x

Iklan

putri rahmah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Juni 2021

Rabu, 16 Juni 2021 09:53 WIB

Peran Psikologi Forensik Dalam Penanganan Kasus Pelecehan Pada Anak di Indonesia

pelecehan seksual pada anak menjadi kasus kejahatan yang kian meningkat setiap tahunnya. Dalam hal ini psikologi forensik memiliki berbagai macam kontribusi dalam menangani kasus pelecehan pada anak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pelecehan seksual pada anak kini semakin marak terjadi baik pada anak perempuan maupun laki-laki. Di Indonesia sendiri dari sekian banyak kasus kekerasan pada anak, mayoritas tergolong pada kasus kejahatan seksual. Angka kejadian yang terus meningkat tentunya menimbulkan kekhawatiran bagi para masyarakat.

"Meningkat 38 persen, jadi sangat menakutkan," ujar Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, kepada wartawan pada Senin (4/1/2021).

"Dari kejahatan-kejahatan yang sudah terjadi itu, selain angkanya meningkat, didominasi 52 persennya adalah kejahatan seksual. Di laporan kami 2.700 kasus saja, 52 persennya kekerasan seksual, jadi sudah dominan," lanjutnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kekerasan seksual pada anak merupakan pelanggaran moral dan hukum, serta dapat melukai secara fisik dan psikologis korban. Pelecehan seksual terhadap anak dapat dilakukan dalam bentuk sodomi, pemerkosaan, pencabulan, serta incest. Kasus seperti ini dapat terjadi dimana saja baik di lingkungan keluarga, sekolah, tempat bermain, dan tempat-tempat umum lainnya. Dalam beberapa kasus, pelaku pelecehan pada anak merupakan orang terdekat yang mengenal korban secara langsung, sehingga mudah bagi mereka mendekati korban tanpa menimbulkan kecurigaan. 

Lalu apa peran psikologi forensik dalam kasus ini? psikologi forensik merupakan bidang ilmu psikologi yang pengaplikasiannya berkaitan dengan proses hukum. Seorang psikolog forensik dapat berkontribusi dalam proses penyelidikan, penyidikan, maupun saat proses persidangan.

Dalam penanganan kasus pelecehan seksual pada anak, seorang Psikolog berperan penting dalam membantu kepolisian diantaranya yaitu dengan mengevaluasi anak. Pelecehan seksual merupakan hal yang tidak mudah untuk dibicarakan bahkan bagi para orang dewasa, dan anak-anak memiliki sedikit keterbatasan dalam kemampuannya untuk menjelaskan apa yang terjadi padanya serta sulit dalam memisahkan kenyataan dan fantasi sehingga sulit dalam meminta keterangan dari korban pelecehan seksual yang merupakan anak-anak. Sehingga, psikolog klinis bertugas dalam mengevaluasi peristiwa pelecehan seksual yang dialami oleh anak melalui cara atau metode yang sesuai bagi anak anak.

Selain itu, dalam proses persidangan psikolog dapat membantu mempersiapkan anak untuk bersaksi terkait kasus pelecehan seksual yang dialaminya. Jaksa penuntut dapat meminta psikolog untuk membuat anak yang merasa gelisah dalam persidangan agar merasa lebih tenang dan dalam kondisi senyaman mungkin. Seorang psikolog juga dapat berperan dalam mengembangkan prosedur inovatif yang bertujuan untuk mengurangi stres ketika seorang anak bersaksi tentang pelecehan seksual.

Tidak hanya itu, psikolog dapat menjadi saksi ahli dalam persidangan yaitu dengan memberikan kesaksian tentang masalah akurasi saksi mata dan sugestibilitas anak-anak. Selain itu, dalam proses penyelidikan pun psikolog dapat diminta untuk melakukan wawancara terhadap anak yang menjadi korban pelecehan untuk memastikan kebenaran dari kesaksian yang diberikan oleh anak tersebut.

Psikolog juga dapat berkontribusi dengan memberikan pendampingan untuk proses pemulihan anak yang menjadi korban pelecehan seksual, dan memberikan penjelasan serta bimbingan pada orangtua korban mengenai bagaimana cara memperlakukan anak tersebut kedepannya. Dilansir dari KompasTv, terdapat salah satu contoh kasus yaitu pelecehan seksual yang terjadi di kota Banjarmasin, Azizah yang merupakan seorang ahli Psikologi Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) mengatakan, 

“Jadi itu untuk diberikan pemahaman dan pendampingan psikologis terkait dengan kondisi anaknya dan bagaimana memperlakukan anak kedepan agar kembangan anak, pertumbuhan psikis dan mentalnya agar kembali normal.”

Referensi:

Fulero, S. M., & Wrightsman, L. S. (2009). Forensic Psychology : Third Ed.

Ginting, M. N. K., Psi, S., & Psi, M. (2019). PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK: DITINJAU DARI SEGI DAMPAK DAN PECEGAHANNYA. Pelecehan Seksual Pada Anak: Ditinjau Dari Segi Dampak Dan Pecegahannya, 5, 55–60. https://ejournal.delihusada.ac.id

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/01/04/15361151/komnas-pa-ada-2700-kasus-kekerasan-terhadap-anak-selama-2020-mayoritas

https://www.kompasiana.com/putrirahmah7842/60b645d18ede48295562ec13/kontribusi-psikologi-forensik-dalam-penanganan-kasus-di-indonesia

Ikuti tulisan menarik putri rahmah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

1 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB