x

illustr: Wellmark Blue Cross and Blue Shield

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 16 Juni 2021 22:27 WIB

6 Pola Pikiran yang Meningkatkan Kecemasan

Dari sudut pandang evolusioner, fungsi otak bukanlah untuk membuat kita bahagia tetapi untuk melindungi kita dengan menjaga kita tetap waspada terhadap potensi ancaman. Otak kita ahli dalam menciptakan skenario hipotetis "bagaimana jika" tentang apa yang mungkin salah. Sadari dan ubah pola pikir negatif untuk mendapatkan kembali kedamaian batin.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Poin Penting

  • Membangkitkan pikiran yang mengkhawatirkan adalah cara otak melindungi kita dari potensi ancaman. Tetapi itu juga bisa membuat kita menjadi cemas berlebihan.
  • Mengubah pola pikir 'semua atau tidak sama sekali' atau 'terburuk akan datang' dapat mengurangi tingkat kecemasan.
  • Memecah masalah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan seukuran gigitan dapat membuatnya lebih mudah dikelola.

 

Kecemasan adalah pengalaman manusia yang universal.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari sudut pandang evolusioner, fungsi otak bukanlah untuk membuat kita bahagia. Fungsinya adalah untuk melindungi kita dengan menjaga kita tetap waspada terhadap potensi ancaman. Otak kita ahli dalam menciptakan skenario hipotetis "bagaimana jika" tentang apa yang mungkin salah.

Orang-orang yang berprestasi akrab dengan pendongeng ulung ini. Mereka rentan terhadap pola pikir yang meningkatkan kecemasan karena mereka mengalami tekanan luar biasa untuk memenuhi harapan yang dipaksakan sendiri. Namun, banyak pola didasarkan pada asumsi yang salah.

Mengidentifikasi pola pikir ini merupakan langkah penting untuk mengurangi kecemasan dan mendapatkan kembali kedamaian batin. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan perspektif yang lebih sehat saat Anda mengejar tujuan pribadi Anda.

6 Pola Pikir yang Meningkatkan Kecemasan

1. “Ini salahku!” Kritikus batin Anda dapat mencaci-maki Anda karena gagal memenuhi harapan. Anda menyalahkan diri sendiri atas hasil yang tidak diinginkan bahkan jika itu bukan kesalahan Anda.

Misalnya, Anda mungkin menyalahkan diri sendiri karena gagal mendapatkan promosi ketika, pada kenyataannya, banyak kandidat berkualifikasi tinggi melamar kesempatan yang sama. Dalam suasana kompetitif seperti itu, keputusan untuk mempromosikan pelamar yang berbeda mungkin didasarkan pada faktor eksternal di luar kendali Anda, seperti keberuntungan atau koneksi luar.

Ini bisa menjadi sulit ketika upaya Anda tidak mengarah pada hasil yang diinginkan. Jangan membuatnya lebih sulit dengan menambahkan kritik diri yang tidak beralasan ke dalam campuran.

2. "Saya cemas tentang segalanya." Hidup penuh tekanan. Itu melempar bola melengkung pada waktu yang paling tidak tepat. Ketika Anda mendapatkan kembali beberapa kemiripan ketertiban, hidup memutuskan untuk melemparkan beberapa tantangan lagi untuk ukuran yang baik.

Anda menumpuk masalah Anda di atas satu sama lain alih-alih melihat dan menangani masing-masing secara individual. Kecemasan melonjak saat Anda menjadi kewalahan oleh beban kolektif mereka. Masalah kabur satu sama lain, yang membuatnya secara eksponensial lebih sulit untuk diselesaikan.

Ada banyak situasi ketika teman mengatakan kepada saya bahwa mereka cemas tentang "segalanya." Dalam skenario seperti itu, saya meminta mereka untuk membuat daftar kekhawatiran mereka dari yang paling sampai yang paling tidak menimbulkan kecemasan. Kami kemudian membahas setiap kekhawatiran satu per satu. Memecah masalah menjadi potongan-potongan kecil membuatnya lebih mudah untuk ditangani.

3. “Saya merasa terjebak.” Mungkin sulit untuk membuat keputusan ketika kita melihatnya sebagai sesuatu yang tidak dapat diubah. Mungkin terasa berlebihan untuk menganggap bahwa semua keputusan adalah final dan tidak ada jalan untuk kembali.

Namun, banyak keputusan yang dapat dibalik. Jika Anda tidak senang dengan suatu pekerjaan, Anda selalu dapat mulai mencari pekerjaan berikutnya. Jika Anda tidak puas dengan tempat tinggal Anda, Anda selalu dapat menjelajahi langkah selanjutnya. Hal yang sama berlaku untuk hubungan.

Keputusan sering datang dengan tanggung jawab besar dan konsekuensi potensial. Luangkan waktu Anda untuk mengumpulkan semua informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat. Membalikkan arah bisa sangat merugikan Anda dan orang lain.

Namun, Anda dapat membalikkan arah. Kesadaran ini menghilangkan tekanan untuk membuat keputusan yang sempurna setiap kali Anda tiba di persimpangan jalan.

4. "Ini semua atau tidak sama sekali!" Berpikir secara ekstrem adalah hal biasa karena menyederhanakan pengambilan keputusan. Lebih mudah untuk memilih antara hitam atau putih dibandingkan dengan nuansa abu-abu yang berbeda di sepanjang kontinum.

Mengabaikan untuk mempertimbangkan seluruh spektrum kemungkinan dapat mempengaruhi Anda untuk kecemasan yang berlebihan. Ketika satu-satunya pilihan Anda adalah 0 atau 100, Anda tidak memberi diri Anda margin untuk kesalahan. Jika Anda tidak mendapatkan nilai 100 yang sempurna, maka Anda telah gagal. Pertimbangkan implikasi dari pola pikir ini jika Anda sedang mengikuti ujian, mengikuti wawancara kerja, atau menetapkan aturan olahraga.

Ada pengaturan di mana pemikiran "semua atau tidak sama sekali" dibenarkan. Contohnya termasuk ahli bedah yang melakukan prosedur, dokter yang meresepkan obat, atau pilot yang menerbangkan pesawat. Kesalahan dalam pengaturan tersebut dapat menyebabkan hasil bencana.

Namun, banyak dari usaha kita sehari-hari tidak membawa tingkat tanggung jawab yang sama. Anda dapat membuat kesalahan pada wawancara kerja atau ujian dan tetap mendapatkan hasil yang sukses. Hal yang sama berlaku untuk tujuan kebugaran Anda jika Anda sesekali mengendurkan rutinitas olahraga Anda atau sesekali makan kue.

Kita adalah makhluk yang tidak sempurna dan pekerjaan terus-menerus dalam proses. Beri diri Anda rahmat untuk membuat dan belajar dari kesalahan Anda.

5. “Yang terburuk belum datang.” Pola pikir pemicu kecemasan yang paling umum yang saya amati adalah pemikiran skenario terburuk. Dalam pola ini, kita mengabaikan skenario yang lebih mungkin dan memperbesar kemungkinan hasil terburuk, bahkan jika kemungkinan kejadiannya rendah. Pola pikir ini sama dengan memusatkan perhatian pada cabang pohon yang bengkok dan mengabaikan hutan di sekitarnya.

Banyak dari kekhawatiran kita hanyalah konstruksi imajiner yang hidup di otak kita. Kita memperlakukannya sebagai hal yang dekat dan tidak dapat dihindari, meskipun banyak yang tidak pernah membuahkan hasil. Luangkan waktu sejenak untuk merenungkan kemungkinan bahwa ketakutan Anda akan menjadi kenyataan.

Selain itu, fokuslah untuk mengambil tindakan pencegahan yang wajar untuk melindungi diri Anda dari kemungkinan terburuk. Ini dapat membantu Anda fokus pada apa yang ada dalam lingkup kendali Anda.

6. “Saya tidak cukup!” Kita membuat kesalahan dengan mengaitkan harga diri kita dengan tingkat kesuksesan kita. Kita tanpa henti berlari di atas roda hamster mengejar pencapaian berikutnya untuk mendorong harga diri kita. Kecemasan melonjak saat harga diri kita terombang-ambing dengan setiap keberhasilan atau kegagalan yang dirasakan.

Yang benar adalah bahwa harga diri Anda tidak didasarkan pada tingkat kesuksesan Anda. Itu tidak ditentukan oleh gelar, tingkat pendidikan, kemampuan fisik, penampilan, atau berapa banyak penghasilan Anda. Harga diri adalah bagian yang tak terbantahkan dan esensial dari kemanusiaan Anda. Anda berharga karena Anda manusia.

Ini bukan ajakan untuk berpuas diri. Tidak ada yang salah dengan mengejar gelar, promosi pekerjaan, atau kenaikan gaji di tempat kerja. Upaya tersebut dapat menghasilkan pertumbuhan pribadi dan memungkinkan Anda untuk memberikan kontribusi positif bagi kehidupan orang lain. Namun, jangan membuat kesalahan dengan mendasarkan harga diri Anda pada tingkat kesuksesan Anda.

Singkatnya, ketika Anda mengalami kecemasan, luangkan waktu sejenak untuk merenungkan pola berpikir Anda. Itu mungkin didasarkan pada asumsi yang salah yang memicu kecemasan Anda.

***
Solo, Selasa, 15 Juni 2021. 8:20 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler