x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 19 Juni 2021 06:06 WIB

Alternatif Investasi Dana Pendidikan Selain Reksa Dana Biasa

Pendidikan anak menjadi salah prioritas orangtua. Biaya untuk pendidikan anakbiasanya tidak sedikit. Apalagi di masa-masa seperti saat ini, saat Penerimaan Siswa Baru (PSB) dan masa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Salah satu cara memenuhi biaya pendidikan itu bisa dengan ETF. Cara ini bisa dimanfaatkan untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang sesuai jangka waktu untuk pemenuhan kebutuhan dana pendidikan yang dibutuhkan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pendidikan anak menjadi salah prioritas orangtua pada umumnya. Nah, untuk pendidikan anak, biaya yang dibutuhkan sebenarnya tidak sedikit. Kesadaran tidak murahnya biaya pendidikan ini biasanya terasa pada masa-masa seperti saat ini.

Saat ini adalah masa-masa Penerimaan Siswa Baru (PSB) dan masa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), masa dimana pendidikan begitu terasa tidak murah, teristimewa untuk sekolah-sekolah dengan kualitas nasional dan internasional.

Tidak sedikit orang tua yang lalu sadar bahwa benar adanya kalau yang namanya biaya pendidikan anak itu wajib disiapkan sejak jauh hari. Kalau sifatnya dadakan maka akan terasa banget kalau biaya pendidikan itu tidak murah. Biaya pendidikan yang disiapkan secara dadakan kan terasa berat dan bisa-bisa mengacaukan kondisi keuangan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Beda halnya seandainya biaya pendidikan anak itu sudah disiapkan sejak jauh hari maka biaya yang diluarkan tidak akan terasa besar dan yang pasti kondisi ekonomi tidak akan terguncang gara-gara pengeluaran untuk pos ini.

Biasanya nih, untuk menyiapkan dana pendidikan anak, salah satu investasi yang dipilih kebanyakan orangtua adalah reksa dana. Reksa dana menawarkan berbagai jenis yang layak dipilih mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran hingga reksa dana saham. Untuk investor yang mengedepankan prinsip syariah, reksa dana-reksa dana ini juga tersedia yang syariah.

Menariknya, kini sudah ada alternatif investasi menarik yang bisa dipilih untuk untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Meski jenisnya sama-sama reksa dana, jenis yang satu ini cukup menarik dan lagi booming di Indonesia.

Instrumen investasi tersebut adalah ETF (Exchange Traded Fund). Keunikannya, reksa dana yang diperdagangkan di jam bursa selayak saham ini menggabungkan sifat positif antara reksa dana dan saham.

ETF ini bisa dimanfaatkan untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang sesuai jangka waktu untuk pemenuhan kebutuhan dana pendidikannya. Daya tarik, ETF ini dikreasi dari saham-saham unggulan, sehingga dari sisi kualitas sudah dipilih saham-saham yang berkualitas.

Kreasi saham-saham yang disatukan dalam ETF ini pun transparan sehingga bisa dilihat secara langsung kinerjanya. Saat investor retail sulit untuk menentukan saham yang akan dibeli atau sudah dapat menentukan sahamnya namun memiliki dana yang terbatas, ETF bisa menjadi alternatif pilihan.

Hanya dengan membeli satu lot ETF, investor retail sudah memiliki saham-saham terbaik di seluruh Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau. So, untuk alternatif investasi dana pendidikan anak, tak ada salahnya memilih instrumen investasi ini.

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler