x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 21 Juni 2021 06:59 WIB

Orang Banyak Tanya Biasanya Jarang Menulis, Kenapa?

Saat ditanya soal cara menulis? Saya jawab menulis itu sederhana. Cuma pikiran kamu yang bikin rumit. Banyak tanya biasanya jarang menulis

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat ditanya bagaimana caranya menulis, saya jawab, menulis itu sederhana. Itu artinya, menulis itu tidak perlu rumit, kompleks atau ruwet. Memang apa sih yang mau ditulis? Kenapa pula berpikirnya jadi rumit. Menulis itu sederhana. Maka menulis jadi mudah. Asal mau dilakukan. Karena menulis tidak butuh diomongkan apalagi diniatkan.

 

Sebagian besar orang pintar bilang, menulis itu butuh ide.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Itu tidak salah. Tapi tidak sepenuhnya benar. Apa menulis selalu punya ide? Menulis itu bisa kok di mana saja, bahkan kapan saja. Saking sederhananya, menulis kadang tidak butuh ide. Menulis itu hanya butuh laptop dan waktu. Selebihnya, menulis saja seperti saat ngomong. Bila jago ngomong, kenapa tidak jago menulis? Sederhana kan.

 

Menulis memang sederhana. Dan siapa pun pasti bisa menulis.

Masalahnya, banyak orang ngomong menulis. Tapi tidak dilakukannya. Itulah yang bikin menulis jadi tidak sederhana. Tidak usah kebanyakan ide, jangan banyak berpikir. Tulis saja apa yang mau ditulis. Tulis saja pengalaman, pengetahuan atau perasaan diri sendiri. Sederhana lagi kan.

 

Satu hal yang harus dihindari dalam menulis. Tidak usah kebanyakan berpikir. Itu penting, Karena apa pun, tidak ada hal yang bisa selesai akibat dipikirkan. Menulis pun begitu. Tidak akan ada tulisan yang jadi karena dipikirkan. Menulis adalah perbuatan. Menulis itu perilaku. Jadi, praktik saja menulis. Jadi resep paling ampuh, ya menulis itu sendiri. Menulis, menulis, dan menulis.

 

Belum percaya, bahwa menulis itu sederhana?

Tentu, jangan percaya. Karena menulis bukan agama. Menulis juga bukan kepercayaan. Tapi menulis adalah kebiasaan. Semakin terbiasa menulis maka semakin baik. Bila tiap hari menulis, insya Allah hasil tulisannya akan tercapai. Menulis bukan topik seminar, bukan pula bahan diskusi. Menulis itu dilakukan. Sama sekali, menulis itu tidak menarik untuk dibahas. Menulis ya ditulis.

 

 

Mau contohnya. Sebagai Kepala Program TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor, saya selalu bikin tulisan. Apapun aktivitasnya dituliskan. Semua yang terkait dengan pengalaman di taman bacaan pun saya tulis. Semua terkait dengan pengetahuan tentang taman bacaan pun ditulis. Apalagi terkait perasaan sebagai pegiat literasi di taman bacaan, pasti saya tuliskan. Jadi menulis tidak usah banyak ide. Asal punya pengalaman, pengetahuan, dan perasaan pasti bisa dituliskan. Bahkan lebih orisinal, lebih membumi sesuai dengan fakta yang ada.

 

Ahhh, masa menulis sesederhana itu?

Tahu gak, orang yang kebanyakan tanya itu jarang menulis. Jadi bila mau menulis, kurangi banyak tanya. Tulis saja apa yang ditanyakan itu. Tanya sendiri jawab sendiri lalu dituliskan. Semua orang pasti punya pengalaman, punya pengetahuan, dan punya perasaan. Maka ikatlah itu semua dengan menulis.

 

Sungguh, ada banyak hal sederhana yang bisa dituliskan. Salam literasi #MenulisItuSederhana #TBMLenteraPustaka #PegiatLiterasi #TamanBacaan

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu