan kebanyakan dari kita. Banyak dari kita bermimpi akan taraf hidup yang tidak pusing lagi dengan yang namanya uang, terutama setelah sudah tidak bekerja sehingga tidak memiliki pendapatan tetap.

Banyak dari kita bermimpi akan hidup tenang tanpa rasa was-was lagi dengan ancaman inflasi dan krisis keuangan. Banyak dari kita ingin hidup dimana tanpa harus bekerja tapi tetap memiliku passive income yang cukup.

Mimpi hidup yang demikian ini dinamakan dengan tahap kehidupan yang dalam pandangan penulis buku "Rich Dad Poor Dad", Robert T. Kiyosaki sebagai kebebasan finansial atau istilah lainnya kemerdekaan finansial.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Robert T. Kiyosaki meyakini kondisi kebebasan finansial yang demikian bukan hanya mimpi karena pada dasarnya dapat diwujudkan dengan syarat tujuan keuangannya jelas. Tanpa rencana keuangan yang matang dan jelas, kebebasan finansial mustahil diwujudkan.

Dalam banyak kejadian kebebasan finansial memang sulit diwujudkan, khususnya oleh mereka yang mengabaikan yang namanya pengelolaan keuangan yang baik. Pengelolaan keuangan yang baik pada dasarnya tidak mengabaikan yang namanya investasi.

Investasi menjadi bagian integral dari upaya mewujudkan kebebasan finansial karena hal ini bukan sekadar mimpi di siang bolong. Sayangnya, dewasa ini hanya sedikit orang yang peduli dengan investasi sejak dini. Padahal, jika investasi dilakukan sejak dini maka kebebasan finansial itu bisa cepat dinikmati.

Banyak orang berpandangan investasi itu sulit dan butuh modal gede. Nyatanya, investasi bisa diwujudkan dengan mudah, semisal investasi saham yang memberikan cuan tinggi.

Investasi saham yang sudah serba online, semisal dengan aplikasi IPOT keluaran Indo Premier Sekuritas, kini bisa dinikmati dengan modal terjangkau. Dengan modal awal Rp.100 ribusaja investasi saham bisa dimulai dengan mudah dan bisa menjadi sarana mencapai kebebasan finansial.

Investasi saham memungkinkan uang bekerja untuk kita. Investasi saham memungkinkan siapa pun mencapai kebebasan finansial. Selain keuntungan dari kenaikan harga saham, investor juga berpeluang mendapatkan dividen setiap tahunnya.

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler