7 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Berbisnis dengan Brand Kosmetik Sendiri - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

renny ambar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Februari 2021

Senin, 31 Mei 2021 07:21 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Berbisnis dengan Brand Kosmetik Sendiri

    Mau buat brand kosmetik sendiri tapi masih ragu dan barangkali takut rugi? Agar kamu enggak bimbang, simak 7 alasan mengapa kamu harus coba berbinis dengan kosmetik sendiri berikut ini!

    Dibaca : 357 kali

    Melihat banyaknya produk kosmetik baru yang bermunculan di pasaran, apakah kamu enggak penasaran mengenai penyebabnya?

    Apalagi, kalau dipikir-pikir tidak semua brand kosmetik baru ini dipunyai oleh orang yang ahli di bidang kecantikan atau kosmetika. Malah cenderung didominasi oleh artis-artis dan influencer muda terkenal.

    Tak hanya itu, bahkan produk yang mereka keluarkan pun sangat unik, kreatif, dan inovatif. Jadi bisa menarik perhatian dan minat dari konsumen mereka.

    Sebenarnya sebagian besar pemilik dari brand kosmetik baru ini enggak bekerja sendirian. Melainkan bekerja sama dengan perusahaan maklon kosmetik tertentu.

    Meski terbilang menarik, kamu juga pasti masih penasaran dan barangkali masih was-was, apakah modal yang dibutuhkan besar? Apakah berbisnis kosmetik dengan brand sendiri bisa lebih menguntungkan daripada jadi reseller atau drop shipper?

    Well, untuk menjawab pertanyaanmu, coba simak 7 alasan kenapa kamu harus coba berbisnis kosmetik dengan brand sendiri di bawah ini.

    1.    Kebebasan Berkreasi dan Berinovasi

    Kreatif

    Kalau kamu perhatikan, kini banyak sekali produk-produk perawatan kecantikan yang unik dan menarik, seperti bath bomb, lip serum, hingga berbagai produk berkemasan dan bertekstur lucu.

    Nah, dengan menjual brand kosmetikmu sendiri kamu bisa bebas berkreasi dan berinovasi untuk menghasilkan produk seunik mungkin. Dan barangkali, produk ini jadi temuan baru yang akhirnya akan memicu rasa penasaran dan membuat calon konsumenmu tertarik.

    Kreasi ini enggak hanya berkaitan dengan tekstur ataupun kemasan, melainkan juga berkaitan dengan bahan-bahan pembuatan dalam formula kosmetik.

    Kamu bisa bebas menentukan bahan-bahan apa yang ingin kamu gunakan, fungsi dan kegunaannya, sehingga sangat mungkin bagimu untuk memberikan terobosan baru dalam dunia kecantikan.

    2.    Kualitas Produk Lebih Terkontrol

     

    Karena kamu terlibat dalam proses pengonsepan ide, pengembangan formula produk, hingga proses produksi. Maka kualitas kosmetik yang kamu hasilkan di bawah brand kosmetikmu akan jauh lebih terpercaya dan terkontrol.

    Kamu bisa memastikan sendiri kelayakan dan keamanan dari produk kosmetik yang akan dipasarkan nantinya. Ini tentu berbeda kalau kamu bekerja sebagai pihak tangan kedua dan hanya mendistribusikan produk jadi, pasti akan sulit untuk benar-benar memastikan keamanan dan kualitas produk.

    3.    Target Pasar yang Jelas

    Pembelian Impulsif

    Dengan membentuk sendiri konsep produk dan memastikan sendiri keamanannya, ini juga membuat brand kosmetik yang kamu miliki memiliki target pasar yang jelas.

    Sebab, dari produk kosmetik yang kamu jual ini, kamu tahu kandungan tersebut tidak diperkenankan dengan digunakan untuk orang dengan gangguan kesehatan tertentu, atau sebaiknya digunakan untuk perempuan dengan rentang usia berapa saja, dan lain sebagainya.

    Akhirya kamu pun bisa merancang strategi pemasaran yang jauh lebih jelas dan focus. Ini pun akan membuat promosi yang kamu buat jadi tepat sasaran dan dapat berpengaruh besar pada penjualan produk dari brand kosmetikmu.

    4.    Jaminan dan Legalitas Produk Pun Bisa Kamu Usahakan

    Kini pengguna kosmetik telah melek akan keamanan dan keaslian produk perawatan kecantikan. Mereka akan memperhitungkan betul bahan-bahan yang digunakan dalam formula produk, hingga legalitas produk itu.

    Nah, dengan memproduksi brand kosmetik sendiri kamu bisa mengusahakan jaminan legalitas produk tersebut. Misalnya dengan mendaftarkan produk ke Badan POM dan Halal MUI.

    Sertifikat dari dua badan hukum ini akan menjamin keamanan formula dan penggunaan produk kosmetik yang dibuat di bawah label kosmetikmu.

    Ini pun berbanding lurus dengan meningkatnya kepercayaan konsumen dan memudahkanmu dalam memasarkan produk yang akan kamu buat.

    5.    Bisa Menyesuaikan dengan Tren Pasar atau Kebutuhan Konsumen

    Satu lagi keunggulan yang jadi keunggulan ketika kamu berbisnis dengan brand kosmetik sendiri, yakni kemungkinan untuk menyesuaikan spesifikasi produk kosmetik dengan tren pasar atau kebutuhan konsumenmu.

    Setiap menggunakan produk kosmetikmu, beberapa konsumen akan secara aktif membagikan pengalaman mereka. Yakni terkait dengan tekstur produk, keefektifan formula produk, hingga hal-hal yang menurut konsumen kurang membuat mereka puas.

    Nah, kritik dan komentar inilah yang akhirnya akan jadi tolak ukurmu untuk membenahi serta mengembangkan produk kosmetik tersebut untuk jadi lebih baik. Tak hanya itu, kamu pun bisa menambahkan khasiat atau bahan-bahan tertentu demi memenuhi kebutuhan konsumenmu.

    6. Besarnya Dukungan dari Berbagai Pihak

    Sejak tahun tiga tahun belakangan ini industri kosmetik mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Bahkan berbagai pihak mengungkapkan bahwa fenomena tersebut akan terus naik dari tahun ke tahun.

    Melihat angka yang tak sedikit itu, pemerintah akhirnya memberikan perhatian pada industri kosmetik dan memberikan dukungan penuh pada UMKM atau perusahaan start up di bidang yang sama.

    Tak hanya dari pemerintah, beberapa perusahaan penyedia jasa maklon kosmetik lokal pun mengungkapkan dukungan mereka untuk para pebisnis baru, khususnya para milenial, untuk menciptakan produk kosmetik dengan brand sendiri.

    Dukungan ini dapat berupa, paket biaya produksi yang relatif rendah, keberagaman jenis produk kosmetik yang ditawarkan, pun jenis pelayanan lengkap dan menunjang kebutuhan klien mereka.

    7.    Kemudahan Produksi

    membuat produk kosmetik - pict by mashmoshem.co.id

    Nah, kalau kamu bertanya-tanya kenapa banyak orang yang sekarang sepertinya mudah sekali menciptakan produk kosmetik sendiri, jawabannya adalah adanya produk penyedia jasa maklon kosmetik.

    Adanya perusahaan maklon kosmetik akan memangkas usaha dan besarnya modal yang akan kamu keluarkan untuk membuat brand kosmetik sendiri.

    Misalnya, kamu enggak perlu repot-repot membangun pabrik produksi, merekrut karyawan dan tenaga ahli, pun tidak sibuk mengurus legalitas dan sertifikasi produk yang kamu buat sendiri.

    Semua pekerjaan ini akan ditangani oleh perusahaan penyedia jasa maklon kosmetik, dan kamu hanya perlu mengawasi dan sekali-kali melakukan kontrol saja.

    Sayangnya, enggak semua perusahaan maklon memiliki penawaran dan pelayanan yang sama. Sebelum benar-benar memilih yang terbaik, sangat disarankan untukmu melakukan survey mendalam dan mendetil terlebih dahulu.

    Nah, setelah mengetahui berbagai alasan di atas, sudahkan niatmu untuk memulai bisnis kosmetik dengan brand sendiri meningkat?



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.