x

illustr: NBC News

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 18 Juni 2021 05:58 WIB

Cara Mengatasi Kecemburuan dalam Hubungan Pernikahan

Cemburu bisa menjadi hal yang rumit dalam suatu hubungan. Sedikit saja rasa itu muncul dapat memicu kasih sayang Anda satu sama lain. Tetapi terlalu banyak dapat membuat kalian jadi terpisah. Tetapi ada cara yang bijaksana dalam menyikapi perasaan cemburu tersebut dalam hubungan pernikahan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Cemburu bisa menjadi hal yang rumit dalam suatu hubungan. Sedikit saja dapat memicu kasih sayang Anda satu sama lain, tetapi terlalu banyak dapat membuat Anda terpisah.

Kita sering mengasosiasikannya dengan hubungan baru, tetapi bahkan ketika Anda sudah menikah, kecemburuan tidak serta merta hilang begitu saja.

Kecemburuan sering dikaitkan dengan masalah kepercayaan dan merupakan sesuatu yang harus Anda berdua kendalikan untuk memiliki masa depan yang kuat dan berkembang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketika kecemburuan tidak terkendali, itu tidak hanya dapat menyebabkan pertengkaran sengit, tetapi juga dapat mengikis kepercayaan diri Anda dan memengaruhi kesehatan mental Anda.

Apakah Anda merasa sulit untuk menangani pasangan yang cemburu atau kecemburuan Anda sendiri yang membuat Anda lebih baik, cobalah untuk menemukan beberapa mekanisme koping bersama untuk mengambil kembali kendali sebelum keretakan mulai melebar dalam hubungan Anda.

Baca terus untuk beberapa tip tentang cara mengatasi kecemburuan dalam pernikahan Anda ini.

Cara Menghadapi Pasangan yang Cemburu

Jika suami atau istri Anda yang cemburu, coba dekati situasi dengan tip berikut.

1. Dengarkan dia.

Jika Anda merasa diserang oleh pasangan karena cemburu, mungkin sulit untuk tidak bereaksi dan menjadi defensif. Bahkan jika tuduhannya salah, mengabaikanya tidak akan membuat masalah ini hilang.

Kecemburuan datang dari tempat ketakutan dan kurangnya harga diri, dan dengan mendengarkan pasangan Anda dan mendorongnya untuk berbicara melalui perasaannya, Anda lebih mungkin untuk menemukan inti masalah yang sebenarnya.

Apakah Anda setuju atau tidak dengan perasaan pasangan Anda, emosinya berlaku sampai tingkat tertentu, dan Anda harus saling menghormati untuk didengar.

Tunjukkan pada dia bahwa Anda peduli dan menganggap serius perasaannya dan ingin menyelesaikannya bersama.

Berbicara tentang apa yang memicu reaksinya dan pengalaman masa lalu di mana perasaan tidak aman ini berasal akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang situasi tersebut. Dengan pengetahuan ini Anda dapat lebih baik menghindari pemicu dan mencegah situasi serupa di masa depan.

2. Dapatkan ke akarnya.

Kecemburuan seringkali dapat ditelusuri kembali ke pengalaman menyakitkan di masa lalu seseorang dan menjadi mekanisme pertahanan untuk mencoba mencegah dirinya berada di posisi sulit yang sama lagi.

Pasangan Anda mungkin telah dibohongi dalam hubungan masa lalu, menyebabkan dia melompat ke kesimpulan terburuk tentang di mana kesetiaan Anda berada.

Ketika keadaan tenang dan bersahabat di antara Anda (yaitu tidak selama ledakan kecemburuan), ambil kesempatan untuk berbicara dengan pasangan Anda tentang apakah kecemburuan selalu menjadi tema dalam hubungannya dan lihat apakah itu dapat dikaitkan kembali dengan satu peristiwa.

Dengan melihat ke belakang untuk menemukan akar masalahnya, Anda mungkin menyadari bahwa reaksi pasangan Anda tidak terlalu berkaitan dengan hubungan Anda dan lebih berkaitan dengan luka masa lalu yang tidak pernah dia pulihkan.

Dengan informasi ini, Anda dan pasangan sekarang akan memiliki titik awal untuk berbuat ketika menangani masalahnya dengan kecemburuan. Anda berdua sekarang akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang menyebabkan kecemburuannya dan kemampuan untuk mendahului situasi di mana pasangan Anda dapat dipicu.

3. Jangan beri dia alasan untuk cemburu.

Kedengarannya sederhana, tetapi jika Anda tahu pasangan Anda mudah cemburu, jangan memperburuk situasi.

Anda tidak akan melakukannya dengan benar setiap saat, tetapi memastikan Anda melakukan upaya ekstra untuk meyakinkannya tentang komitmen Anda dapat membuat semua perbedaan dalam seberapa aman dia merasa dengan Anda.

Periksa dengan dia jika Anda pergi keluar untuk malam tanpa dia, pastikan dia tahu itu dia yang Anda tidak sabar untuk melihat ketika Anda di rumah. Tindakan kecil seperti ini membantu menghentikan pasangan Anda dari berpikir berlebihan dan melompat ke kesimpulan terburuk ketika dia belum mendengar kabar dari Anda.

Tampaknya Anda sangat meyakinkan dia pada awalnya, tetapi semakin dia merasa nyaman, dia akan semakin percaya pada ketulusan Anda, dan semakin sedikit kebutuhan untuk meyakinkan mereka.

4. Jangan biarkan hal-hal meningkat.

Tuduhannya mungkin sama sekali tidak adil dan Anda akan merasa diserang dan defensif, tetapi mencocokkannya dalam kemarahan hanya akan memperburuk situasi.

Membela diri sendiri bukanlah hal yang ingin didengar pasangan Anda ketika dia berada dalam keadaan emosional karena mengira Anda tidak setia. Jika dia ingin menuduh Anda, apa pun yang Anda katakan untuk menentangnya hanya akan memperburuk keadaan dan dia akan melihatnya saat Anda membela tindakan Anda.

Tidak ada yang pernah memenangkan pertarungan, selalu ada situasi kalah-kalah di mana Anda berdua terluka.

Jika ketegangan mulai meningkat dan memanas, ambil kesempatan untuk dengan tenang memberi tahu dia bahwa Anda peduli padanya dan mengakui perasaannya.

Jika situasi masih tegang dan pasangan Anda tidak mau mendengarkan, disarankan Anda berdua meluangkan waktu untuk menenangkan diri sebelum kembali membicarakan apa yang membuat dia begitu kesal.

Anda tidak melawan api dengan api, jadi pastikan Anda mendinginkan situasi sebelum berbuat untuk mengatasinya.

5. Sabar.

Hal-hal tidak akan berubah dalam semalam. Jika pasangan Anda secara alami adalah orang yang pencemburu, ini adalah perilaku yang sudah mendarah daging yang akan membutuhkan waktu untuk berubah.

Anda berdua akan tetap mendapatkan hal yang salah dan kecemburuan akan terus hadir dalam pernikahan Anda bahkan jika Anda telah sepakat untuk berbuat untuk mengatasinya. Seberapa besar masalah yang Anda berdua biarkan menjadi masalah.

Bersabarlah dengan pasangan Anda dan kenali jika ada perubahan, bukan seberapa besar perubahan itu.

Letakkan langkah-langkah produktif untuk dilakukan bersama, mungkin memilih untuk menunjukkan lebih banyak kasih sayang satu sama lain, menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas bersama, atau berusaha untuk lebih banyak berhubungan.

Ini adalah kurva pembelajaran yang harus Anda berdua lalui dan bukan sesuatu yang dapat segera diperbaiki. Jadi bersabarlah, kenali area yang mulai membaik, dan rayakan seberapa jauh Anda telah melangkah, bukan seberapa jauh Anda harus melangkah.

6. Sarankan terapi.

Sebanyak Anda ingin membantu pasangan Anda dan mencoba mencari solusi di antara Anda, terkadang perilaku seperti kecemburuan yang parah terlalu dalam untuk Anda berdua kelola sendiri.

Tidak ada yang memiliki instruksi manual untuk pernikahan dan kita tidak terlatih untuk menangani masalah yang muncul; kita hanya bisa melakukan yang terbaik yang kita bisa.

Jika pasangan Anda benar-benar berjuang untuk mengendalikan kecemburuannya dan Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan tentang hal itu, disarankan Anda menemui terapis, atau Anda pergi ke konseling pasangan bersama-sama.

Terapis dilatih untuk situasi seperti ini. Mereka tahu pertanyaan yang tepat untuk diajukan dan bagaimana menghentikan diskusi yang meningkat menjadi pertengkaran. Mereka dapat memberi Anda panduan tentang cara menangani situasi sulit ketika kecemburuan menjadi masalah dan menghentikannya sebelum menjadi lebih buruk.

Mencari bantuan tidak berarti Anda tidak dapat menangani hubungan Anda sendiri; itu menunjukkan komitmen untuk membuat segala sesuatunya berjalan dan memperbaiki diri Anda sendiri. Jangan menghindar dari meminta bantuan atau membiarkan kesombongan atau rasa malu menghalangi masa depan yang bahagia.

Cara Tidak Menjadi Pasangan yang Cemburu

Jika kecemburuan Anda yang berdiri di antara Anda dan pernikahan bahagia dan sehat yang Anda inginkan, cobalah untuk mengambil beberapa nasihat ini dan bekerja menuju pola pikir yang kurang cemburu.

1. Akui bahwa Anda cemburu.

Mengakui dan memahami bahwa Anda merasa cemburu adalah langkah pertama untuk mencegah situasi meningkat di luar kendali Anda.

Penyangkalan diri menunjukkan bahwa Anda tidak berhubungan dengan perasaan Anda atau tidak jujur pada diri sendiri. Jika Anda tidak bisa jujur pada diri sendiri tentang apa masalahnya sebenarnya, Anda tidak akan bisa sepenuhnya move on darinya.

Cobalah untuk tidak membiarkan emosi menguasai Anda dan muncul sebagai serangan verbal pada pasangan Anda. Sebaliknya, cobalah untuk mengartikulasikan perasaan Anda yang sebenarnya sehingga Anda dan pasangan dapat lebih memahami dan memperbaiki masalahnya.

Ambil kepemilikan atas perasaan Anda. Jika Anda terus memilih pasangan Anda atau mencoba menyalahkannya atas apa yang Anda rasakan, Anda berdua akan menjadi defensif dan tidak ada yang bisa diselesaikan. Menolak untuk mengakui bagian Anda dalam masalah hanya akan membuat Anda semakin terpisah.

Memahami diri sendiri dan bersikap terbuka tentang perasaan Anda adalah langkah pertama dan paling penting dalam membersihkan hubungan Anda dari ketidakpercayaan dan negativitas dan bergerak menuju pernikahan yang lebih sehat dan bahagia.

2. Renungkan kecemburuan dan perilaku Anda.

Kita cepat menyalahkan orang lain ketika kita kesal, tetapi jika kecemburuan Anda adalah masalah yang berulang antara Anda dan pasangan, pernahkah Anda meluangkan waktu untuk merenungkan apakah itu lebih merupakan masalah 'Anda' daripada 'dia'?

Kita tidak mengatakan bahwa pasangan Anda tidak berperan di dalamnya, dan mungkin saja dia tidak memberi Anda rasa hormat yang pantas Anda dapatkan dan memprovokasi reaksi dari Anda.

Tetapi jika kecemburuan telah menjadi bagian permanen dari hubungan Anda dulu dan sekarang, bisa jadi Anda menyabotase pernikahan Anda demi ketakutan internal Anda sendiri.

Luangkan waktu untuk memikirkan kapan kecemburuan Anda dimulai – apakah itu setelah seseorang berselingkuh atau mengecewakan Anda? Apakah harga diri Anda terpukul dan Anda merasa sulit untuk mempercayai orang sejak itu?

Refleksi diri akan membantu Anda terhubung kembali dengan pikiran dan perasaan internal Anda dan memahami pola perilaku Anda dengan lebih jelas.

Pikirkan apakah Anda secara otomatis melompat ke kesimpulan terburuk tentang pasangan Anda, atau membuat skenario di kepala Anda tanpa mendengar dari dia terlebih dahulu. Anda bisa membuat pasangan Anda gagal tanpa memiliki bukti nyata bahwa ada alasan bagi Anda untuk khawatir atau cemburu.

Berbicara dengan anggota keluarga atau teman tepercaya, atau bahkan terapis, dapat membantu Anda membentuk dan menyuarakan pemikiran ini dan lebih memahami diri sendiri.

Belajar untuk menyembuhkan dan mencintai diri sendiri lagi bisa menjadi perubahan positif yang Anda butuhkan untuk memperbaiki kecemburuan Anda dari dalam ke luar.

3. Diskusikan pemicu Anda.

Kecemburuan tidak muncul begitu saja, dan orang cenderung merespon pemicu tertentu secara lebih emosional daripada yang lain.

Mencari tahu apa pemicunya, apakah itu karena pasangan Anda tidak mengirimi Anda pesan saat keluar malam, atau tidak memberi Anda perhatian yang cukup saat Anda bersama orang lain, dapat membantu Anda mengatasi emosi Anda sebelum emosi tersebut meningkat di luar kendali.

Berbicara dengan pasangan Anda tentang apa pemicu Anda dan dari mana asalnya membantu menunjukkan kepadanya bahwa Anda berkomitmen untuk memperbaiki hubungan Anda, dan merupakan langkah produktif dalam mengatasi kecemburuan Anda pada penyebabnya.

Ketika Anda merasa seolah-olah sedang terpicu, kenali dan gunakan kesadaran diri ini untuk memutuskan bagaimana Anda akan bereaksi. Beri diri Anda waktu untuk memikirkan apakah situasinya benar-benar layak untuk dicemburui atau apakah itu hanya pemicu untuk menjadi lebih baik dari Anda.

Anda akan segera mulai dapat membedakan pemicu emosional dari masalah nyata dalam pernikahan Anda dan lebih siap untuk mengelola emosi Anda ke depan.

4. Hormati batasan pasangan Anda.

Sebanyak Anda adalah dua orang dalam suatu hubungan bersama, Anda masih dua individu yang sama-sama berhak atas privasinya sendiri.

Ada perbedaan antara kerahasiaan dan privasi, dan menghormati yang terakhir sangat penting untuk memungkinkan kepercayaan tumbuh di antara Anda.

Ini berarti bahwa harus ada beberapa batasan untuk memastikan Anda masing-masing memberikan tingkat privasi yang layak Anda dapatkan.

Memeriksa ponsel, email, atau media sosial, terutama tanpa izin pasangan Anda, merupakan pelanggaran privasinya. Begitu Anda melewati batas itu, Anda melanggar kepercayaan di antara Anda yang terkadang tidak mungkin diperoleh kembali.

Jika Anda mencurigai pasangan Anda tidak setia, bicaralah padanya. Jangan biarkan perasaan Anda menguasai diri Anda dan menyerah untuk mengambil tindakan sendiri. Jika Anda salah, Anda bisa membuang kepercayaan dan hubungan Anda selamanya.

5. Hubungan arus pendek perilaku Anda.

Menjadi cemburu lebih sering daripada tidak mengarah ke konfrontasi atau pertengkaran dengan pasangan Anda. Argumen tidak sepenuhnya buruk, tetapi bisa menjadi buruk dan menyakitkan jika Anda membiarkannya.

Semakin banyak konflik beracun menjadi bagian dari hubungan Anda, semakin merusaknya, sampai rusak untuk selamanya.

Sangat mudah untuk kehilangan kendali atas emosi Anda, terutama ketika Anda merasa cemburu. Sebelum mencapai titik itu, coba singkirkan diri Anda secara fisik dari situasi tersebut.

Dengan meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri untuk sekadar menarik nafas dan menenangkan emosi, Anda akan dapat berpikir jernih kembali dan menghadapi situasi dengan pola pikir yang lebih baik. Anda memberi diri Anda waktu untuk memproses pikiran Anda dan tidak hanya bereaksi terhadap kecemburuan Anda.

Dengan memberi diri Anda beberapa saat itu, Anda akan dapat mengartikulasikan perasaan Anda dengan lebih baik, membantu Anda dan pasangan memahami satu sama lain dengan lebih jelas dan menemukan cara untuk menyelesaikan situasi secara positif tanpa pertengkaran besar dan kata-kata yang menyakitkan.

6. Belajar mencintai diri sendiri.

Kecemburuan bisa datang dari kurangnya harga diri dan ketakutan bahwa Anda tidak cukup baik dalam beberapa hal dan bahwa pasangan Anda akan meninggalkan Anda untuk orang lain.

Dengan belajar mencintai diri sendiri, Anda akan mulai percaya bahwa Anda lebih dari layak untuk cinta dan perhatian pasangan Anda dan tidak ada alasan bagi dia untuk mencari di tempat lain.

Mulailah bekerja mencintai diri sendiri ke dalam rutinitas harian Anda. Luangkan beberapa menit setiap hari untuk beberapa 'waktu Anda', baca buku favorit Anda, luangkan waktu untuk rutinitas perawatan kulit, nikmati hobi.

Apa pun yang membuat Anda merasa baik, mulailah melakukan lebih banyak. Ucapkan afirmasi positif setiap hari untuk mengingatkan diri Anda tentang semua kualitas terbaik Anda, dan cobalah untuk tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain.

Anda adalah Anda yang unik dan itu adalah sesuatu yang harus dirayakan. Biarkan diri Anda bersinar paling terang dengan menjadi penggemar terbesar Anda sendiri dan Anda akan berhenti mengkhawatirkan apa yang dipikirkan orang lain.

Setelah Anda merasa nyaman dengan diri sendiri, Anda akan segera melihat bagaimana kepositifan ini memengaruhi area lain dalam hidup Anda, termasuk pernikahan Anda, dan kecemburuan akan menjadi jauh lebih sedikit masalah.

Jika dibiarkan tidak terselesaikan, kecemburuan dapat merusak dan bahkan menghancurkan sebuah pernikahan.

Hidup dengan ancaman ledakan cemburu yang terus-menerus akan memberi tekanan pada Anda berdua dan mempersulit Anda untuk mengembangkan kepercayaan dan rasa hormat satu sama lain.

Pernikahan adalah komitmen yang Anda buat satu sama lain selama sisa hidup Anda dan itu adalah waktu yang lama untuk hidup di bawah tekanan yang diciptakan oleh kecemburuan.

Ini adalah sesuatu yang perlu ditangani agar Anda berdua benar-benar rileks dan menikmati pernikahan Anda bersama. Mengakui jika Anda atau pasangan mengalami kesulitan dengan kecemburuan adalah langkah pertama untuk mengatasinya.

Tidak hanya salah satu dari Anda untuk memperbaikinya; Anda berdua harus meluangkan waktu dan usaha untuk mengerjakannya. Terlibat bersama untuk mengatasi masalah Anda akan memperkuat komitmen Anda satu sama lain.

Dengan dukungan satu sama lain, Anda dapat mengatasi apa pun dan menciptakan hubungan bahagia dan langgeng yang layak Anda berdua dapatkan.

***
Solo, Rabu, 16 Juni 2021. 9:44 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu