x

Iklan

Johanes Sutanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 17 Juni 2021 21:25 WIB

Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dengan ETF

Saham-saham yang kalau dibeli secara langsung kesannya mahal, kini sudah sangat terjangkau dengan ETF yang merupakan pilihan saham-saham terbaik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ekonomi global yang sedang lesu juga sangat dirasakan secara konkret di Indonesia, khususnya sampai ke tataran lapisan masyarakat paling bawah. Kesulitan ekonomi yang tak kunjung berakhir karena tersandera Covid-19 memaksa banyak usaha gulung tikar.

Tak melulu jenis usaha besar, berbagai jenis usaha yang dijalani pelaku UMKM pun terdampak. Alhasil, ekonomi keluarga pun ikut seret. Banyak keluarga mengalami paceklik keuangan, kondisi dimana pengeluaran uang yang terus terjadi tak terimbangi secara baik dengan pemasukan atau pendapatan.

Tragisnya, akibat kondisi ekonomi keluarga yang sedang terjepit, sejumlah orang menjadi putus asa hingga ada yang mengakhiri hidupnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banyak dari kita lantas banyak yang berpikir, gimana mau investasi, mau makan saja susah. Belum lagi harus menyediakan biaya untuk sekolah anak di masa-masa tahun ajaran baru saat ini. Banyak orang menjadi kelimpungan hingga frustasi.

Khusus untuk poin dana pendidikan tentu sangat memprihatinkan jika dipikirkannya dadakan. Yup, bukan rahasia lagi kalau biaya pendidikan anak itu tidak murah. Dana pendidikan anak wajib disiapkan sejak jauh hari karena yang namanya duit pendidikan untuk anak ini jumlahnya nggak sedikit.

Dalam konteks investasi, instrumen yang biasanya dipakai untuk menyiapkan dana pendidikan anak adalah reksa dana karena jenis reksa dananya bisa disesuai dengan jangka waktu pemenuhan biaya pendidikan anak.

Menariknya, saat ini dana pendidikan anak bisa disiapkan dengan instrumen investasi yang lagi naik daun bernama ETF (Exchange Traded Fund). Tergolong jenis reksa dana, ETF ini memiliki keistimewaan dibandingkan reksa dana pada umumnya. Jenis reksa dana ini diperdagangkan di bursa.

Dengan karakter dasar Efisien, Transparan dan Fleksibel, reksa dana rasa saham ini menawarkan cara efektif mengakumulasi saham-saham terbaik dan unggulan dengan harga terjangkau. ETF dikreasi dari saham-saham unggulan sebagai underlyingnya.

Saham-saham yang kalau dibeli secara langsung kesannya mahal, kini sudah sangat terjangkau dengan ETF yang merupakan pilihan saham-saham terbaik. Apalagi saham-saham underlying sangat transparan sehingga bisa dicek dan ditransaksikan setiap saat di jam bursa.

Lebih dari itu, keterjangkauan harga ETF ini tentu cocok sebagai pilihan di tengah masa paceklik. Investor tinggal melakukan transaksi dengan mudah secara online, semisal melalui aplikasi IPOT milik sekuritas karya anak bangsa dengan slogan #SemuaBisaInvestasi yakni Indo Premier Sekuritas.

Platform transaksi ETF telah resmi diintegrasikan ke dalam aplikasi IPOT, sehingga memudahkan siapa pun untuk memulai investasi ETF dengan mudah.

Ikuti tulisan menarik Johanes Sutanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler