Sarasehan Literasi Forum TBM Kab. Bogor Tegaskan Pentingnya Peran Taman Bacaan di Era Digital - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 7 Juni 2021 05:47 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Sarasehan Literasi Forum TBM Kab. Bogor Tegaskan Pentingnya Peran Taman Bacaan di Era Digital

    Sebagai upaya menggiatkan gerakan literasi dan konsolidasi organisasi, Forum TBM Kabupaten Bogor menggelar Sarasehan Literasi #1 untuk sosialisaiskan budaya literasi dan pentingnya taman bacaan

    Dibaca : 269 kali

    Sebagai upaya menggiatkan gerakan literasi dan konsolidasi organisasi, Forum TBM Kabupaten Bogor menggelar Halalbihalal dan Sarasehan Literasi #1 hari ini (5/6/2021) di TBM Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor. Dihadiri 14 orang yang berasal dari 9 TBM dan DAP Kab. Bogor (TBM Lentera Pustaka, Perpustakaan KAIT Plus, TBM Samilu Haur Geulis, TBM Bale Baca Cijayanti, TBM Ar Rasyid, TBM Al Safara, TBM Saung Baca Urang, dan TBM Lentera) menegaskan komitmen bersama untuk terus mensosialisasikan pentingnya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat, di samping konsolidasi internal anggota FTBM Kab. Bogor. Ikut hadir Sitta (Ketua FTBM Kab. Bogor) dan pengurus harian, Syarifudin Yunus (Penasihat FTBM Kab. Bogor), dan Winda (DAP Kab. Bogor).

    Beberapa pembahasan sarasehan literasi yang akan ditindaklanjuti ke depan, antara lain:

    1. Melakukan konfirmasi keaktifan TBM sebagai dasar FTBM Kab. Bogor untuk melakukan audiensi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor atau Bupati Bogoruntuk menjalin kemitraan yang lebih berdaya guna.
    2. Mengupayakan penerbitan izin serentak TBM aktif di Kab. Bogor yang akan disampaikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.
    3. Bersinergi lebih konkret dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan (DAP) Kab. Bogor melalui program distribusi donasi buku dan pelatihan klasifikasi buku taman bacaan oleh pustakawan DAP Kab. Bogor.
    4. Menjalin kemitraan dengan SKB Kab. Bogor sekaligus menjajaki Sekretariat FTBM Kab. Bogor.
    5. Berbagi informasi dan pengalaman tentang praktik baik taman bacaan sebagai penguatan eksistensi dan kebertahanan TBM di masing-masing wilayahnya.
    6. Melanjutkan Sarasehan Literasi FTBM Kab. Bogor secara berkelanjutan (6-12 bulanan) secara bergilir ke TBM-TBM yang beranung di bawah FTBM Kab. Bogor sebagai ajang silaturahmi dan konsolidasi organisasi.

     

    “Sarasehan Literasi #1 FTBM Kabupaten Bogor ini menjadi momentum untuk membangun sinergi dan semangat Bersama untuk terus menggiatkan aktivitas taman bacaan dan literasi di daerah masing-masing TBM. Sambil berkoordinasi dengan para mitra agar tercipta kolaborasi yang produktif untuk eksistensi TBM” ujar Syarifudin Yunus dalam kata penutupnya.

     

    Diakhiri dengan diskusi dan ramah tamah, FTBM Kab. Bogor bersepakat untuk terus mengoptimalkan koordinasi internal dan membangun relasi eksternal. Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat. Karena itu, FTBM Kab. Bogor berkomitmen untuk memperkuat akses bacaan, di samping menciptakan pemerataan kegiatan dan layanan membaca buku sebagai sarana pendidikan nonformal.

     

    Perlu diketahui, saat ini di Kab. Bogor ada 23 TBM yang terdaftar di Disdik Kab.Bogor untuk terus mengembangkan layanan TBM dan melakukan inovasi gerakan literasi. Sebagai antisipasi terhadap gempuran era digital dan meningkatkan kecakapan literasi dasar masyarakat.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.