Cara Agar Tidak Terikat Secara Emosional dengan Seseorang - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: Live Uttar Pradesh

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 7 Juni 2021 05:45 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Agar Tidak Terikat Secara Emosional dengan Seseorang

    Mungkin Anda merasa terlalu cepat terikat secara emosional dengan kekasih baru. Celekanya, itu kerap menyebabkan masalah. Karena bila gagal, Anda akan jatuh dengan keras dan cepat. Lalu rentan patah hati. Anda tidak ingin melalui hal semacam itu lagi.Jadi, Anda berusaha untuk tidak terlalu terpikat dengan minat romantis. Apakah hal ini sudah tepat?

    Dibaca : 334 kali

    Jadi, Anda berusaha untuk tidak terlalu terpikat dengan minat romantis.

    Mungkin ini adalah hal yang umum dalam kehidupan cinta Anda. Mungkin Anda terlalu cepat terikat secara emosional dengan kekasih baru dan itu menyebabkan masalah bagi Anda. Anda jatuh dengan keras dan cepat dan itu membuat Anda rentan untuk patah hati. Anda tidak ingin melalui itu lagi.

    Atau mungkin masalahnya lebih spesifik. Mungkin ada seseorang dalam hidup Anda saat ini dan Anda ingin memastikan bahwa Anda tidak terlalu cepat terikat padanya. Anda tidak ingin merusaknya, atau Anda tidak yakin ke mana arahnya atau apakah itu benar.
    Atau mungkin Anda telah memutuskan untuk memutuskan keterikatan emosional sama sekali karena Anda tahu orang itu tidak cocok untuk Anda. Itu mungkin karena dia sudah menjalin hubungan atau karena Anda dapat melihatnya berakhir buruk di antara Anda.

    Berikut adalah beberapa tip untuk menjaga emosi Anda tetap terkendali sehingga Anda tetap berada di kursi pengemudi dan membuat keputusan sadar tentang hubungan.

    1. Perjelas apa yang Anda inginkan.

    Jika Anda serius untuk tidak mudah terikat secara emosional, Anda harus jelas mengapa demikian dan apa yang Anda cari.

    Jika Anda tidak jelas tentang apa yang Anda cari dalam suatu hubungan, Anda mungkin akan terbawa suasana dan terluka.

    Apakah Anda menginginkan sesuatu yang lebih santai, atau apakah Anda siap untuk cinta jangka panjang yang serius?

    Menjadi jelas tentang hal ini juga membantu jika Anda mencoba mengakhiri perasaan yang telah Anda kembangkan untuk orang tertentu. Ketika Anda tergoda untuk menemuinya atau berbicara dengannya, Anda memerlukan alasan mengapa itu bukan ide yang baik. Dengan begitu, Anda tidak akan menyabotase diri sendiri terhadap penilaian Anda yang lebih baik.

    2. Jangan intim secara fisik.

    Seks tanpa pamrih bisa menjadi luar biasa. Tetapi jika Anda membaca ini, Anda mungkin cepat terikat secara emosional dengan seseorang setelah secara fisik intim dengannya.

    Jika ini merupakan masalah bagi Anda, tundalah sedikit lebih lama dari biasanya sebelum melakukan kontak fisik dengan seseorang yang baru terlibat dengan Anda.

    Jika Anda berpikir hubungan itu memiliki masa depan dan Anda merasa tidak bijaksana untuk berhubungan seks terlalu cepat, tegaskan diri Anda untuk tidak melompat-lompat sampai semuanya berkembang lebih baik dan ada lebih banyak kepercayaan di antara Anda.

    Jika ada orang tertentu yang Anda coba untuk tetap tenang, hal yang sama berlaku. Cobalah untuk menghindari hubungan seksual sampai Anda yakin dengan dia sebagai calon pasangan jangka panjang.

    Jika Anda memang berhubungan seks dengan dia, cobalah untuk tidak membiarkannya menjadi hal biasa saat Anda masih dalam tahap awal hubungan. Akan sangat sulit untuk tidur dengan dia tanpa keterikatan emosional Anda dengannya tumbuh di luar proporsi.

    Dan jika Anda mencoba untuk mematikan emosi Anda sepenuhnya, maka seks harus benar-benar dilarang. Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk memotong sesuatu dan melupakannya jika Anda masih tidur dengan dia.

    3. Batasi kontak Anda dengan dia.

    Bukan hanya seks yang perlu Anda batasi jika Anda tidak ingin terikat secara emosional dengan seseorang. Bersikaplah tegas dengan diri sendiri tentang seberapa banyak Anda berhubungan dengan minat cinta baru.

    Jangan mengirim pesan teks sepanjang hari setiap hari segera setelah Anda bertemu dengan dia. Jangan habiskan seluruh waktu luang Anda bersama dia. Jangan tinggalkan temanmu demi dia. Dan jangan biarkan dia menjadi fokus utama Anda. Ikuti minat Anda dan jangan biarkan hidup Anda mulai berputar di sekitar dia.

    Jika ada seseorang yang Anda pikirkan, hal yang sama berlaku. Jangan langsung terjun ke hubungan baru ini. Tenangkan diri Anda secara bertahap, biarkan kontak antara Anda tumbuh secara alami dan berkelanjutan, daripada beralih dari 0 ke 100 dalam semalam.
    Dan jika Anda ingin menghentikan perasaan ini, Anda harus bersikap dingin. Anda mungkin harus melihatnya secara sosial atau di tempat kerja, tetapi berhentilah mengirim pesan kepada dia dan berhentilah menghabiskan waktu bersamanya jika Anda ingin memiliki kesempatan untuk memutuskan hubungan.

    Mengirim pesan kepadanya membuat dia berada di garis depan pikiran Anda dan berarti lebih sulit untuk membuat jarak emosional di antara Anda. Semakin banyak Anda berhubungan dengan dia, semakin banyak perasaan Anda akan berkembang dan semakin sulit ketika akhirnya berakhir. Jadi berbaik hatilah pada diri sendiri dan minimalkan kontak sebanyak mungkin.

    4. Fokus pada saat ini.

    Untuk berhenti menjadi begitu terikat secara emosional dengan seseorang, fokuslah pada saat ini dan di sini. Bukan pada masa depan imajiner.

    Ketika hubungan baru dan menarik mulai muncul, banyak orang membuat kesalahan dengan berfantasi tentang masa depan hipotetis yang mereka ciptakan dalam pikiran mereka.

    Mereka fokus pada dunia mistis itu daripada menikmati masa-masa menyenangkan ketika suatu hubungan mulai berkembang. Mereka juga menjadi buta terhadap tanda-tanda peringatan potensial tentang orang baru ini.

    Mereka dengan cepat menjadi terikat tidak hanya pada orang tersebut, tetapi pada masa depan yang sepenuhnya imajiner yang mereka pikir dapat mereka miliki dengan orang itu.

    Jika ini adalah hal yang umum, cobalah untuk hidup pada saat ini dan pertahankan kaki Anda tetap di tanah, sehingga emosi Anda tidak akan mendahului diri mereka sendiri.

    Dan jika ada seseorang tertentu yang Anda coba untuk tidak terikat, cobalah untuk memastikan Anda tetap sibuk dan memiliki banyak hal untuk dipikirkan, sehingga Anda tidak punya waktu untuk berfantasi.

    Fokus pada tahap Anda bersama orang ini sekarang, daripada memimpikan masa depan.

    5. Luangkan waktu Anda.

    Apakah ini masalah umum yang Anda miliki atau ada seseorang dalam hidup Anda saat ini, luangkan waktu Anda untuk urusan asmara.

    Sama sekali tidak terburu-buru. Menjalin hubungan adalah masalah besar yang tidak boleh Anda anggap enteng.

    Jangan mencoba untuk mempercepat proses kencan. Pastikan Anda menghabiskan banyak waktu dengan seseorang dan mengenalnya dengan baik sebelum Anda menyerahkan kunci hati Anda.

    6. Jangan takut untuk mendalami.

    Jika Anda cenderung terikat secara emosional dengan orang-orang yang ternyata salah bagi Anda, masalahnya mungkin karena Anda tidak mencapai deal breaker cukup awal dalam hubungan.

    Anda tidak ingin menakut-nakuti seseorang dengan mengangkat topik serius seperti tujuan hidup, tujuan karir, sistem kepercayaan, politik, pernikahan, atau anak-anak ketika Anda baru saja bertemu.

    Itu cukup adil. Tetapi itu berarti bahwa Anda mungkin mengembangkan perasaan terhadap seseorang hanya untuk mengetahui bahwa Anda tidak cocok ketika Anda akhirnya menggali hal-hal penting.

    Benar, jika Anda melihat langsung pada hal-hal maka itu mungkin berarti Anda menjadi lebih terikat padanya daripada yang Anda miliki tanpa percakapan ini. Tetapi itu juga bisa berarti Anda tidak terikat pada seseorang yang tidak Anda sukai, yang akan menyelamatkan diri Anda dari banyak sakit hati.

    7. Jangan abaikan keluarga atau teman Anda.

    Jika Anda cenderung terlalu cepat terikat secara emosional, Anda harus tegas dengan diri sendiri dan menahan keinginan untuk menghabiskan seluruh waktu Anda dengan orang yang satu ini.

    Begitu banyak orang membuat kesalahan dengan mengabaikan semua cinta lain dalam hidup mereka ketika mereka bertemu pasangan baru yang romantis.

    Jangan menghilang ke dalam hubungan baru. Ikuti kehidupan sosial normal Anda dan jangan tiba-tiba meninggalkan semua orang penting dalam hidup Anda.

    Jika ada seseorang tertentu yang Anda coba lupakan atau lupakan sama sekali, maka menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai adalah cara yang bagus untuk mengalihkan pikiran Anda darinya.

    8. Batasi konsumsi alkohol.

    Jika terlalu terikat secara emosional dengan minat cinta baru adalah masalah bagi Anda, cobalah untuk tidak minum alkohol secara berlebihan saat berkencan.

    Alkohol dapat mengaburkan penilaian Anda dan berarti Anda membuat keputusan yang tidak akan Anda lakukan sebaliknya. Itu bisa berhubungan seks dengannya pada kencan pertama, yang kemudian bisa berarti Anda berada jauh lebih dalam dari yang Anda inginkan.

    Jika ada seseorang yang secara khusus Anda tidak ingin mengembangkan lebih banyak keterikatan, maka tidak minum di sekitar dia juga merupakan ide yang baik. Dengan begitu, Anda akan cenderung tidak menyerah pada impuls.

    9. Ketahui nilai Anda.

    Jika standar Anda terlalu rendah atau Anda takut sendirian, kemungkinan besar Anda akan terikat secara emosional dengan orang-orang yang tidak cocok untuk Anda.

    Jadi bekerja pada cinta diri Anda dan harga diri. Praktek perawatan diri, menjaga tubuh dan pikiran Anda. Ingatkan diri Anda bahwa Anda pantas mendapatkan dunia, dan jauh lebih baik sendirian daripada bersama orang yang tidak menarik.

    Semakin sehat harga diri Anda, semakin kecil kemungkinan Anda jatuh cinta pada orang yang tidak pantas menerima Anda, dan semakin kecil kemungkinan Anda akan terluka.

    ***
    Solo, Jumat, 4 Juni 2021. 9:47 pm
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.