Era Digital, Seniman Ahmad Hady Surya Siap Hadirkan Karya Unik dan Langka - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Foto Ahmad Hady Surya

Happy Aja

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Mei 2020

Rabu, 2 Juni 2021 09:48 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Era Digital, Seniman Ahmad Hady Surya Siap Hadirkan Karya Unik dan Langka

    Hbesar atau Hady- begitu panggilan akrab pemuda ramah dan penuh senyum ini merupakan pencetak rekor MURI dengan skillnya mengedit foto.

    Dibaca : 335 kali

    Unik dan kreatif, hal itu tersemat dalam diri Ahmad Hady Surya. Ya, pria asal Kalimantan Tengah (Kalteng) ini mampu memanipulasi 1001 foto dengan keahliannya pada tahun 2019 lalu, sebagai langkah untuk melawan berita bohong (hoax) yang beredar di dunia maya.

    Berasal dari keluarga sederhana, -Hbesar atau Hady- begitu panggilan akrab pemuda ramah dan penuh senyum ini merupakan pencetak rekor MURI dengan skillnya mengedit foto.

    Bahkan, dengan ketrampilannya saat ini, Polda Kalteng pun tertarik untuk menjalin kerjasama dengan pemuda asal Kotawaringin Barat yang sekarang tinggal di Sukamara ini.

    Hady mengatakan, motivasinya membuat rekor MURI waktu itu untuk mengingatkan masyarakat bahwa foto merupakan suatu objek yang sangat mudah sekali untuk direkayasa.

    Ahmad Hady Surya bersama dengan Manajer Rekor MURI Dunia Indonesia

    "Jadi jangan sampai dengan sebuah foto dapat menimbulkan perpecahan antar masyarakat yang ada di Indonesia," ujar Hady, dalam siaran persnya kepada wartawan, Senin (31/5/2021).

    Masih dari penuturan Hady, pemicu lain dirinya melakukan aksi melawan hoax yaitu saat dirinya membuat sebuah meme menjelang Pemilu yang menjadi perdebatan di media sosial hingga membuat dirinya nyaris dipanggil oleh kepolisian.

    "Namun saya saat ini, saya bekerjasama dengan kepolisian Kalteng dalam pengembangan manajemen media ya," tuturnya.

    Pengikutnya Puluhan Ribu Orang

    Hady bukanlah siapa-siapa. Namun, pengikut Instagramnya @ahmadhadysurya telah mencapai puluhan ribu orang.

    Pasca lima bulan, Hady tumbuh sebagai selebgram yang banyak di-like warganet karena menghadirkan konten yang berbeda serta unik dari yang lainnya.

    Boleh dikatakan, dalam perjalanan kariernya, Hady menerapkan sikap disiplin serta memanage waktu sebaik mungkin. Selain itu, dia selalu belajar dari kesalahan untuk menjadi seorang yang profesional.

    Foto karya editing Ahmad Hady Surya yang pernah viral , satu senyuman satu Indonesia.

    Hady mampu mendesain logo, membuat poster, illustrator, retouching, publish program aplikasi, dengan desain menarik, yang membuat karyanya begitu indah.

    Ia pun berharap ke depan dapat go internasional, mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

    Kolaborasi dengan Polri


    Keahlian yang mumpuni di bidang desain, menjadikan pimpinan Polres Sukamara mengajak Hady berkolaborasi di bidang media sosial.

    Pada 2019 lalu, Hady juga sempat menunjukkan keahliannya dan berhasil mendapatkan penghargaan dengan memecahkan rekor MURI Dunia Indonesia dalam manipulasi foto terbanyak dengan waktu 24 jam.

    Pada tahun 2018 juga mampu memamerkan karyanya di Kota Bangkok Thailand dalam festival media.

    Selain itu, pemuda berusia 30 tahun ini kembali mendapat kepercayaan dan berkolaborasi dengan Ditlantas Polda Kalteng guna memberikan kontribusinya dalam sebuah pengembangan aplikasi yang mencangkup ke seluruh masyarakat Kalteng.

    Foto saat asistensi ETLE Polda Kalimantan Tengah bersama Satgas ETLE Nasional Korlantas.

    Bahkan, Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol Rifki juga tertarik dengan karya desain Hady. Selain itu, AKBP Sony Paulus Wibowo, Kompol Zulyanto, dan AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana adalah petinggi Polri yang juga sering memotivasi Hady yang telah memberikan kontribusi kepada Polda Kalteng.

    "Sampai saat ini Hady kita percayai dan diberikan tanggung jawab untuk program prioritas Kapolri dalam pembangunan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau tilang elekronik untuk masyarakat Kalimantan Tengah," tutur Kombes Pol Rifki.

    "Kita harap Ahmad Hady terus memberikan kontribusinya serta kolaborasi dengan kepolisian. Ke depannya kita harap pemuda Kalteng lainnya juga memiliki kelebihan, jangan takut untuk berkarya dan terus belajar," ujarnya menambahkan.

    Sementara itu, Hady sendiri siap menjalankan amanat dari Polda Kalteng, untuk terus memberikan karya terbaik untuk bangsa Indonesia.

    "Dengan disiplin ilmu saya selama ini, semoga semakin berkembang seiring waktu. Banyak hal-hal baru dan ide kreatif yang ingin saya hadirkan. Sehingga memicu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi," tutur Hady.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.